Penguatan kompetensi guru melalui implementasi kurikulum merdeka

Authors

  • Mohamad Bastomi Universitas Islam Malang
  • Dini Ocvitasari Universitas Islam Malang
  • Nada Defina Isyanuar Universitas Islam Malang

DOI:

https://doi.org/10.33474/jp2m.v4i1.20155

Keywords:

kurikulum merdeka, pembelajaran berdiferensi

Abstract

Kurikulum adalah pedoman yang mencakup seperangkat struktur rencana, strategi dan upaya yang disusun guna memberikan pengalaman belajar bagi siswa untuk mencapai tujuan Pendidikan. Program Merdeka Belajar menurut Mendikbud akan menjadi arah pembelajaran ke depan yang fokus pada meningkatkan kalitas sumber daya manusia. Sosialisasi kurikulum merdeka menjadi pilihan dalam proker kali ini. Sosialisasi ini bertujuan untuk menambah wawasan para guru di Desa Wonoayu tentang kurikulum merdeka sehingga para guru dapat mengimplementasikan kurikulm merdeka dalam pembelajaran dengan baik. Metode yang di gunakan pelatiha, pedampingan, sosialisasi, dan monitoring. Dari kegiata tersebut dapan menambah skill bagi guru tentang bagaimana implementasi kurikulum merdeka di Desa Wonoayu.

References

Huda, N. (2019). Pendekatan–pendekatan Pengembangan Kurikulum. Qudwatuna, 2(2), 175–197. http://ejournal.alkhoziny.ac.id/index.php/qudwatuna/article/view/21

Lazwardi, D. (2017). Manajemen Kurikulum sebagai Pengembangan Tujuan Pendidikan. Al-Idarah: Jurnal Kependidikan Islam, 7(1), 99–112. https://doi.org/10.24042/alidarah.v7i1.1112

Nasbi, I. (2017). Manajemen Kurikulum: Sebuah Kajian Teoritis. Idaarah: Jurnal Manajemen Pendidikan, 1(2), 318–330. https://doi.org/10.24252/idaarah.v1i2.4274

Rahmawati, Y. T. N., & Suheri. (2020). Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam. Islaamic Akademika: Jurnal Pendidikan & Keislaman, 2(1), 64–76. https://doi.org/10.230303/staiattaqwa.v6i1.85

Suhartoyo, E., Wailissa, S. A., Jalarwati, S., Samsia, S., Wati, S., Qomariah, N., Dayanti, E., Maulani, I., Mukhlish, I., Rizki Azhari, M. H., Muhammad Isa, H., & Maulana Amin, I. (2020). Pembelajaran Kontekstual Dalam Mewujudkan Merdeka Belajar. Jurnal Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (JP2M), 1(3), 161–164. https://doi.org/10.33474/jp2m.v1i3.6588

Sukma, A. P., Rina, M., & Febi, K. (2023). Analisis Penerapan Kurikulum Merdeka Belajar dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani pada Siswa SMK Texar Karawang. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 9(1), 525–535. https://doi.org/10.5281/zenodo.7551222

Syam, R. S. El, Fuadi, S. I., & Adawiyah, R. (2023). Urgensi Penyesuaian Sekolah Terhadap Kurikulum Merdeka Belajar. SIMPATI: Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Bahasa, 1(2), 49–59. https://doi.org/10.59024/simpati.v1i2.154

Downloads

Published

2023-06-26

How to Cite

Bastomi, M., Ocvitasari, D., & Isyanuar, N. D. (2023). Penguatan kompetensi guru melalui implementasi kurikulum merdeka. Jurnal Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (JP2M), 4(1), 177–182. https://doi.org/10.33474/jp2m.v4i1.20155