Penguatan kompetensi guru melalui implementasi kurikulum merdeka
DOI:
https://doi.org/10.33474/jp2m.v4i1.20155Keywords:
kurikulum merdeka, pembelajaran berdiferensiAbstract
Kurikulum adalah pedoman yang mencakup seperangkat struktur rencana, strategi dan upaya yang disusun guna memberikan pengalaman belajar bagi siswa untuk mencapai tujuan Pendidikan. Program Merdeka Belajar menurut Mendikbud akan menjadi arah pembelajaran ke depan yang fokus pada meningkatkan kalitas sumber daya manusia. Sosialisasi kurikulum merdeka menjadi pilihan dalam proker kali ini. Sosialisasi ini bertujuan untuk menambah wawasan para guru di Desa Wonoayu tentang kurikulum merdeka sehingga para guru dapat mengimplementasikan kurikulm merdeka dalam pembelajaran dengan baik. Metode yang di gunakan pelatiha, pedampingan, sosialisasi, dan monitoring. Dari kegiata tersebut dapan menambah skill bagi guru tentang bagaimana implementasi kurikulum merdeka di Desa Wonoayu.
References
Huda, N. (2019). Pendekatan–pendekatan Pengembangan Kurikulum. Qudwatuna, 2(2), 175–197. http://ejournal.alkhoziny.ac.id/index.php/qudwatuna/article/view/21
Lazwardi, D. (2017). Manajemen Kurikulum sebagai Pengembangan Tujuan Pendidikan. Al-Idarah: Jurnal Kependidikan Islam, 7(1), 99–112. https://doi.org/10.24042/alidarah.v7i1.1112
Nasbi, I. (2017). Manajemen Kurikulum: Sebuah Kajian Teoritis. Idaarah: Jurnal Manajemen Pendidikan, 1(2), 318–330. https://doi.org/10.24252/idaarah.v1i2.4274
Rahmawati, Y. T. N., & Suheri. (2020). Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam. Islaamic Akademika: Jurnal Pendidikan & Keislaman, 2(1), 64–76. https://doi.org/10.230303/staiattaqwa.v6i1.85
Suhartoyo, E., Wailissa, S. A., Jalarwati, S., Samsia, S., Wati, S., Qomariah, N., Dayanti, E., Maulani, I., Mukhlish, I., Rizki Azhari, M. H., Muhammad Isa, H., & Maulana Amin, I. (2020). Pembelajaran Kontekstual Dalam Mewujudkan Merdeka Belajar. Jurnal Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (JP2M), 1(3), 161–164. https://doi.org/10.33474/jp2m.v1i3.6588
Sukma, A. P., Rina, M., & Febi, K. (2023). Analisis Penerapan Kurikulum Merdeka Belajar dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani pada Siswa SMK Texar Karawang. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 9(1), 525–535. https://doi.org/10.5281/zenodo.7551222
Syam, R. S. El, Fuadi, S. I., & Adawiyah, R. (2023). Urgensi Penyesuaian Sekolah Terhadap Kurikulum Merdeka Belajar. SIMPATI: Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Bahasa, 1(2), 49–59. https://doi.org/10.59024/simpati.v1i2.154
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Mohamad Bastomi, Dini Ocvitasari, Nada Defina Isyanuar
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.