Peningkatan kapasitas pendidik dalam pembuatan video pembelajaran daring berbasis aplikasi komputer

Authors

  • Kun Sila Ananda Universitas Negeri Malang
  • Abdul Kodir Universitas Negeri Malang
  • Megasari Noer Fatanti Universitas Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.33474/jp2m.v4i1.20153

Keywords:

peningkatan kompetensi, pembelajaran daring, video pembelajaran

Abstract

Pada masa pandemi, salah satu tantangan dalam kegiatan belajar mengajar adalah transfer materi dari guru ke siswa. Kurangnya tatap muka membuat guru harus mampu menguasai berbagai media pembelajaran alternatif baru. Sayangnya, tidak semua guru memiliki keahlian tersebut. Hal serupa juga dialami oleh guru di SMAN 1 Sampang. Karenanya, diperlukan strategi untuk meningkatkan kemampun guru dalam membuat materi pembelajaran daring menggunakan aplikasi komputer. Artikel ini bertujuan untuk mendeskripsikan salah satu upaya meningkatkan kapasitas guru rumpun ilmu sosial di SMA Negeri 1 Sampang melalui Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PPKB). PPKB dipandang sebagai salah satu Langkah untuk meningkatkan kapasitas dan profesionalisme pendidik. Adapun metode peningkatan kemampuan guru dalam pembuatan video pembelajaran daring berbasis aplikasi komputer antara lain: 1) Pre-test dan Focus Group Discussion, 2) Seminar Pengenalan OBS, 3) Praktik Pengoperasian Aplikasi OBS, 4) Pendampingan pembuatan video pembelajaran, 5) Evaluasi dan Pos-test, 6) Monitoring. Dari pelaksanaannya, didapatkan bahwa melalui PPKB, guru semakin termotivasi untuk membuat materi pembelajaran daring yang menarik bagi siswa, yakni berupa audio visual melalui OBS. Melalui PPKB guru mengalami peningkatan kompetensi untuk membuat video pembelajaran alternatif.

References

Abimanyu, A., & Toba, H. (2019). Penggunaan Event-Source Pada Pengiriman Notifikasi Donasi Siaran Langsung. Jurnal STRATEGI-Jurnal Maranatha, 1(1), 68–78. http://strategi.itmaranatha.org/index.php/strategi/article/view/55

Arsendy, S., Gunawan, C. J., Rarasati, N., & Suryadarma, D. (2020). Teaching and Learning During School Closure : Lessons from Indonesia. Iseas Yusof Ishak Institute, 89, 1–11. http://hdl.handle.net/11540/12448

Fakhrurozi, J., Pasha, D., Jupriyadi, J., & Anggrenia, I. (2021). Pemertahanan Sastra Lisan Lampung Berbasis Digital Di Kabupaten Pesawaran. Journal of Social Sciences and Technology for Community Service (JSSTCS), 2(1), 27–36. https://doi.org/10.33365/jsstcs.v2i1.1068

Ichsan, I. Z., Rahmayanti, H., Purwanto, A., Sigit, D. V., Kurniawan, E., Dewi, A. K., Wirdianti, N., Hermawati, F. M., & Marhento, G. (2020). COVID-19 dan E-Learning: Perubahan Strategi Pembelajaran Sains dan Lingkungan di SMP. JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran), 6(1), 50–61. https://doi.org/10.22219/jinop.v6i1.11791

Kuntarto, E. (2017). Keefektifan Model Pembelajaran Daring Dalam Perkuliahan Bahasa Indonesia Di Perguruan Tinggi. Journal Indonesian Language Education and Literature, 1(2), 207–220. https://doi.org/10.24235/ileal.v3i1.1820

Maiza, Z., & Nurhafizah, N. (2019). Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 356–365. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i2.196

Moto, M. M. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran dalam Dunia Pendidikan. Indonesian Journal of Primary Education, 3(1), 20–28. https://doi.org/10.17509/ijpe.v3i1.16060

Notanubun, Z. (2019). Pengembangan Kompetensi Profesionalisme Guru di Era Digital (Abad 21). Jurnal Bimbingan Dan Konseling Terapan, 3(2), 54. https://doi.org/10.30598/jbkt.v3i2.1108

Nurbaiti, F. (2021). Peningkatan Kompetensi Guru dalam Pembuatan Video Pembelajaran Melalui In House Training (IHT) di SMP Negeri 26 Depok. Jurnal Pendidikan Indonesia, 2(3), 375–386. https://doi.org/10.36418/japendi.v2i3.113

Putri, R. A., & Sembiring, S. B. (2021). Implementation of Desktop Publishing Application for Flyer and Business Card Design with Participatory Action Research (PAR) Method. J-IbM: Jurnal IPTEK Bagi Masyarakat, 1(1), 1–7. https://journal.aira.or.id/index.php/j-ibm/article/view/1/2

Rizana, D., & Huda, M. (2021). Pelatihan pembuatan video pembelajaran menggunakan OBS studio. Community Empowerment, 6(5), 815–821. https://doi.org/10.31603/ce.4527

Sutriyawan, A., & Sari, I. P. (2020). Perbedaan Focus Group Discussion Dan Brainstorming Terhadap Pencegahan Bullying di Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Karangtengah. Window of Health Jurnal Kesehatan, 3(1), 38–48. https://doi.org/10.33096/woh.v3i1.562

Taib, B., & Mahmud, N. (2021). Analisis Kompetensi Guru PAUD dalam Membuat Media Video Pembelajaran. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 1799–1810. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.1842

Zuriah, N., Sunaryo, H., & Yusuf, N. (2016). IbM Guru Dalam Pengembangan Bahan Ajar Kreatif Inovatif Berbasis Potensi Lokal. Jurnal Dedikasi, 13(0), 39–49. https://doi.org/10.22219/dedikasi.v13i0.3136

Downloads

Published

2023-07-26

How to Cite

Ananda, K. S., Abdul Kodir, & Fatanti, M. N. (2023). Peningkatan kapasitas pendidik dalam pembuatan video pembelajaran daring berbasis aplikasi komputer. Jurnal Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (JP2M), 4(1), 256–268. https://doi.org/10.33474/jp2m.v4i1.20153