Tingkatkan pengunjung objek wisata kedok ombo melalui revitalisasi dan promosi
DOI:
https://doi.org/10.33474/jp2m.v4i3.20764Keywords:
revitaslisasi, promosi, wisataAbstract
Wisata Kedok Ombo adalah tempat wisata yang terletak di Dusun Kreweh Desa Gunungrejo Kecamatan Singosari Kabupaten Malang. Obyek wisata ini memiliki potensi yang besar karena lokasinya yang setrategis dan suasana serta kondisi alam yang indah, namun obyek wisata ini sepi pengunjung dikarenakan kondisi yang kurang tertata serta kurangnya promosi. KSM Tematik Unisma melakukan pengabdian masyarakat dengan melakukan revitalisasi dan promosi obyek wisata Kedok Ombo. Revitalisasi dilakukan bertujuan memaksimalkan fasilitas pendukung serta pembersihan area yang kami rasa bisa lebih dioptimalkan. Melakukan promosi melalui media sosial seperti tiktok dan youtube menjadi strategi penting dalam memajukan tempat-tempat wisata untuk dikenal secara luas. Penambahan plang penunjuk arah ke obyek wisata Kedok Ombo juga dapat memudahkan pengunjung menuju ke lokasi.
References
Ardiansyah,I. (2019). Pengaruh Harga Dan Fasilitas Terhadap Keputusan Berkunjung Wisatawan Di Taman Impian Jaya Ancol Jakarta Dengan Metode Structural Equation Modeling. Media Bina Ilmiah. 14(3).
Charli, C. O., & Della Asmaria Putri. (2021). Pengaruh Social Media Marketing, Fasilitas Wisata Dan Citra Destinasi Wisata Terhadap Minat Wisatawan Berkunjung. Jurnal Ekobistek, 40–48. https://doi.org/10.35134/ekobistek.v9i2.75
Harumi, N. A. M., Hantoro, I., Widianarko, B., & Soedarini, B. (2022). Utilizing Youtube and Tiktok Social Media as an Alternative of Food Safety Education. Journal of Innovation and Community Engagement, 3(3), 163–174. https://doi.org/10.28932/ice.v3i3.4666
Hidayati, I., Mustajibullah, S., Septiawan, M., Juwita, I.W., Hayati, D.N., Syafitrih, Z.E., Kurniawan, A., Lutfiah, A.F., Habibi, M.I., Afidah, N. (2022). Pengembangan Taman Wisata Edukasi Rolak Berbasis Spot Foto. Pena Dimas: Jurnal Pengabdian Masyarakat. 1(1). 34-38.
Isnaini, P.R. (2017). Pengaruh Citra Merek Destinasi Terhadap Keputusan Berkunjung Dan Kepuasan Pengunjung Serta Dampaknya Pada Minat Kunjung Ulang (Survei Pada Pengunjung Taman Rekreasi Selecta Kota Batu Yang Termasuk Dalam Kategori Generasi Millennial). Repository Universitas Brawijaya. 55(2). http://repository.ub.ac.id/id/eprint/8993
Johan, A., Masita, T. E., & Alvani, H. T. (2022). Revisit Intention Obyek Wisata Pantai Krapyak Kabupaten Pangandaran: Pengaruh Citra Destinasi Wisata, Pengalaman Wisatawan dan Media sosial. 19(2), 46–58. https://doi.org/10.55303/mimb.v19i2.157
Munandar, A., Nurulrahmatia, N., Nurhayati, Huda, N. (2023). Pengembangan Wisata Jurang Pengantin Di Desa Raba Kecamatan Wawo Kabupaten Bima. Pena Dimas: Jurnal Pengabdian Masyarakat. 1(2). 79-85. http://dx.doi.org/10.33474/penadimas.v1i2.19336
Safira, R.E., Winda, S, Rahmanto, D.N.A.R. (2019). Promosi Daerah Dan E–Marketing Pariwisata Halal Terhadap Keputusan Berkunjung Wisatawan Di Yogyakarta. Islamiconomic. 10(1). 2019.
Sumarsono, H., Supratman, R., & Alam, R. A. H. (2021). Penerapan Digital Marketing Sebagai Strategi Komunikasi Pemasaran Guna Meningkatkan Akupansi Kunjungan Wisatawan Kedok Ombo Gunungrejo. Jurnal Graha Pengabdian, 3(4), 323–323. https://doi.org/10.17977/um078v3i42021p323-333
Susanto, B., & Nursamsu, N. (2020). Pengaruh Bauran Pemasaran Dan Citra Destinasi Terhadap Minat Berkunjung Kembali Di Desa Wisata Selo Park Nganjuk. Jurnal Riset Entrepreneurship. https://doi.org/https://doi.org/10.30587/jre.v3i1.1284
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Irma Hidayati, Nina Septira, Tsamarah Nabilah, Diza Sabila
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.