Peningkatan gaya hidup berkelanjutan melalui peduli lingkungan di sekolah menengah atas
DOI:
https://doi.org/10.33474/jp2m.v4i1.20199Keywords:
lingkungan, pelajar, P5, SDGsAbstract
Gaya hidup berkelanjutan tidak hanya bermanfaat untuk menciptakan lingkungan yang sehat dan lestari, tetapi juga dapat mengajarkan nilai Pancasila seperti tanggung jawab sosial, gotong royong, dan saling menghargai. Tujuan kegiatan ini adalah mendampingi kegiatan P5 di tingkat SMA. Dengan adanya pendampingan ini dapat memaksimalkan implementasi P5. Kegiatan pengabdian ini menggunakan metode Community Based Participatory Research (CBPR). Penelitian partisipatif berbasis masyarakat (CBPR) adalah pendekatan penelitian di mana semua pihak berkolaborasi, termasuk peneliti, perwakilan organisasi, anggota masyarakat, dan lainnya. Kegiatan ini berhasil membuat siswa memperoleh pemahaman yang lebih baik tentang masalah yang dihadapi dunia saat ini, seperti degradasi lingkungan, perubahan iklim, dan kehilangan keanekaragaman hayati,. Ini akan melatih siswa untuk berpartisipasi secara aktif dalam penyelesaian masalah dan mengambil tindakan positif. Sehingga akan meningkatkan kesadaran mereka akan bagaimana tindakan dan pilihan seseorang berdampak pada lingkungan. Kegiatan pengabdian ini telah mencapai hasil yang positif. Hal tersebut ditunjukkan dengan siswa memperoleh pemahaman baik tentang masalah lingkungan dan bagaimana tindakan mereka berdampak pada Bumi. Mereka juga mulai mengadopsi perilaku berkelanjutan dalam kehidupan sehari-hari mereka, seperti mengurangi penggunaan plastik sekali pakai dan mendaur ulang. Diharapkan kontribusi siswa menjadi pendorong upaya menjaga kelestarian menciptakan dunia yang lebih baik bagi generasi mendatang.
References
Afandi, A., Laily, N., Wahyudi, N., Helmi Umam, M., Andi Kambau, R., Aisyah Rahman, S., Sudirman, M., Jamilah, J., Abdul Kadir, N., Junaid, S., Nur, S., Dwi Ayu Parmitasari, R., Nurdiyanah, N., Wahid, M., & Wahyudi, J. (2022). Metodologi Pengadian Masyarakat (S. Suwendi, A. Basir, & J. Wahyudi, Eds.; 1st ed., Vol. 1). Direktorat Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama RI. https://pendispress.kemenag.go.id/index.php/ppress/catalog/book/19
Fatmawati, S., Rindita, R., & Bariroh, T. (2021). Pelatihan Daring Pembuatan Sabun Herbal Ramah Lingkungan Di SMA Muhammadiyah 12 Jakarta Timur. Abdimas Unwahas31, 6(1), 36. https://publikasiilmiah.unwahas.ac.id/index.php/ABD/article/view/4441
Immaculata Nesya Putri Saraswati, M., & Anityasari, M. (2012). Analisis Gaya Hidup Berkelanjutan Sustainable Lifestyle) Siswa-siswi SMA di Surabaya dan Upaya Perbaikannya. Jurnal Teknik ITS, 1(11 September 2012), 561–566. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.12962/j23373539.v1i1.1976
Prihanta, W., Purwanti, E., Muizzudin, M., & Faizah, F. T. (2023). Pelatihan Pengolahan Sampah dan Aplikasinya pada Budidaya Sayuran Organik bagi Siswa Sekolah Menengah Atas. Jurnal Pengabdian UNDIKMA, 4(2), 480. https://doi.org/10.33394/jpu.v4i2.7017
Rahayusingsih, F. (2021). Internalisasi Filosofi Pendidikan Ki Hajar Dewantara Dalam Mewujudkan Profil Pelajar Pancasila. Jurnal Inovasi Pendidikan IPS, 1(Desember), 177–187.
Ratnadewi, R., Muliadi, M., Prijono, A., Darmawan Hangkawidjaja, A., & Felix, C. (2023). Pelatihan Daring Robotika bagi Siswa dan Guru di Sekolah Menengah Atas Kristen Yahya Bandung. JPM (Jurnal Pemberdayaan Masyarakat), 8(21 Mei 2023), 1–9. https://doi.org/10.21067/jpm.v8i1.6164
Rizal, Y., Deovany, M., & Andini, A. S. (2022). Kepercayaan Diri Siswa Pada Pelaksanaan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. In Jurnal Pendidikan Sosial (Vol. 9, Issue 1). https://journal.ikippgriptk.ac.id/index.php/sosial/article/view/3699
Rusnaini, R., Raharjo, R., Suryaningsih, A., & Noventari, W. (2021). Intensifikasi Profil Pelajar Pancasila dan Implikasinya Terhadap Ketahanan Pribadi Siswa. Jurnal Ketahanan Nasional, 27(2), 230. https://doi.org/10.22146/jkn.67613
Syukur, M., Dewi Riang Tati, A., & Ridha, R. (2023). Penerapan Model Green School Dalam Rangka Membentuk Gaya Hidup Berkelanjutan di SMA Negeri 12 Bone. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2).
Yanuarti Eka. (2017). Pemikiran Pendidikan Ki Hajar Dewantara dan Relevansinya Dengan Kurikulum 13. Jurnal Penelitian, II(2 Agustus 2017), 237–266. https://journal.iainkudus.ac.id/index.php/jurnalPenelitian/article/view/3489/0
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Ahmad Al Karim, Guntur Arie Wibowo, Ika Mindarti Suryo Utomo, Angga Aulia Aswagata
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.