Membangun pendidikan multikultural melalui pendekatan inklusi dalam pembelajaran sosiologi

Authors

  • Septina Galih Pudyastuti Universitas Sebelas Maret
  • Yosafat Hermawan Trinugraha Universitas Sebelas Maret
  • Nurhadi Universitas Sebelas Maret
  • Saifuddin Zuhri Universitas Sebelas Maret

DOI:

https://doi.org/10.33474/jp2m.v4i2.20351

Keywords:

kurikulum merdeka, pendekatan inklusi, pembelajaran sosiologi

Abstract

Peningkatan kompetensi sebagai unsur profesionalitas guru tercermin dalam pembelajaran. Panduan kurikulum Merdeka membahas pendekatan inklusi sebagai wujud pendidikan multikultural. Inklusi merupakan strategi membangun lingkungan pendidikan yang setara bagi subyek pendidikan dengan perbedaan latar belakang dan kondisi. Mewujudkan pembelajaran Sosiologi dengan pendekatan inklusi masih menjadi kendala bagi sebagian guru MGMP Sosiologi di Surakarta. Kegiatan pengabdian ini berjenis research and development yang bertujuan memberikan pemahaman pendekatan inklusi melalui kegiatan sosialisasi. Salah satunya difasilitasi RG Habitus Pendidikan Sosiologi Antropologi UNS dengan menghadirkan seorang praktisi dan para guru yang tergabung dalam MGMP Sosiologi Surakarta. Produk luaran berupa representasi video pembelajaran di SMA N 8 Surakarta yang ditunjuk sebagai percontohan sekolah pendidikan inklusi di Surakarta. Video tersebut sekaligus sebagai bahan refleksi bagi guru dalam pembelajaran Sosiologi.

References

Afandi, A., Laily, N., Wahyudi, N., Umam, M. H., Kambau, R. A., Rahman, S. A., Sudirman, M., Jamilah, Kadir, N. A., Junaid, S., Nur, S., Ayu, R. D., Parmitasari, Nurdiyanah, Wahyudi, J., & Wahid, M. (2022). Metodologi Pengabdian Masyarakat (Suwendi, A. Basir, & J. Wahyudi (eds.)). Direktorat Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam, Direktorat Jenderal Pendidikan Islam, Kementerian Agama RI. https://pendispress.kemenag.go.id/index.php/ppress/catalog/book/19

Ardhika, R., & Syaifudin, M. (2023). Analisis Kebijakan Pemerintah Mengenai Sekolah Inklusif. JIP: Jurnal Inovasi Penelitian, 3(8), 7247–7258. https://doi.org/10.47492/jip.v3i8.2394

Azis, F., Mukramin, S., & Risfaisal, R. (2021). Interaksi Sosial Anak Autis di Sekolah Inklusi (Studi Sosiologi Pada Sekolah Inklusi di Kota Makassar). Equilibrium: Jurnal Pendidikan, 9(1), 77–85. https://doi.org/10.26618/equilibrium.v9i1.4365

Ita, E. (2019). Konsep Sistem Layanan Penyelenggaraan Pendidikan Melalui Pendidikan Inklusif Bagi Anak Berkebutuhan Khusus. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 6(2), 186–195. https://doi.org/10.5281/zenodo.3551972

Mansur, H. (2022). Pendekatan Pembelajaran Contextual Teaching and Learning dalam Setting Kelas Inklusi (Artikel Studi Literatur Implementasi Pembelajaran Contextual Teaching and Learning di SD Inklusi) 1. Journal of Instructional Technology, 3(1), 35–40. https://doi.org/10.20527/j-instech.v3i1.7921

Prijowuntato, S. W., Suratno, I. B., & Astuti, C. W. R. (2023). Penguatan Pembelajaran Berbasis PJBL dan PBL pada Guru-Guru di Yayasan Insan Mandiri Denpasar. Share : Journal of Service Learning, 9(1), 1–6. https://doi.org/10.9744/share.9.1.1-6

Pudyastuti, S. G. (2023a). Parenting Education Sebagai Strategi Komunikasi Penerimaan Orang Tua ABK di PLDPI Surakarta. 10, 100–110.

Pudyastuti, S. G. (2023b). Pendampingan Penelitian dan Publikasi Ilmiah bagi Guru Ilmu Pengetahuan Sosial MAN 2 Surakarta. JCES Journal of Character Education Society, 6(1), 230–238. https://doi.org/10.31764/jces.v6i1.11977

Suwartini, S. (2018). Implementasi Pendidikan Karakter Inklusi pada Anak Berkebutuhan Khusus. Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar: Membumikan Pendidikan Karakter Dengan Pendekatan Inklusi, 1(1), 1–10. http://prosiding.unipma.ac.id/index.php/KID/article/view/442

Tanjung, R., Supriani, Y., Arifudin, O., & Ulfah, U. (2022). Manajemen Penyelenggaraan Pendidikan Inklusi pada Lembaga Pendidikan Islam. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(1), 339–348. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i1.419

Wardhani, P. S. N. (2018). Pelaksanaan Pendidikan Multikultural Dalam Upaya Membangun Keberagaman Dan Meningkatkan Persatuan Bangsa Di Sekolah Inklusi. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 8(1), 1–13. https://doi.org/10.20527/kewarganegaraan.v8i1.4313

Widyan, M., Sulistyarini, & Budjang, G. (2014). Kompetensi Sosial Guru Mata Pelajaran Sosiologi dalam Bersikpa Inklusif di Kelas XI IPS 1 Madrasah Aliyah Negeri 2 Pontianak. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 3(8), 1–23. https://doi.org/10.26418/jppk.v3i8.6612

Downloads

Published

2023-08-09

How to Cite

Pudyastuti, S. G., Trinugraha, Y. H., Nurhadi, & Zuhri, S. (2023). Membangun pendidikan multikultural melalui pendekatan inklusi dalam pembelajaran sosiologi. Jurnal Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (JP2M), 4(2), 323–331. https://doi.org/10.33474/jp2m.v4i2.20351