Upaya pengelolaan sampah lingkungan melalui bank sampah

Authors

  • Cepi Yazirin Universitas Islam Malang
  • Nur Robbi Universitas Islam Malang
  • Mita Rovita Sari Universitas Islam Malang
  • Niken Arum Ghayatri Universitas Islam Malang
  • Tito Dwi Apriiliyanto Universitas Islam Malang
  • Bimo Anggoro Prawiro Universitas Islam Malang
  • Eki Mardiani Universitas Islam Malang
  • Siti Nur Azizah Universitas Islam Malang
  • Achmad Ridwan Abdul Aziz Universitas Islam Malang
  • Tris Tiyo Arinda Kusuma Universitas Islam Malang
  • Vera Eselia Putri Universitas Islam Malang
  • Muhammad Kurnia Gusti Al-Fattah Universitas Islam Malang
  • Maulana Igo Athief Naufal Universitas Islam Malang
  • Riadlus Al Mahdi Universitas Islam Malang

DOI:

https://doi.org/10.33474/jp2m.v4i4.20639

Keywords:

bank sampah, edukasi, pengelolaan sampah.

Abstract

Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) adalah perilaku mengupayakan kebersihan dan kesehatan dari kemauan diri sendiri dan menularkannya kepada orang lain. Perilaku ini meliputi menjaga kebersihan dan kesehatan diri sehingga berdampak pada kesehatan orang lain dan lingkungan sekitar. Untuk mengetahui penerapan perilaku hidup bersih dan sehat pada masyarakat Dusun Sukosari Desa Pandansari Kecamatan Poncokusumo Kabupaten Malang, di lakukan beberapa tahapan kegiatan yang di perlukan, antara lain pendataan, perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Upaya yang dapat dilakukan yaitu edukasi kesadaran dan ketrampilan masyarakat dalam mengelola sampah dengan menerapkan prinsip reduce, reuse, recycle, dan replant (4R). Bank sampah berbasis masyarakat merupakan modal sosial yang menjadi kunci keberhasilan dalam mengubah paradigma masyarakat terhadap sampah. Pemberdayaan masyarakat dilakukan melalui kegiatan penyuluhan, edukasi, pelatihan dengan metode partisipasi emansipatoris (interaksi dan komunikasi), serta dialog dengan warga di komunitas. Selain itu diperlukan dukungan kemitraan dengan membangun jejaring dan mekanisme kerja sama kelembagaan antara warga pengelola bank sampah dengan stakeholder terkait. Tujuan dari kegiatan pemberdayaan ini yaitu untuk mengubah paradigma masyarakat mengenai sampah serta dapat memberikan manfaat bagi masyarakat, terutama manfaat secara langsung yaitu berkurangnya timbunan sampah di lingkungan, lingkungan menjadi lebih bersih dan asri. Pengelolaan sampah terintegrasi dapat menstimulasi kreativitas dan inovasi dari masyarakat sehingga meningkatkan kesejahteraan warga.

References

Challcharoenwattana, A., & Pharino, C. (2015). Co-benefits of household waste recycling for local community’s sustainable waste management in Thailand. Sustainability (Switzerland), 7(6), 7417–7437.

Damanhuri, E., & Padmi, T. (2016). Pengelolaan Sampah Terpadu (Pertama). Bandung: Penerbit ITB.

Indrianti, N. (2016). Community-based Solid Waste Bank Model for Sustainable Education. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 224(August 2015), 158–166.

Lestari, S. (2012). Bank Sampah, ubah sampah jadi uang. Retrieved from https://www.bbc.com/indonesia/ma jalah/2012/07/120710_trashbank

Mulasari, S.A., Husodo, A.H., dan Muhadjir, N., 2014. Kebijakan pemerintah Dalam Pengelolaan Sampah Domestik. Jurnal Kesehatan Masyarakat Nasional, 8(8):404- 410. Purba, H.D., Mei.

Purba, H.D., Meidiana, C., dan Adrianto, D.W., 2014. Waste Management Scenario through Community Based Waste Bank: A Case Study of Kepanjen District, Malang Regency, Indonesia. International Journal of Environmental Science and Development, 5(2):212-216.

Ridley-Duff, R.J., dan Bull, M., 2011. Understanding Social Enterprise: Theory and Practice, Sage Publication, London.

Singhirunnusorn, W., Donlakorn, K., dan Kaewhanin, W., 2012. Household Recycling Behaviours and Attitudes toward Waste Bank Project: Mahasarakham Municipality. Journal of Asia Behavioural Studies, 2(6):35-47.

Wijayanti, D. R., & Suryani, S. (2015). Waste Bank as Community-based Environmental Governance: A Lesson Learned from Surabaya. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 184, 171– 179.

Winarso, H., dan Larasati, A., 2011. Dari Sampah Menjadi Upah: Inovasi Pengolahan Sampah di Tingkat Akar Rumput Kasus Program Bank Sampah “Sendu” di Kelurahan Pasar Minggu Jakarta Selatan. Jurnal Manusia dan Lingkungan, 18(1):43-59.

Downloads

Published

2024-01-09

How to Cite

Yazirin, C., Robbi, N., Sari, M. R., Ghayatri, N. A., Apriiliyanto, T. D., Prawiro, B. A., Mardiani, E., Azizah, S. N., Aziz, A. R. A., Kusuma, T. T. A., Putri, V. E., Al-Fattah, M. K. G., Naufal, M. I. A., & Mahdi, R. A. (2024). Upaya pengelolaan sampah lingkungan melalui bank sampah. Jurnal Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (JP2M), 4(4), 798–806. https://doi.org/10.33474/jp2m.v4i4.20639