Branding dan labeling produk guna memperkuat kompetisi dagang

Authors

  • Dwi Fita Heriyawati Universitas Islam Malang
  • Ines Choirun Nisa Universitas Islam Malang
  • Laila Tasa Kurnia Universitas Islam Malang
  • Muhammad Novie Rahman Universitas Islam Malang

DOI:

https://doi.org/10.33474/jp2m.v4i2.20397

Keywords:

labeling, packaging, marketing, branding, rajutan

Abstract

Artikel ini bertujuan untuk menguraikan hasil pelaksanaan Kandidat Sarjana Mengabdi Tematik (KSM-T) tentang pendampingan dan pelatihan branding dan labeling produk guna memperkuat kompetesi dagang di wilayah Kedungkandang, Kota Malang. Pemasaran produk perlu dilakukan untuk meningkatkan kualitas dari produk yang di pasarakan. Selain itu teknik pemasaran perlu mendapat perhatian khusus dari berbagai pihak baik dari pemerintah, swasta, maupun perguruan tinggi sebagaimana yang telah banyak dilakukan oleh perguruan tinggi melalui kegiatan pengabdian kepada masyarakat. Pelatihan ini berfokus untuk melihat penerapan strategi labeling, branding dan marketing produk hasil industri di Kelurahan Kedungkandang, Kecamatan Kedungkandang, Kota Malang. Metode pelaksanaan pengabdian yang digunakan yaitu metode penyuluhan pada pelaku usaha di Kelurahan Kedungkandang, Kecamatan Kedungkandang, Kota Malang. Hasil pembahasan menunjukkan bahwa strategi labeling, packaging sederhana  produk hasil merajut di Kelurahan Kedungkandang, Kecamatan Kedungkandang, Kota Malang mampu dilaksanakan dengan baik meskipun masih bersifat tradisional akan tetapi dari waktu ke waktu mengalami perubahan ke arah yang lebih baik kedepannya.

References

Cahyono, E. (2016). Penggunaan Kemasan Produk Sebagai Upaya Meningkatkan Penjualan Di Koperasi Pasadena Sleman Yogyakarta. Jurnal Bisnis, Manajemen, Dan Akuntansi (JBMA), 3(1), 87–94. http://jurnal.stibsa.ac.id/index.php/jbma/article/view/43

Devi, S. C., & Muallimah, H. (2019). Perancangan Kemasan Sebagai Media Promosi Borondong Majalaya. Kreatif (Jurnal Karya Tulis, Rupa, Eksperimental Dan Inovatif), 1(1), 36–43. https://www.journalkreatif.sttbandung.ac.id/index.php/files/article/view/9

Dwiparma, A., Harahap, R. H., & Kusmanto, H. (2022). Penggunaan Media Sosial Sebagai Upaya Pemberdayaan Usaha Mikro Kecil dan Menengah. Perspektif, 11(4), 1511–1518. https://doi.org/10.31289/perspektif.v11i4.7479

Fakhriyyah, D. D., Susanti, Y., & Laili, S. S. (2022). Pengembangan Inovasi Produk dan Penggunaan Digital Marketing sebagai Upaya Peningkatan Penjualan UMKM Makanan. Jurnal Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (JP2M), 3(1), 9–16. https://doi.org/10.33474/jp2m.v3i1.13198

Febriani, E., Yojana, R. M., Hetharia, D., & Rambung, R. A. (2022). Perancangan logo produk pada usaha mikro kecil dan menengah di Kabupaten Bogor. Jurnal Inovasi Hasil Pengabdian Masyarakat (JIPEMAS), 5(3), 376–386. https://doi.org/10.33474/jipemas.v5i3.15003

Susetyo, A., & Prasetyo, A. (2020). Pelatihan Manajemen Resiko Bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah di Era Pandemi Covid-19. JCSE: Journal of Community Service and Empowerment, 1(1), 81–87. http://journal.stieputrabangsa.ac.id/index.php/jcse/article/view/681

Yunita, D., Nurlaila, Lubis, Y. M., & Irfan. (2022). Pendampingan usaha rumah tangga produk lokal khas Aceh asam belimbing (Averrhoa bilimbi Linn) Sunti untuk meningkatkan mutu dan harga jualnya. Jurnal Inovasi Hasil Pengabdian Masyarakat (JIPEMAS), 5(1), 22–32. https://doi.org/10.33474/jipemas.v5i1.11514

Downloads

Published

2023-08-09

How to Cite

Heriyawati, D. F., Nisa, I. C., Kurnia, L. T., & Rahman, M. N. (2023). Branding dan labeling produk guna memperkuat kompetisi dagang. Jurnal Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (JP2M), 4(2), 332–338. https://doi.org/10.33474/jp2m.v4i2.20397