Peningkatan potensi desa guna mengatasi limbah pertanian
DOI:
https://doi.org/10.33474/jp2m.v4i3.20647Keywords:
branding, Pemasaran, nugget sayur, pernikahan diniAbstract
Pelaksanaan kegiatan ini bertujuan untuk mengetahui potensi desa madiredo dari kegiatan branding dan pemasaran, edukasi bahayanya pernikahan di usia dini dalam perspektif kesehatan, pemanfaatan limbah botol aqua dan sampah plastik menjadi ecobrick. Pendekatan kualitatif dengan teknik observasi dan wawancara digunakan dalam menyusun hasil pengabdian ini. Setelah kegiatan analisis dengan metode penelitian yang digunakan terdapat beberapa permasalahan dalam hasil panen yang melimpah, maraknya usia pernikahan dini, daya tampung Tempat Pengelolaan Sampah Terpadu (TPST) 3R desa madiredo yang maksimum. Hasil kegiatan ini menunjukan adanya peningkatan pengetahuan masyarakat terkait hasil panen yang melimpah diolah menjadi nugget sayur yang siap jual dengan memberikan nilai tambah lebih besar, memberikan edukasi kepada ibu-ibu untuk mencegah anak menikah usia dini guna meminimalisir resiko stunting, menunjang masyarakat untuk memanfaatkan limbah botol aqua dan sampah plastik menjadi sesuatu yang berguna seperti ecobrick.
References
Catur Sugiarto (2019). Pelatihan Branding Sebagai Upaya Meningkatkan Efektivitas Pemasaran Nugget Lele Desa Mojogedang. Jurnal SEMAR, Vol. 8 No.2, 1 – 5. http://doi.org/10.20961/semar.v8i2.40203
Damanhuri, Muspita, M., & Setyohadi, D. (2017). Pengembangan Diversifikasi Usaha tani sebagai Penguatan Ekonomi di Kabupaten Bojonegoro, Tulungagung, dan Ponorogo. Jurnal Cakrawala. Vol 11 No 11, 33-47. https://doi.org/10.32781/cakrawala.v11i1.4
Fitri Damayanti, Titin Supriyatin (2020). Bercocok Tanam Dengan Sistem Hidroponik Berbasis Ramah Lingkungan Melalui Pemanfaatan Sampah Botol Plastik. Jurnal Pelayanan Dan Pengabdian Masyarakat. Vol 4 No 1, 9-19. https://doi.org/10.52643/pamas.v4i1.724
Indardi, I. (2018). Peningkatan Ekonomi Masyarakat Melalui Pembuatan Keripik Singkong Di Semuluh Kidul, Semanu, Gunung Kidul. Jurnal Inovasi Dan Penerapan Ipteks. Vol 6 no 1, 53-64. https://doi.org/10.18196/bdr.6133
Ilmiyah, F.dkk. (2022) Sosialisasi Penanggulangan Tingginya Angka Pernikahan Dini Di Desa Tambakrejo-Wonotirto-Blitar. Komatika: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat. Vol 2 No 2, 29-33. https://doi.org/10.34148/komatika.v2i2.508
Kholid, A. (2015). Promosi Kesehatan dengan Pendekatan Teori Perilaku, Media dan Aplikasinya. Rajawali Persada. Jakarta.
Kementerian Kesehatan RI. (2022). Kenali Dampak Pernikahan Dini. Kementerian Kesehatan RI. Jakarta.
Permatasari, C., (2022). Pernikahan Usia Dini dan Risiko Terhadap Kejadian Stunting pada Baduta di Puskesmas Kertek 2, Kabupaten Wonosobo. HIGEIA Journal of Public Health Research and Development. Vol 6 No 1, 31-37. https://doi.org/10.15294/higeia.v6i1.51282
Raksun, A. dkk. (2023). Penyuluhan Pencegahan Pernikahan Dini Dan Sosialisasi Stunting Sebagai Upaya Pencegahan Stunting di Desa Dane Rase Lombok Timur. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA. Vol 6 no 3, 490-494. 10.29303/jpmpi.v6i3.4690
Rosmeli, Emilia, Etik Umiyati, Nurhayani dan Candra Mustika (2021). Peningkatan Nilai Jual Keripik Kentang Sebagai Oleh-Oleh Khas Daerah Melalui Strategi Branding. Jurnal karya abadi. Vol 5 No 3, 438-444. https://doi.org/10.22437/jkam.v5i3.16277
Reksa Jayengsari. (2021). Branding Dalam Strategi Marketing Keripik Pisang Pada Pelaku Usaha Rumahan. Journal Of Empowerment. Vol 2 No 11, 111-124. 10.35194/je.v2i1.1232
Suminto, Sekartaji. (2017). Ecobrick: Solusi Cerdas dan Kreatif untuk Mengatasi Sampah Plastik. Jurnal Desain Produk. Vol 3 No 1, 26-34. https://doi.org/10.24821/productum.v3i1.1735
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Karina Utami Anastuti, Herman Trisnaldi Sadewo, Amelia Dwi Cahyani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.