Meningkatkan religiusitas masyarakat melalui kajian hadis dan wirid ratib al-haddad
DOI:
https://doi.org/10.33474/jp2m.v4i2.20659Keywords:
religiusitas, kajian hadis, wiridAbstract
Kualitas sumber daya manusia menentukan tingkat pemahaman keagamaan masyarakat. Rendahnya kesadaran beragama, perilaku budaya pendatang lebih dominan, serta kurangnya peran tokoh masyarakat menyebabkan rendahnya religiusitas masyarakat Merjosari. Penelitian ini merupakan jenis penenlitian kualitiatif menggunakan pendekatan Participatory Action Research (PAR) yaitu antara subjek penelitian dan peneliti sebagai pemantik. Peneliti menggali data malalui pengamatan mendalam dan wawancara. Data dianalisis secara deskriptif untuk ditarik simpulan. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui pemahaman kitab kuning, penghayatan keagamaan, serta peningkatan kualitas sikap religius masyarakat Merjosari terhadap Kitab Bulughul Maram dan Wirid Ratib al-Haddad. Hasil dari penelitian ini menunjukkan meningkatnya religiusitas masyarakat Merjosari dapat dilihat dari intensitas dan kuantitas pelaksanaan ibadah shalat lima waktu dan shalat sunnah lainnya di dalam masjid. Religiusitas masyarakat dapat dilihat dari lingkungan yang bersih dari pergaulan bebas antara lawan jenis, keseriusan masyarakat mengikuti kajian kitab dan bacaan wirid, juga permintaan kuat untuk terus dilaksanakan kajian kitab dan bacaan wirid setiap hari.
References
Agustina, R., Suprianto, D., & Rosalin, S. (2019). Pelatihan Internet dan Program Microsoft Office Untuk Membantu Administrasi di Kelurahan Merjosari Kecamatan Lowokwaru Kota Malang. Kumawula: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 129–144. https://doi.org/10.24198/kumawula.v2i2.23473
Asnawati. (2022). Pemahaman Al-Qur’an dalam Tradisi Pembacaan Wirdul Laṭĭf. Universitas Islam Negeri Sultan Maulana Hasanuddin Banten.
Astriani, D. (2021). Klasifikasi Metode dan Pendekatan Syarah Hadis dalam Kitab-kitab Hadis Ahkam (Studi Kitab Bulughul Maram, Subulussalam, Misbahuz Dzolam, dan Nailul Authar). Contemplate: Jurnal Ilmiah Studi Keislaman, 2(2), 135–153. https://doi.org/10.53649/contemplate.v2i02.148
Chairi, E. (2019). Pengembangan Metode Bandongan dalam Kajian Kitab Kuning di Pesantren Attarbiyah Guluk-Guluk dalam Perspektif Muhammad Abid al-Jabiri. Nidhomul Haq : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 4(1), 70–89. https://doi.org/10.31538/ndh.v4i1.233
Febriani, S. R., Mustofa, S., & Desrani, A. (2023). Peningkatan Spiritual dan Etika Sosial Masyarakat Melalui Pembelajaran Kitab Kuning dan Bacaan Wirid. E-Dimas (Educations-Pengabdian Kepada Masyarakat), 14(2), 233–245. https://doi.org/10.26877/e-dimas.v14i2.11567
Firmansyah, K. E., & Putrisari, D. N. (2017). Sistem Religi dan Kepercayaan Masyarakat Kampung Adat Kuta Kecamatan Tambaksari Kabupaten Ciamis. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(4), 236–243. https://jurnal.unpad.ac.id/pkm/article/view/16403
Herawati, T., Pranaji, D. K., Pujihasvuty, R., & Latifah, E. W. (2020). Faktor-Faktor yang Memengaruhi Pelaksanaan Fungsi Keluarga di Indonesia. Jurnal Ilmu Keluarga Dan Konsumen, 13(3), 213–227. https://doi.org/10.24156/jikk.2020.13.3.213
Kusnadi, E., & Iskandar, D. (2017). Peranan Tokoh Masyarakat dalam Membangun Partisipasi Kewargaan Pemuda Karang Taruna. Prosiding Konferensi Nasional Kewarganegaraan III, November, 358–363.
Mahrus, M., & Muklis, M. (2015). Konsep Multikulturalisme Perspektif Hadits: Studi Kitab Bulughul Maram. Fenomena, 7(1), 1. https://doi.org/10.21093/fj.v7i1.263
Muhaimin, R. (2021). Pembacaan Wirdul Latif di PP Al-Ihsan Al-Islamy, Kabunan, Dukuhwaru, Tegal (Vol. 3, Issue 2) [Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang]. https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/14544/
Mustofa. (2019). Kitab Kuning Sebagai Literatur Keislaman Dalam Konteks Perpustakaan Pesantren. Tibanndaru : Jurnal Ilmu Perpustakaan Dan Informasi, 2(2), 1. https://doi.org/10.30742/tb.v2i2.549
Prawoto, A., & Fauzi, M. (2020). Pengaruh Kegiatan Berdzikir Terhadap Perilaku Keagamaan Mojokerto. Menara Tebuireng: Jurnal Ilmu Keislaman, 15(2), 139–164. https://ejournal.unhasy.ac.id/index.php/menaratebuireng/article/view/1378
Putra, I. S., & Yusr, D. (2019). Pesantren dan Kitab Kuning. Al-Ikhtibar: Jurnal Ilmu Pendidikan, 6(2), 647–654. https://doi.org/10.32505/ikhtibar.v6i2.605
Rahmah Amini, N., Naimi, N., & Ahmad Sarhan Lubis, S. (2019). Implementasi Kurikulum Al-Islam dan Kemuhammadiyahan dalam Meningkatkan Sikap Religiusitas Mahasiswa di Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara. Intiqad: Jurnal Agama Dan Pendidikan Islam, 11(2), 359–372. https://doi.org/10.30596/intiqad.v11i2.3265
Rahman, A. S., Sembodo, C., Kurnianingsih, R., Razak, F., & Amin, M. N. K. Al. (2021). Participatory Action Research dalam Pengembangan Kewirausahaan Digital di Pesantren Perkotaan. Ulumuddin: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman, 11(1), 85–98. https://doi.org/10.47200/ulumuddin.v11i1.766
Rahmawati, H. K. (2016). Kegiatan Religiusitas Masyarakat Marginal di Argopuro. Community Development: Jurnal Pengembangan Masyarakat Islam, 1(2), 38–39. https://doi.org/10.21043/cdjpmi.v1i2.2584
Rasyidi, R., Huda, N., & Hermina, D. (2022). Evaluasi Model Pengembangan Kurikulum Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Melalui Kajian Kitab Kuning Dan Tahfiz Al-Qur’an di SMAN 1 Marabahan. Al-Ulum Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Ke Islaman, 9(3), 308–321.
Yusuf, W. (2017). Murid Aswaja NU. Attarbiyah.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Faisol, Syaiful Mustofa, Nuriatul Maftukhah, Fabilla Nimas Wedhari Ungu
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.