Tingkatkan branding UMKM desa dengan optimalisasi sistem informasi desa menggunakan google maps

Authors

  • Ratna Tri Hardaningtyas Universitas Islam Malang
  • Selvia Putri Anggun Maharani Universitas Islam Malang
  • Hardini Risma` Santika Universitas Islam Malang
  • Adinda Puspita Maharani Universitas Islam Malang
  • Mochammad Ridho Alamhudy Universitas Islam Malang
  • Puteri Armilah Nabila Universitas Islam Malang
  • Aprilia Indah Wulandari Universitas Islam Malang
  • Pupung Pramada Universitas Islam Malang
  • Gunawan Salim Universitas Islam Malang
  • Mahadewi Annisa Aulia Universitas Islam Malang
  • Juned Farhan Universitas Islam Malang
  • Ananda Afrizal Universitas Islam Malang
  • Imanda Rivniansyah Universitas Islam Malang

DOI:

https://doi.org/10.33474/jp2m.v4i3.20632

Keywords:

plangisasi, google maps, fungsi manajemen, branding umkm

Abstract

Permasalahan yang sering terjadi di beberapa titik desa masih kurangnya nama jalan keluar masuk Dusun Dempok dari pusat Kecamatan Jabung. Dalam rangka mempermudah akses jalan dalam menuju Dusun Dempok, kami KSM-T bersama masyarakat melakukan pembuatan papan nama jalan sebagai alat bantu untuk menunjukan arah ke beberapa tempat di Dusun Dempok serta penambahan nama jalan pada google maps terutama menuju ke UMKM dan pengolahan susu. Kegiatan ini dilakukan bertujuan untuk membantu dalam petunjukan kearah jalan tempat Dusun Dempok, dan juga membantu bagi warga luar Dusun Dempok dalam menemukan UMKM. Dalam melakukan kegiatan dilakukan tahapan –tahapan survey lokasi untuk menentukan tempat – tempat yang dibutuhkan dan yang akan dipasang papan/pelakat nama jalan setelah itu penambahan nama jalan di google maps. Setelah menemukan tempat lokasi yang akan dipasang papan petunjuk jalan, selanjutnya adalah melakukan persiapan pembuatan desain yang akan disiapkan dalam pembuatan papan/pelakat nama jalan. Setelah selesai mendesain papan/pelakat nama jalan. Maka melakukan perakitan papan/pelakat nama jalan. Sesudah melakukan perakitan papan/pelakat nama jalan. Lalu melakukan tahap pengecatan pada papan/pelakat nama jalan. Sesudah melakukan tahap pengecatan papan/pelakat nama jalan di lakukan pemasangan pada titik lokasi yang sudah di tentukan. Hasil Progam kegiataan bertujuan untuk melengkapi prasarana petunjuk arah menuju Dusun Dempok Desa Gading Kembar Kabupaten Malang.

References

Andyko, M., Al Ansyorie, M. M., Ichwanto, M. A., Suwarno, E., Dewi, V. A. K., Amadea, A., ... & Novianti, N. (2022). Pengembangan Petunjuk Arah Menggunakan Media Informasi Signage System Di Kawasan Wisata Desa Sumberdem. Prosiding Hapemas, 3(1), 189-195.

C. Berger, Wayfinding, Designing and Implementing Graphic Navigational System. Switzerland: Roto Vision, 2005.

Fuad, A. (2015). Pembuatan Papan Nama Dan Petunjuk Arah Panti Asuhan Insan Madani Di Kampung Masjid Dusun Lemah Duhur Gunung Bunder 1 Bogor. Jurnal Abdimas, 1(02), 50-54.

Heldiansyah, J. C., Aufa, N., Hadinata, I. Y., Muchamad, B. N., Saud, M. I., Rahman, M. S., ... & Rahmanto, A. (2022). Peningkatan Kualitas Visual Pasar Bauntung Banjarbaru melalui Desain Penanda dan Penunjuk Arah. Jurnal Pengabdian ILUNG (Inovasi Lahan Basah Unggul), 1(3), 25-33.

Irfani, F., Derajat, A., & Rosyid, A. (2019). Pengembangan Daya Tarik Wisata Bakukung Cianten Melalui Perancangan Petunjuk Arah Berbasis Media Online. Abdi Dosen: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 3(1).

Purwita, D. G., & Yasa, G. P. P. A. (2019). Perancangan Ulang Simbol Dan Papan Penunjuk Arah Pada Area Obyek Wisata Monkey Forest. Jurnal Lentera Widya, 1(1), 15-20.

S. A. Taufiq and R. Wulandari, “Efektivitas Lokasi Penempatan Papan Petunjuk (Signage System) Pada Lobby Stasiun Kereta Api Bandung,” Idealog Ide dan Dialog Desain Indones., vol. 1, no. 1, p. 49, 2017.

Widyanto, R. A., Febriyanto, W., Binangkit, R. P., Larasati, R. D., Nurachman, R., & Amalina, P. N. (2021). PPMT untuk Pengembangan Desa Wisata Embung Abimanyu di Desa Ngropoh Temanggung. Jurnal Abdimas PHB: Jurnal Pengabdian Masyarakat Progresif Humanis Brainstorming, 4(1), 67-73.

Downloads

Published

2023-12-20

How to Cite

Hardaningtyas, R. T., Maharani, S. P. A., Santika, H. R., Maharani, A. P., Alamhudy, M. R., Nabila, P. A., Wulandari, A. I., Pramada, P., Salim, G., Aulia, M. A., Farhan, J., Afrizal, A., & Rivniansyah, I. (2023). Tingkatkan branding UMKM desa dengan optimalisasi sistem informasi desa menggunakan google maps. Jurnal Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (JP2M), 4(3), 738–744. https://doi.org/10.33474/jp2m.v4i3.20632