Implementasi metode ngalah untuk meningkatkan kualitas membaca al-qur’an

Authors

  • Shofiatul Jannah Universitas Islam Malang
  • Fiki Nurul Mahfudzoh Universitas Islam Malang
  • Farihatul Hidayah Universitas Islam Malang
  • Nahla Ayu Khofifah Universitas Islam Malang
  • Rina Safitri M Universitas Islam Malang
  • Eric Efanda Universitas Islam Malang
  • Wahyu Alamzah Universitas Islam Malang
  • Alifia Yuniawati Universitas Islam Malang
  • Dwi Puspita Anggraini Universitas Islam Malang
  • Zumrotus Solichah Universitas Islam Malang
  • Muhammad Gabriell Universitas Islam Malang
  • Damai Dewangga Widayanto Universitas Islam Malang

DOI:

https://doi.org/10.33474/jp2m.v4i2.20401

Keywords:

pendidikan, al-qur’an, pembelajaran

Abstract

Pendidikan Al-Qur'an sangat penting untuk menghasilkan generasi Al-Qur'an yang berakhlak mulia. Penelitian ini dilakukan untuk meninjau penerapan metode Ngalah yang digunakan dalam membaca dan menulis Al-Qur'an di TPQ Al-Hidayah Dusun. Bode. Metode ini dipilih setelah menerapkan berbagai metode namun kurang efektif. Oleh karena itu, peneliti mengulas lebih dalam tentang metode Ngalah yang digunakan dalam kegiatan pembelajaran Al-Qur’an. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang dilakukan dengan melakukan observasi dan wawancara. Dari observasi yang telah dilakukan dapat diketahui bahwa penerapan Metode Ngalah sangat efektif dalam menunjang kegiatan pembelajaran Al-Qur'an para siswa. Metode tersebut tepat dan cocok untuk meningkatkan kelancaran dan kemampuan dalam proses belajar membaca dan menulis Al-Qur'an di TPQ Al-Hidayah Dusu Bodean.

References

Abdurrohman, Prasetiya, B., & Halili, H. R. (2022). Peran TPQ dalam Meningkatkan Kualitas Kemampuan Baca Al-Qur’an pada Anak di TPQ Nurul Huda. Journal of Cahaya Mandalika, 2(1), 11.

Ajhuri, K. F., & Saichu, M. (2018). Pemberdayaan Taman Pendidikan Al-Quran ( TPQ ) melalui Penguatan SDM di Masjid Nurul Fikri Watu Bonang, Badegan, Ponorogo. QALAMUNA-Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Agama, 10(2), 175–195. https://doi.org/10.5281/zenodo.3559271

Akbar, A. B. (2022). Pendampingan Membaca Al-Qur’an dengan Tajwid yang Benar bagi Masyarakat Disekitar Lingkungan Kampus. Jurnal BUDIMAS, 44(2), 1–6. https://doi.org/10.29040/budimas.v4i2.6131

Amalia, Bachrul, & Muh Saifuddin Zuhri Purwokerto, U. (2021). Peran Peran TPQ Tarbiyyatul Aulad dalam Meningkatkan Kualitas Baca Tulis Al-Qur’an dan Pembentukan Akhlak Anak. Jumat Informatika: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), 101.

Anjani, R. Y., & Tasdiq, H. (2019). Upaya Guru dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an pada Anak TPQ Al-Hidayah 1 Dusun Tugasari. Al-I’tibar : Jurnal Pendidikan Islam, 6(1), 29. https://doi.org/10.30599/jpia.v6i1.555

Anugrah, A. L. (2020). Pelaksanaan Pembelajaran Al-Qur’an di TPQ Daarul Hamid Dusun Gapuk Desa Gapuk Kecamatan Gerung Kabupaten Lombok Barat Tahun 2019-2020. In Skripsi Universitas Negeri Islam (UIN) Mataram. Universitas Islam Negeri Mataram.

Hakim, L., Nizar, A., Zaini, A., & Prasetiya, B. (2022). Meningkatkan Kualitas Membaca Al-Qur’an dengan Metode Tajwid di TPQ Darul Ulum Hidayatullah Kota Probolinggo. DEVELOPMENT: Journal of Community Engagement, 1(2), 112–120. https://doi.org/10.46773/djce.v1i2.318

Jayanti, J. (2018). Peran TPQ Dalam Meningkatan Kualitas Kemampuan Baca Al-Quran Pada Anak di TPQ Ar-Rahman Kelurahan Pagar Dewa Kota Bengkulu. Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Bengkulu.

Masitah, S. (2013). Peningkatan Pemahaman Tajwid Siswa Kelas VIII.A dengan Tehnik BBM Bermain, Berdiskusi, dan Melantunkan pada Masa Pandemi di SMP Negeri 9 Tanjung Jabung Timur. Jurnal Literasiologi, 7(2), 12–26. https://doi.org/10.47783/literasiologi.v7i2.279

Ni’mah, S., Firdaus, & Hamzah, A. (2021). Korelasi Hasil Belajar Ilmu Tajwid dengan Tingkat Kemampuan Membaca Al-Qur’an Mahasiswa Prodi IAT IAI Muhammadiyah Sinjai. Al-MUBARAK Jurnal Kajian Al-Quran & Tafsir, 6(1), 1–20. https://doi.org/10.47435/al-mubarak.v6i1.491

Norman, E., Barijah , S. C., Aminah, S., & Uswatiyah , W. (2022). Strategi Pembelajaran Baca Al-Quran Melalui Metode Ngalah pada Siswa Kelas 2 Sekolah Dasar Islam Perwanida Nurul Fajar, Komplek Departemen Agama Pabuaran, Bojonggede Bogor. As-Syar’i: Jurnal Bimbingan & Konseling Keluarga, 4(2), 166–184. https://doi.org/10.47467/as.v4i2.985

Nurochmah, A. D., Nabila, G., & Ritonga, M. (2022). Peran TPQ dalam Meningkatkan Kualitas Kemampuan Baca Al-Qur’an pada Anak di TPA Ar-Rahmah. Jurnal Pendidikan Dasar Dan Sosial Humaniora, 1(9), 1–8. https://bajangjournal.com/index.php/JPDSH/article/view/2965

Rahman, S. (2021). Pentingnya motivasi belajar dalam meningkatkan hasil belajar. Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar “Merdeka Belajar Dalam Menyambut Era Masyarakat 5.0” 2021, November, 296.

Retnasari, L., Suyitno, S., & Hidayah, Y. (2019). Penguatan Peran Taman Pendidikan Al-Quran (TPQ) Sebagai Pendidikan Karakter Religius. Jurnal SOLMA, 8(1), 32. https://doi.org/10.29405/solma.v8i1.2968

Rohman, A., Prasetiya, B., & Halili, H. R. (2022). Peran TPQ dalam Meningkatkan Kualitas Kemampuan Baca Al-Qur’an pada Anak di TPQ Bahrul Ulum Desa Jrebeng Kecamatan Wonomerto Kabupaten Probolinggo. Al Ibtidaiyah: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 3(1). https://doi.org/10.46773/ibtidaiyah.v3i1.328

Safitri, D. A. D. (2021). Penerapan Metode Ngalah dalam Kemampuan Baca Al-Qur’an di Lembaga Pendidikan Al-Qur’an (LPQ) Al-Bayyinah Ciputat. In Skripsi Universitas negri Syarif hidayatullah jakarta. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.

Setiawan, A., & Zahro, L. (2019). Pengembangan Model Pendidikan Karakter Pada Pesantren Berbasis Multikultural di Pondok Pesantren Ngalah Purwosari Pasuruan. KABILAH : Journal of Social Community, 4(1), 67. https://doi.org/10.35127/kbl.v4i1.3633

Silvia, R. R. (2021). Peningkatan Motivasi Belajar Al-Qur‟An melalui Metode Ummi Pada Siswa Kelas 1 di Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) Salsabila Kepanjen Malang. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

Ulfah, M., Laelasari, E., & Mustaqiem, I. (2021). AS- SYAR ’ I : Jurnal Bimbingan & Konseling Keluarga AS- SYAR ’ I : Jurnal Bimbingan & Konseling Keluarga. AS- SYAR ’ I : Jurnal Bimbingan & Konseling Keluarga, 3(1), 182. https://doi.org/10.47476/assyari.v4i2.985

Yuliawanti, A., Rozak, P., & Hasan, H. (2020). Peran guru TPQ dalam mengatasi kesulitan membaca Al-Quran di TPQ Lu’luil Ma’nun Desa Kebanggan Kecamatan Moga Tahun 2019-2020. Jurnal Lmiah Promis, 1(1), 56–70. https://doi.org/10.58410/promis.v1i1.158

Downloads

Published

2023-08-12

How to Cite

Jannah, S., Mahfudzoh, F. N., Hidayah, F., Khofifah, N. A., Safitri M, R., Efanda, E., Alamzah, W., Yuniawati, A., Anggraini, D. P., Solichah, Z., Gabriell, M., & Widayanto, D. D. (2023). Implementasi metode ngalah untuk meningkatkan kualitas membaca al-qur’an. Jurnal Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (JP2M), 4(2), 365–375. https://doi.org/10.33474/jp2m.v4i2.20401