Perluasan potensi pasar produk lokal dengan e-commerce pada pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM)

Authors

  • Liza Yudhita Widyastuti Universitas Negeri Jakarta
  • Herdiyan Maulana Universitas Negeri Jakarta
  • Erik Erik Universitas Negeri Jakarta
  • Khalid Ahmad Izzah Universitas Negeri Jakarta
  • Yulia Chaerani Azzahra Universitas Negeri Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.33474/jp2m.v4i2.20279

Keywords:

bogor, e-commerce, umkm, desa, toko online

Abstract

Desa Pasirtanjung, Kabupaten Bogor memiliki potensi ekonomi berupa industri kreatif yang berskala usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM). Akan tetapi, terdapat beberapa masalah prioritas yang dihadapi desa ini yakni dalam pemberdayaan sumber daya manusia yang bertumpu pada UMKM setempat. UMKM Desa Pasirtanjung sebagai sumber penghasilan masyarakat pun memiliki masalah dalam hal potensi pasar yang terbatas dan kurang berkembang seperti pada bidang kerajinan tangan (contoh:  tas dan produk kulit). Tim Fakultas Pendidikan Psikologi Universitas Negeri Jakarta (FPPsi UNJ), melalui program kegiatan pengabdian kepada masyarakat dengan metode community development, berupaya memfasilitasi pelaku UMKM. Pelaku UMKM sebagai peserta diberikan peningkatan pengetahuan melalui pelatihan tentang pengenalan e-commerce. Adapun konten yang diberikan yaitu mengenai pengetahuan pentingnya penggunaan e-commerce, cara menggunakan dan membuka toko online, mengemas pemasaran produk yang menarik di e-commerce melalui copywriting dan foto produk, serta cara mengelolanya secara optimal. Dari hasil evaluasi yang didapatkan, program pengabdian kepada masyarakat ini dikatakan efektif. Terdapat peningkatan pengetahuan dalam hal pemanfaatan e-commerce sebesar 5.3% dan 100% peserta pelatihan telah mencoba mengaplikasikan e-commerce pada usahanya. Agar implementasi penggunaan e-commerce lebih optimal, perlu dilakukan pendampingan lebih lanjut bekerja sama dengan pemerintah setempat. Dengan ini UMKM Desa Pasirtanjung dapat lebih mandiri dalam memperluas pasar, ke luar kota bahkan ke seluruh Indonesia.

References

Argade, S., Pailan, G. H., Mahapatra, B. K., Dutta, S., Munilkumar, S., Dasgupta, S., Sahoo, S., Singh, D. K., Krishna, G., & Xavier, K. A. M. (2023). Impact of Skill Development Trainings On Fish Farmers’ Knowledge and Attitude: A Case Study from Bihar, India. Indian Journal of Fisheries, 1(70). https://doi.org/10.21077/ijf.2023.70.1.108797-17

Aroyssi, J. A. W., Fathin, M. R., & Priabas, Y. I. (2022). Marketing Innovation in The Digital Communication Era. International Journal of Research and Applied Technology, 2(1), 240-246. https://doi.org/10.34010/injuratech.v2i1.6934

Astuti, W., Mazia, L., Prasetyo, J. H., Sarasati, F., Dabi, J., Maharani, S., & Fathurahman, D. (2023). Optimalisasi Digital Marketing Sebagai Media Informasi Dan Pemasaran Produk Bagi Anggota Komunitas Umkm Naik Kelas. Jurnal Abdimas Perbanas, 1(4), 1-11. https://doi.org/10.56174/jap.v4i1.517

Astutik, Y. (2021). “Shopee Sumbang Omzet Terbesar untuk UMKM Saat Pandemi”. Berita 4 Mei 2021. CNBC Indonesia. Diakses 13 Juli 2023 pada https://www.cnbcindonesia.com/entrepreneur/20210504103920-25-242959/shopee-sumbang-omzet-terbesar-untuk-umkm-saat-pandemi

Cakranegara, P. A. (2020). Pandemi Covid 19 Dan Pengaruhnya Terhadap Pasar Tenaga Kerja DI Indonesia. Prosiding Working Papers Series in Management, 2(12), 36-46. https://doi.org/10.25170/wpm.v12i2.36-46

Hadiningrat, J. K., Tiong, P, Samad, A. W., Santoso, R., Hehamahua, A., Ismail, D. H., Kadiman, S., & Samihardjo, I. (2023). Manajemen Pelatihan. Indonesia: Penerbit Pradina Pustaka.

Hanifah, U., Alawiyah, P., Agustin, A. (2020). Pengembangan Ekonomi Masyarakat Melalui Program Diversifikasi Olahan Makanan Berbahan Dasar Jagung di Desa Mategal Kecamatan Parang Kabupaten Magetan. Engagement: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(4). https://doi.org/10.29062/engagement.v4i2.209

Hanjaya, J. K. and Setiawan, P. Y. (2022). Pengaruh Kualitas Layanan, Promosi Penjualan Dan Digital Marketing Terhadap Loyalitas Konsumen Gojek DI Denpasar. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 9(11), 1634. https://doi.org/10.24843/ejmunud.2022.v11.i09.p03

Harianto, R. A. and Sari, P. I. (2021). Strategic Digitalization of Umkm Business as an Alternative to Survive the Covid-19 Pandemic. Linguistics and Culture Review, S1(5), 617-623. https://doi.org/10.21744/lingcure.v5ns1.1446

Hurriyati, D. & Aryani, F.P. (2023). Pelaksanaan Ice Breaking Untuk Meningkatkan Kerjasama Tim Karyawan Secretariat Daerah Kabupaten Banyuasin. Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Nusantara. 4(2), 610-615. https://doi.org/10.55338/jpkmn.v4i2.883

Ichsan, A. & Verena, V. (2020). Mampukah industri kreatif Mengatasi Kejenuhan pertumbuhan Ekonomi Nasional?. Jurnal Ekonomi indonesia, 2(9), 175-188. https://doi.org/10.52813/jei.v9i2.31

Junianta, R. D., Iriani, S. S., Harti, N. (2022). Pengembangan Model Penerimaan Informasi (Iacm) Dengan Ranking Produk Pada Aplikasi Gofood. Assets : Jurnal Ekonomi, Manajemen Dan Akuntansi, 2(12), 297-316. https://doi.org/10.24252/assets.v12i2.33417

Kementerian PPN & Bappenas. (2020). Metadata Indikator Pilar Pembangunan Ekonomi Pelaksanaan Pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan/Sustainable Development Goals (TPB/SDGs). Indonesia: Kedeputian Bidang Kemaritiman dan Sumber Daya Alam, Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/ Badan Perencanaan Pembangunan Nasional.

Khayubi, A., Asmadi, M. S., Adhi, B. K., Gunawan, U. S. (2022). Upaya Penataan Dan Pengelolaan Masalah Sampah Di Desa Ranuklindungan Melalui Program CSR Suropati Oleh PT Indonesia Power Grati Pomu. Ijd-Demos, 3(4). https://doi.org/10.37950/ijd.v4i3.295

Kussanti, N. D. P., Fitriansyah, N. F., Harbet, N. P., Atmaja, N. J. (2022). Pelatihan Teknik Food Fotografi Dalam Meningkatkan Branding Pada Umkm Prima Global Mart Bekasi. KREATIF: Jurnal Pengabdian Masyarakat Nusantara, 4(2), 30-41. https://doi.org/10.55606/kreatif.v2i4.665

Larasati, A. A. (2022). “Menko Airlangga Ungkap Manfaat Jika UMKM Naik Kelas, Apa Itu?”. Berita 28 Oktober 2022. Bisnis. Diakses 13 Juli 2023 pada https://ekonomi.bisnis.com/read/20221028/9/1592564/menko-airlangga-ungkap-manfaat-jika-umkm-naik-kelas-apa-itu

Murjani, M. (2021). Analisis Keberlanjutan Pengembangan Program PPM/COMDEV Bidang Ekonomi Pada Pertambangan Batubara PT Adaro Indonesia Di Kalimantan Selatan. Rawa Sains: Jurnal Sains STIPER Amuntai, 2(11), 128-137. https://doi.org/10.36589/rs.v11i2.199

Nurhidayah, N. T. S., Hidayati, N. D. W., Habib, N. F. (2022). Pengaruh Inflasi, Saham Syariah, Sukuk Dan Reksadana Syariah Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Nasional Tahun 2013-2020. Jurnal Sinar Manajemen, 1(9), 158-169. https://doi.org/10.56338/jsm.v9i1.2435

Praja, C. B. E., Setiyo, M., & Lutfiyati, H. (2023). Temanggung Local Coffee Marketing Potential Through Marketplace: Tokopedia, Bukalapak, Shopee, Which Is The Best?. Journal of Community Services and Engagement: Voice of Community (VOC), 1(2), 39-47. http://journals.ums.ac.id/index.php/voc

Rahmadani, R., Muntaha, Y. S., Amalia, R., & Wijandari, A. (2023). Peningkatan Pemahaman dan Perhitungan Produksi pada UMKM di Desa Pasir Tanjung, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Bogor. Dinamika: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 20-24. https://jurnal.dim-unpas.web.id/index.php/dinamika/article/view/363/349

Rakanita, A. M. (2019). Pemanfaatan E-Commerce Dalam Meningkatkan Daya Saing Umkm Di Desa Karangsari Kecamatan Karangtengah Kabupaten Demak. Journal EKBIS, 20(2), 1280-1289. https://core.ac.uk/download/pdf/294835762.pdf

Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa (RPJMD) Desa Pasirtanjung Kecamatan Tanjungsari Kabupaten Bogor Jawa Barat Tahun 2020-2026, Tanggal: 2020

Riani, A. L., Sawitri, H. S. R., Istiqomah, S., Suprapti, A. R., Aini, I. N. Q. (2023). Sosialisasi Produk Dan Sertifikasi Halal Serta Pelatihan Inovasi Produk Bagi Umkm. Bubungan Tinggi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(5), 134. https://doi.org/10.20527/btjpm.v5i1.6772

Rusman, K. B. (2022). Implementation and Benefits of Learning through Ice Breaking. International Linguistics and TESOL Journal, 1(1), 1-4. https://doi.org/10.55637/iltes.1.1.5785.1-4

Setyorini, D., Nurhayaty, E., & Rosmita, R. (2019). Pengaruh Transaksi Online (E-Commerce) Terhadap Peningkatan Laba Umkm (Studi Kasus Umkm Pengolahan Besi Ciampea Bogor Jawa Barat). Jurnal Mitra Manajemen, 3(5), 501-509. https://doi.org/10.52160/ejmm.v315.228

Setyowati, D. (2021). “Survei KIC: E-Commerce Bantu UMKM Bertahan saat Pandemi hingga Ekspor. Berita 30 April 2021. Katadata. Diakses 13 Juli 2023 pada https://katadata.co.id/desysetyowati/digital/608c0ba1db71b/survei-kic-e-commerce-bantu-umkm-bertahan-saat-pandemi-hingga-ekspor

Sheriff, N. M., Zulkifli, A. S., & Othman W. N. (2019). Accentuating Customer Engagement, Visual Presentation and Copywriting For Effective Social Media Marketing: A Case Study. International Journal of Academic Research in Business & Social Sciences, 8(12): 1619-1628. https://doi.org/10.6007/IJARBSS/v8-i12/5263

Suparman, N. (2021). Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Pengelolaan Keuangan Negara. Indonesian Treasury Review: Jurnal Perbendaharaan, Keuangan Negara dan Kebijakan Publik, 1(6), 31-42. https://doi.org/10.33105/itrev.v6i1.261

Susilowati, H., & Agustiya, A. (2022). Peran Online Consumer Review Dan Trust Dalam Keputusan Pembelian Online. Dinamika: Jurnal Manajemen Sosial Ekonomi, 1(2), 75-82. https://doi.org/10.51903/dinamika.v2i1.143

Syukur, M., Salam, M. N., Junaidi, M. I. (2021). Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Perekonomian Indonesia: Analisis Terhadap Sektor Domestik Dan Stabilitas Inflasi. TRILOGI: Jurnal Ilmu Teknologi, Kesehatan, Dan Humaniora, 3(2), 382-388. https://doi.org/10.33650/trilogi.v2i3.3082

Tamsuri, A. (2022). Literatur Review Penggunaan Metode Kirkpatrick Untuk Evaluasi Pelatihan di Indonesia. Jurnal Inovasi Penelitian, 2(8): 2723. https://doi.org/10.47492/jip.v2i8.1154

Trinugroho, I., Pamungkas, P., Wiwoho, J., Damayanti, S. M., & Pramono, T. (2022). Adoption of digital technologies for micro and small business in Indonesia. Finance Research Letters, 45, 102156. https://doi.org/10.1016/j.frl.2021.102156

Yusuf, R., Hendrayati, H., & Wibowo, L. A. (2020). Pengaruh Konten Pemasaran Shopee Terhadap Keputusan Pembelian Pelanggan. Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 1(2), 506-515. https://doi.org/10.38035/JMPIS

Zhao, W., Liu, Z., Wang, T., Yin, X., Sun, Y., Zhang, X., & Yang, H. (2023). Assessment of a training project of English as a media of instruction (EMI) using Kirkpatrick model. BMC Medical Education, 23(1), 1-7. https://doi.org/10.1186/s12909-023-04204-5

Downloads

Published

2023-08-12

How to Cite

Widyastuti, L. Y., Maulana, H., Erik, E., Izzah, K. A., & Azzahra, Y. C. (2023). Perluasan potensi pasar produk lokal dengan e-commerce pada pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM). Jurnal Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (JP2M), 4(2), 376–389. https://doi.org/10.33474/jp2m.v4i2.20279