Scale up kreativitas siswa sekolah dasar dengan edukasi pembuatan ecoprint

Authors

  • Nisa'us Sholikah Universitas Islam Malang
  • Nadya Dyatmika Universitas Islam Malang
  • Ma’unah Widya Wardah Universitas Islam Malang
  • Wishnu Sajiwa Nata Universitas Islam Malang
  • Diana Riswanda Universitas Islam Malang

DOI:

https://doi.org/10.33474/jp2m.v4i3.20637

Keywords:

kreativitas, ecoprint, kain, daun, siswa

Abstract

Pengembangan kreativitas pada anak merupakan aspek penting dalam era saat ini, salah satu cara mengembangkannya adalah dengan memberikan pelatian mengenai ecoprine. Ecoprint adalah salah satu teknik mewarnai kain yang melibatkan kontak langsung dengan cara mencetak. Istilah ecoprint terdiri dari eco yang merujuk pada arti alam sementara print yng mengaku pada proses mencetak. Dalam membuat ecoprint menggunakan proses yang sederhana dan mudah dilakukan dimana tidak perlu menggunakan mesin dan ramah akan lingkungan. Teknik pewarnaan ecoprint melibatkan pemakaian bahan-bahan alami misalnya daun, bunga, dan kulit kayu yang memiliki kandungan pewarna alami. Bahan – bahan tersebut digunakan sebagai pengganti cap atau cetakan seperti batik tulis tradisional yamg dapt dilakukn dengn berbgi teknik. Metode pelaksanan ini menggunakan metetode persiapan, sosialisasi, pelatihan, dan evaluasi. Tujuan dari pembuatan kerajinan eco print adalah meningkatkan kreativitas dan keterampilan anak. Hasil dari kegitan ini diharapkan mampu menjadi bekal bagi siswa sekolah dasar dan berdampak bagi lingkungan sekitar yang berupa tumbuhan yang dijadikan sebuah produk yang bernilai ekonomis.

References

Kusumawati, D., & Hadiyanto. (2018). Eco-Printing as an Alternative Sustainable Textile Dyeing Process with Natural Dyes: A Case Study of Indonesia. Materials Today: Proceedings, 5(3), 10169-10175.

Damyanti, D., & Wijayanti, R. (2020). The Eco-Printing Technique as a Sustainable Approach to Textile Dyeing with Natural Dyes. IOP Conference Series: Materials Science and Engineering, 885(1), 012005.

Putri, R. H., & Widodo, J. (2019). Eco-Printing: A Sustainable Textile Dyeing Technique Using Natural Dyes. Journal of Textiles, 2019, 1-11

Downloads

Published

2023-12-20

How to Cite

Sholikah, N., Dyatmika, N., Wardah, M. W., Nata, W. S., & Riswanda, D. (2023). Scale up kreativitas siswa sekolah dasar dengan edukasi pembuatan ecoprint. Jurnal Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (JP2M), 4(3), 731–737. https://doi.org/10.33474/jp2m.v4i3.20637