Penerapan digitalisasi guna meningkatkan pemasaran UMKM shuttlecock

Authors

  • Irma Hidayati Universitas Islam Malang
  • Muhammad Al Fadhil Universitas Islam Malang

DOI:

https://doi.org/10.33474/jp2m.v4i4.20763

Keywords:

digitalisasi, media sosial

Abstract

Pemasaran digital merupakan salah satu strategi pemasaran yang efektif untuk meningkatkan jangkauan pemasaran dan penjualan. Hal ini dikarenakan digital marketing dapat menjangkau konsumen secara lebih luas dan efisien. Dalam rangka meningkatkan pemahaman pelaku usaha shuttlecock tentang pentingnya digital marketing, mahasiswa KSM Tematik Unisma di Desa Gunungrejo, Singosari, melakukan pelatihan digital marketing. Pelatihan ini bertujuan untuk memperkenalkan platform Shopee dan Facebook sebagai sarana pemasaran online sebagai solusi permasalahan mitra dengan menggunakan media sosial untuk pemasaran. Pelatihan dilaksanakan selama dua hari dengan metode perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Hasil pelatihan menunjukkan bahwa pelaku usaha shuttlecock memiliki pemahaman yang lebih baik tentang pentingnya digital marketing untuk meningkatkan pemasaran.

References

Athia, I., Andini, A.S., Anggraeni. (2022) Tol Langit Untuk Ekspor Umkm Kerajinan Sebagai Penunjang Ekonomi Kreatif Dengan Platform AEXI.ID. Pena Dimas: Jurnal Pengabdian Masyarakat. 1(1). 39-46.

Badan Pusat Statistik. (2020). Perusahaan Industri Pengolahan. Retrieved from Badan Pusat Statistik website: https://www.bps.go.id/subject/9/industri-besar-dan-sedang.html#

Bastomi, M., Safitri, N.S. (2022). Pemberdayaan Pelaku Usaha Coffee Shop Melalui Edukasi Digital Marketing. Society: Jurnal Pengabdian Masyarakat. Vol. 01 (1). 7-12.

Dewi, R. A. K., & Mahyuni, N. W. S. (2022). Pelatihan Digital Marketing Kepada UMKM di Banjar Pitik untuk Daya Saing Usaha. 6(3), 716–724. https://doi.org/https://doi.org/10.31849/dinamisia.v6i3.6302

Fakhriyyah, D.D., Munawaroh, D., Utami, D., Putri, D., Nisa’, F.K., Khaliza, F.N., Ahmad, F., Ferlika, F. Jaffan, J., Maimun, M., Mudzakkir, M. (2022). Strategi Promosi Digital Marketing Wisata Rafting Guna Meningkatkan Potensi Desa Wisata. Pena Dimas: Jurnal Pengabdian Masyarakat. 1(1), 10-14.

Fauzi, N.A., (2020). Pengaruh Karakteristik Wirausaha, Modal Usaha Dan Penggunaan Informasi Akuntansi Terhadap Keberhasilan Umkm Industri Shuttlecock Di Desa Lawatan Kecamatan Dukuhturi Kabupaten Tegal.

Rini, A., & Laturette, K. (2016). Relevansi sikap berakuntansi pelaku umkm muda dan penggunaan informasi akuntansi terhadap keberhasilan usaha. Jurnal Akuntansi Aktual 3(3), 199–206.

Meidiyustiani, R. (2016). Pengaruh Pendidikan Pemilik, Pemahaman Akuntansi, Dan Motivasi Pemilik Terhadap Penerapan Standar Akuntansi Keuangan Untuk Entitas Tanpa Akuntabilitas Publik (SAK ETAP). 1(01), 13–27.

Octaviani, G., Putri, A., & Fajarwati, D. (2022). Pemberdayaan Masyarakat Tentang Digital Marketing Dan Digital Payment Kepada Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (UMKM). 1(2), 167–173. https://doi.org/https://doi.org/10.33558/an-nizam.v1i2.3435

Putri, A. S. (2019). Peran UMKM dalam Perekonomian Indonesia. Retrieved from Kompas.com website: https://www.kompas.com/skola/read/2019/12/20/120000469/peran-umkm-dalam-perekonomian-indonesia?page=all

Downloads

Published

2024-01-17

How to Cite

Hidayati, I., & Fadhil, M. A. (2024). Penerapan digitalisasi guna meningkatkan pemasaran UMKM shuttlecock. Jurnal Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (JP2M), 4(4), 839–844. https://doi.org/10.33474/jp2m.v4i4.20763