Social education anti bullying: Menciptakan lingkungan belajar yang aman dan nyaman

Authors

  • Rahmawati Universitas Islam Malang
  • Mohamad Fajarrudin Universitas Islam Malang
  • Muhammad Fathul Janan Universitas Islam Malang
  • Thiyah Windiari Shafaroh Universitas Islam Malang
  • Nauvrenaldo Aryawicaksana Universitas Islam Malang
  • Fahrul Akbar Universitas Islam Malang
  • Rizkia Nur Intan Dewi Isnaini Universitas Islam Malang
  • Faridatul Halimah Universitas Islam Malang
  • Nauval Ramalda Universitas Islam Malang
  • Imroatus Sholekha Universitas Islam Malang
  • Farsya Aprilia Eka Cahyani Universitas Islam Malang
  • Fany Wahyu Saputra Universitas Islam Malang

DOI:

https://doi.org/10.33474/jp2m.v4i4.20623

Keywords:

anak-anak, bullying, kesehatan mental, suasana belajar

Abstract

Bullying, tindakan agresif yang meresahkan, memiliki ciri berulang dan dilakukan dengan tujuan jahat. Ini merupakan perilaku yang dapat menyakiti, merendahkan, atau mendiskriminasi individu lain, baik secara fisik, verbal, maupun emosional. Tujuan pengabdian masyarakat ini adalah sosialisasi anti bullying pada anak-anak sekolah dasar untuk mencegah tindakan bullying yang terjadi. Sehingga suasana belajar dapat kondusif dan anak-anak dapat belajar dengan nyaman. Hasilnya adalah anak-anak semakin paham apa itu bullying setelah diputarkan film pendek tentang bullying yang tampak sangat realistis dan betapa merusak mental bullying tersebut. Selain itu, kampanye kesadaran, intervensi dini, teknologi yang digunakan dengan bijak, pembelajaran tentang empati, dan penanganan akar masalah pelaku perundungan juga menjadi aspek penting dalam upaya melawan perundungan.

References

Hornor, G. (2018). Bullying: What the PNP Needs to Know. Journal of Pediatric Health Care, 32(4), 399–408. https://doi.org/10.1016/j.pedhc.2018.02.001

Menesini, E., & Salmivalli, C. (2017). Bullying in schools: the state of knowledge and effective interventions. Psychology, Health and Medicine, 22, 240–253. https://doi.org/10.1080/13548506.2017.1279740

Nitte, Y. M., Rafael, A. M. D., Bulu, V. R., & Benu, A. Y. (2022). Sosialisasi Resolusi Konflik Dan Pelatihan Pencegahan Perilaku Bullying di SD Inpres Sikumana 2 Kota Kupang. Jurnal Pengabdian Masyarakat Ilmu Pendidikan, 2(1), 18–22. https://doi.org/10.37792/pemimpin.v2i1.392

Sripurwaningsih, I. M. (2017). Hubungan Perundungan (Bullying) Dengan Kepercayaan Diri Siswa Kelas X SMA Muhammadiyah 1 Karanganyar Tahun Ajaran 2016/2017. Skripsi. Surakarta: IAIN Surakarta.

Smith, P. K., Bauman, S., & Wong, D. (2019). Challenges and opportunities of anti-bullying intervention programs. Multidisciplinary Digital Publishing Institute

Tim Yayasan Semai Jiwa Amini. (2008). Bullying: mengatasi kekerasan di sekolah dan lingkungan sekitar anak. Grasindo.

Downloads

Published

2024-01-17

How to Cite

Rahmawati, Fajarrudin, M., Janan, M. F., Shafaroh, T. W., Aryawicaksana, N., Akbar, F., Isnaini, R. N. I. D., Halimah, F., Ramalda, N., Sholekha, I., Cahyani, F. A. E., & Saputra, F. W. (2024). Social education anti bullying: Menciptakan lingkungan belajar yang aman dan nyaman. Jurnal Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (JP2M), 4(4), 826–830. https://doi.org/10.33474/jp2m.v4i4.20623