Sertifikasi halal sebagai nilai tambah inovasi produk UMKM unggulan

Authors

  • Rozaq Muhammad Yasin Universitas Muria Kudus
  • Keke Tamara Fahira Universitas Muria Kudus
  • Heny Alpandari Universitas Muria Kudus

DOI:

https://doi.org/10.33474/jp2m.v4i2.20682

Keywords:

inovasi, kopi parijoto, administrasi, sertifikasi halal

Abstract

Pemerintah melalui BPJPH mengatakan bahwa seluruh produk makanan dan minuman harus tersertifikasi halal maksimal 17 Oktober 2024. Pada kenyataannya banyak UMKM yang tidak mengetahui terutama UMKM di sekitar lereng gunung Muria. UMKM mitra yaitu Recolta Parijoto masih minim pengetahuan tentang pentingnya sertifikasi halal produk dan inovasi produk olahan. Kondisi tersebut berdampak pada kemungkinan tutupnya suatu usaha atau adanya pengambil alihan branding atas produk Robusta Muria dan Parijoto dari daerah lain. Padahal Robusta Muria dan Parijoto termasuk produk hasil pertanian yang menjadi unggulan/ciri khas dari Gunung Muria. Metode yang digunakan dalam pengabdian ini yaitu metode Asset Based Community Development (ABCD). Teknis pelaksanaan pengabdian ini meliputi 1) Sosialisasi; 2) Pendampingan; 3) Pelatihan; dan 4) Monitoring dan Evaluasi yang bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan kesadaran mitra. Luaran kegiatan ini yaitu inovasi produk olahan, produk mitra sudah tersertifikasi halal, serta kemampuan mitra dalam menciptakan inovasi-inovasi baru agar lebih memiliki nilai tambah. Melalui kepemilikan sertifikasi halal, inovasi produk baru menjadikan mitra lebih percaya diri dan mampu menjangkau pasar yang lebih luas. Rencana tindak lanjut dari pengabdian ini yaitu seluruh produk hasil olahan mitra akan di daftarkan sertifikasi halal selama program SEHATI masih dibuka.

References

Ab Halim, M. A., & Mohd Salleh, M. M. (2020). Consumer rights in Halal products: A study based on legal and Syariah perspectives. In Food Research (Vol. 4, pp. 281–290). Rynnye Lyan Resources. https://doi.org/10.26656/fr.2017.4(S1).S31

Alpandari, H., & Prakoso, T. (2022). Pemberdayaan Kelompok Wanita Tani dalam Optimalisasi Pekarangan Sebagai Ketahanan Pangan Keluarga. Abdi: Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 4(2), 388–393. https://doi.org/10.24036/abdi.v4i2.337

Al-Teinaz, Y. R., & Al-Mazeedi, H. M. M. (2020). Halal Certification and International Halal Standards (pp. 227–251). John Wiley & Sons Ltd.

Hameeda, S., Gillani, B., Mahmood, M., & Khan, S. (2016). Role of Islamic Financial Institutions in Promotion of Pakistan Halal Food Industry. Islamic Banking and Finance Review. In Syeda Hameeda Batool., & Ijaz, Farrukh (Vol. 3, Issue 1).

Hersugondo, H., Wahyudi, S., Yuniawan, A., Idris, I., Soedarto, J. P., & Semarng, T. (2022). Penguatan Komoditi Unggulan Masyarakat: Pengembangan Produk dan Pasar Kopi Lelet Rembang. In Jurnal Abdimas PHB (Vol. 5, Issue 2). https://databoks.katadata.co.id/datapublish/

Kretzman, J. P., & Mcknight, J. L. (1993). Building Communities From The Inside Out: a Path Toward Finding and Mobilizing a Community’s Assets.

Melfazen, O., Faris Rahmawan, N., Cahaya Rachma, I., Hasanah, M., & Artikel, R. (2023). Sertifikasi halal produk makanan dalam etika berbisnis pada pelaku UMKM Info Artikel ABSTRAK. Jurnal Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (JP2M, 428(2), 428–435. https://doi.org/10.33474/jp2m.v4i2.20542

Munawar, M. S. Al, Rohmah, M., Anton Rahmadi, Marwati, & Rachmawati, M. (2023). Penerapan sistem jaminan produk halal pada UMKM untuk meningkatkan daya saing produk. Jurnal Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (JP2M), 4(1), 165–176. https://doi.org/10.33474/jp2m.v4i1.19996

Quraysin, I., & Afiah, E. T. (2021). Pelatihan Manajemen Usaha Keripik Talas Beneng Pada Kelompok Tani Tunas Mandiri Cinyurup Pandeglang. Indonesian Journal of Engagement, Community Services, Empowerment and Development, 1(3). https://doi.org/10.53067/ijecsed

Saadah, M. A., & Sampoerno, Mohd. N. (2023). Pendampingan pengurusan sertifikasi halal bagi komunitas pelaku usaha kecil dan menengah. Jurnal Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (JP2M), 4(1), 35–40. https://doi.org/10.33474/jp2m.v4i1.19876

Sri Widiarty, W. (2021). Halal label packaging of food products circulation consumer protection. 7(3), 172–176. www.lawjournals.org

Tamara Fahira, K., & Muhammad Yasin, R. (2022). Peningkatan Nilai Produk Melalui Perijinan PIRT, Sertifikasi Halal dan Digital Marketing Pada UMKM Sirup Parijoto. 11(2), 2745–4223. https://doi.org/10.20961/semar.v11i2.64034

Tieman, M. (2020). Measuring corporate halal reputation: A corporate halal reputation index and research propositions. Journal of Islamic Marketing, 11(3), 591–601. https://doi.org/10.1108/JIMA-05-2018-0095

UNLOCKING OPPORTUNITY State of the Global Islamic Economy Report. (n.d.).

Warto, W., & Samsuri, S. (2020). Sertifikasi Halal dan Implikasinya Bagi Bisnis Produk Halal di Indonesia. Al Maal: Journal of Islamic Economics and Banking, 2(1), 98. https://doi.org/10.31000/almaal.v2i1.2803

Wenovita, C. A. A. (2021). Penegakan Hukum Sertifikasi Halal Rumah Potong Hewan. Jurist-Diction, 4(4), 1357. https://doi.org/10.20473/jd.v4i4.28452

Downloads

Published

2023-10-24

How to Cite

Yasin, R. M., Fahira, K. T., & Alpandari, H. (2023). Sertifikasi halal sebagai nilai tambah inovasi produk UMKM unggulan. Jurnal Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (JP2M), 4(2), 519–527. https://doi.org/10.33474/jp2m.v4i2.20682