Implementasi sistem klasifikasi dewey decimal classification (DDC) di perpustakaan Sekolah Dasar

Authors

  • Khoirul Muttaqin Universitas Islam Malang
  • Badriyatus Sakdiya Universitas Islam Malang
  • Dina Rahma Almaida Universitas Islam Malang
  • Dwi Erni Febrianti Universitas Islam Malang
  • Maulida Zahroh Universitas Islam Malang
  • Melia Widiarti Universitas Islam Malang
  • Rahma Amalia Universitas Islam Malang

DOI:

https://doi.org/10.33474/jp2m.v4i2.20679

Keywords:

sistem klasifikas, perpustakaan, pustaka

Abstract

Bibliotek bukan hanya sebagai tempat pengumpulan dan penyimpanan buku-buku untuk dibaca, tetapi juga sebagai sarana belajar mengajar, pusat penelitian dan informasi, sumber informasi dan ilmu pengetahuan yang sangat berguna bagi semua siswa. Selain itu juga diharapkan dapat membantu siswa dan guru menyelesaikan tugas dalam proses belajar mengajar. Dengan menggunakan perpustakaan, siswa menyerap data sebagai pengetahuan dan secara kolektif meningkatkan indra mereka. Munculnya keinginan yang kuat untuk menggunakan bibliografi tercermin dari keinginan untuk terus mendatangi perpustakaan. Dengan demikian, keragaman novel perpustakaan dapat mendukung proses belajar mengajar. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan sifat deskriptif survey lokasi SDN GONDEK Jombang. Sumber data untuk penelitian ini menggunakan target sampling. Prosedur Pengumpulan Data Penelitian (1) Prosedur Metode Observasi (2) Prosedur Metode Wawancara (3) Prosedur Metode Dokumentasi Dianalisis dalam prosedur penarikan, keabsahan data pengamat diperiksa keabsahan triangulasi data aslinya. Aplikasi ini dapat menyempurnakan bibliografi SDN GONDEK untuk era globalisasi saat ini. Dengan menggunakan teknologi ini, pustakawan dapat dengan mudah mencocokkan bahan pustaka yang dibutuhkan dengan bahan pustaka yang sesuai. Memungkinkan pengguna untuk menelusuri bahan pustaka dan menemukan bahan yang ingin mereka gunakan.

References

Anggraeni, D. B., Widyastuti, W., Rahmawati, F. P., & Aditama, M. G. (2021). Pengembangan Sistem Klasifikasi Kepustakaan dengan Dewey Decimal Classification (DDC). Buletin KKN Pendidikan, 3(2), 152–160. https://doi.org/10.23917/bkkndik.v3i2.15734

Budiywono, E. (2015). Manfaat Penataan Ruang Di Perpustakaan Al Irfan Pondok Pesantren Darussalam Blokagung Banyuwangi. Jurnal Darussalam: Jurnal Pendidikan, Komunikasi Dan Pemikiran Hukum Islam, 7(1), 127–140. https://ejournal.iaida.ac.id/index.php/darussalam/article/view/55

Fitria, A. (2018). Pemanfaatan Perpustakaan Sekolah Oleh Siswa Di Sekolah Dasar Negeri Golo Yogyakarta Utilization of School Library By the Students in Yogyakarta Golo Private Elementary School. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5(20), 7. https://journal.student.uny.ac.id/index.php/pgsd/article/view/10669

Nurhayati, A. (2018). Perkembangan Perpustakaan dalam Pemenuhan Kebutuhan Informasi Masyarakat. UNILIB : Jurnal Perpustakaan, 9(1), 21–32. https://doi.org/10.20885/unilib.vol9.iss1.art3

Nursangadah, N. (2019). Optimalisasi Layanan Perpustakaan untuk Peningkatan Motivasi Minat Baca di MtsN Kaliangkrek Kabupaten Magelang. Jurnal Edutrained : Jurnal Pendidikan Dan Pelatihan, 3(2), 205–212. https://doi.org/10.37730/edutrained.v3i2.14

Safaruddin, M., Golung, A. M., & Harindah, S. (2016). Kajian Pentingnya Penataan Koleksi Untuk Temu Kembali Informasi Di Perpustakaan SMK Negeri 1 Manado. E-Journal “Acta Diurna,” 5(3), 1–9. https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/actadiurnakomunikasi/article/view/12781

Saputro, B. I. (2017). Penerapan Sistem Klasifikasi Perpustakaan Arkeologi di Perpustakaan Balai Arkeologi Daerah Istimewa Yogyakarta. Berkala Ilmu Perpustakaan Dan Informasi, 13(2), 107–116. https://doi.org/10.22146/bip.23453

Syahdan, Ridwan, M. M., Ismaya, Aminullah, A. M., & Elihami, E. (2021). Analisis Penerapan Sistem Klasifikasi DDC dalam Pengolahan Pustaka. Jurnal Edukasi Nonformal, 3(1), 63–80. https://ummaspul.e-journal.id/JENFOL/article/view/1669

Turang, A. J., Golung, A. M., & Pasoreh, Y. (2023). Manfaat Klasifikasi Bahan Pustaka di UPT Perpustakaan Untuk Temu Kembali Informasi Bagi Pengguna Khususnya Mahasiswa UNSRAT. Jurnal Acta Diurna Komunikasi, 5(1), 328–335. https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/actadiurnakomunikasi/article/view/47378

Watthananon, J. (2014). The relationship of text categorization using Dewey Decimal Classification techniques. Twelfth International Conference on ICT and Knowledge Engineering, 72–77. https://doi.org/10.1109/ICTKE.2014.7001538

Downloads

Published

2023-10-14

How to Cite

Muttaqin, K., Sakdiya, B., Almaida, D. R., Febrianti, D. E., Zahroh, M., Widiarti, M., & Amalia, R. (2023). Implementasi sistem klasifikasi dewey decimal classification (DDC) di perpustakaan Sekolah Dasar. Jurnal Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (JP2M), 4(2), 488–498. https://doi.org/10.33474/jp2m.v4i2.20679