Kemitraan pengembangan pariwisata digital berbasis ICT

Authors

  • Ismandianto Universitas Riau
  • Muchid Universitas Riau
  • Tito Handoko Universitas Riau
  • Meyzi Heriyanto Universitas Riau

DOI:

https://doi.org/10.33474/jp2m.v4i2.20419

Keywords:

pariwisata, digital, berbasis ICT

Abstract

Kebijakan pengembangan pariwisata Kabupaten Kuantan Singingi tertuang dalam rencana pembangunan jangka menengah daerah Kabupaten Kuantan Singingi yang dituangkan dalam Peraturan Daerah Nomor 1 Tahun 2017. Saat ini komunitas wisata yang ada termasuk kelompok sadar wisata yang sudah mulai terbentuk di berbagai desa. Tujuan kegiatan pengabdian masyarakat untuk pengembangan potensi pariwisata di Kabupaten Kuantan Singingi melalui pelatihan dan pendampingan, berbasis ICT (Information and Communication Technologies) Sasaran adalah kelompok sadar wisata (Pokdarwis) khususnya bidang promosi UMKM, total keseluruhan sekitar 75 orang.  Tahapan kegiatan pengabdian yang dilakukan yaitu; pertama, Koordinasi dan perencanaan Kegiatan Pengabdian dengan mitra Dinas Pariwisata kabupaten Kuantan Singingi, Gerakan Pesona Indonesia (GeNpi) Kabupaten Kuantan Singingi, Mahasiswa Kukerta. Kedua, Pembekalan Tim Pengabdian Masyarakat dengan mahasiswa kuliah kerja nyata sebagai supporting system. Ketiga, pola pendampingan dan pelatihan anggota Keempat, monitoring dan evaluasi, Kelima, pembuatan sarana publikasi. metode yang digunakan adalah enthrepreneurship capasity building (ECB) dengan mengidentifikasi permasalahan pariwiata dan UMKM pada masyarakat Kecamatan Singingi dan Singingi Hilir melalui pelatihan dan pendampingan, berbasis ICT. Keberhasilan pengabdian tergambar dengan terciptanya media promosi wisata dan UMKM berbasis ITC.

References

Harto, S., & Ismandianto. (2019). The Development Strategy Of Batang Koban Tourism Object In Kuantan Singingi Regency Through Sustainable Approach. International Conference on Social Political Development (ICOSOP).

Ismandianto, Harto, S., & Handoko, T. (2019). Komunikasi Pemerintahan dalam Pengembangan Wisata Pulau Penyengat Kota Tanjungpinang Kepulauan Riau. Nakhoda: Jurnal Ilmu Pemerintahan, 18(1), 21–34. https://nakhoda.ejournal.unri.ac.id/index.php/njip/article/view/86

Ismandianto, Nasution, B., & Lubis, E. E. (2020). Model Komunikasi Pariwisata Religi dalam Pengembangan Wisata Kabupaten Rokan Hulu. Pesona Jurnal Pariwisata, 5(2), 1–10. https://doi.org/10.26905/jpp.v5i1.4644

Jennifer, C., & Fauzi, A. (2022). Analisa Strategi Bauran Pemasaran 4P (Price, Product, Place, Promotion) pada Usaha Prol Tape Sari Madu Jember dalam Meningkatkan Volume Penjualan. Jurnal Akuntansi Dan Manajemen Bisnis (JAMAN), 2(3), 16–23. https://doi.org/10.56127/jaman.v2i3.328

Kurniadi, D., & Riansyah, A. (2023). Pemberdayaan Kelompok UMKM Berbasis Iptek untuk Mengembangkan Produk Olahan Lokal di Desa Manggihan Kecamatan Getasan Kabupaten Semarang. E-Dimas (Educations-Pengabdian Kepada Masyarakat), 14(1), 103–107. https://doi.org/10.26877/e-dimas.v14i1.10811

Raharja, A. B., Eka, R., Rahmat, P., & Khutomah, D. A. (2023). Pengembangan Produk Wisata dan Perancangan Digital Destination Branding Wisata Desa (Desa Panyocokan, Kecamatan Ciwidey, Bandung). E-Dimas (Educations-Pengabdian Kepada Masyarakat), 14(2), 331–339. https://doi.org/10.26877/e-dimas.v14i2.12048

Sidiq, R. S. S., Ismandianto, Resdati, Widodo, T., & Sugiyanto, S. (2022). Pelatihan Digital Economy, Digital Content,Dan Digital Governancebagi Petani dan Umkm di Desa Rimbo Panjang Kampar. Jurnal Pengabdian Dharma Laksana Mengabdi Untuk Negeri, 5(1), 242–251. https://doi.org/10.32493/j.pdl.v5i1.23463

Suleman. (2020). Pemanfaatan ICT (Information and Communication Technology) Dalam Promosi Pariwisata di Indonesia. Bianglala Informatika, 1(1), 1–8. https://doi.org/10.31294/bi.v1i1.546.g438

Sulyandari, A. K., Zakiyah, N., Lamo, E. H., Putri, M. A., Firmansyah, H., Junshionamas, F. T., & Kurnia, M. A. (2023). Edutourism sebagai upaya meningkatkan potensi desa wisata. Jurnal Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (JP2M), 4(1), 1–8. https://doi.org/10.33474/jp2m.v4i1.19613

Widyastuti, L. Y., Maulana, H., & Izzah, K. A. (2023). Perluasan potensi pasar produk lokal dengan e- commerce pada pelaku usaha mikro , kecil , dan menengah ( UMKM ). 4(225), 376–389. https://doi.org/10.33474/jp2m.v4i2.20279

Yesicha, C. (2019). Pemanfaatan Teknologi Komunikasi Sektor Pariwisata Kecamatan Kuok Kapupaten Kampar, Riau. Journal of Dedication to Papua Community, 2(2), 112–126. https://doi.org/10.34124/jpkm.v2i2.31

Downloads

Published

2023-09-13

How to Cite

Ismandianto, Muchid, Handoko, T., & Heriyanto, M. (2023). Kemitraan pengembangan pariwisata digital berbasis ICT. Jurnal Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (JP2M), 4(2), 448–455. https://doi.org/10.33474/jp2m.v4i2.20419