Respon kelompok perempuan berpendidikan sekolah dasar atau keaksaraan pada “community development program” melalui usaha singkong dan kelinci

Authors

  • Mudawamah Universitas Islam Malang

DOI:

https://doi.org/10.33474/jp2m.v4i3.20964

Keywords:

respon, perempuan, community development program

Abstract

Kegiatan pengabdian berbentuk community development program melalui usaha singkong dan kelinci dari hulu sampai hilir atau dari produksi, pengolahan pasca panen dan pemasaran. Tujuan program tersebut adalah pengembangan potensi kelompok perempuan berpendidikan sekolah dasar dan keaksaraan melalui kerja kelompok atau individu sehingga bisa meningkatkan gizi dan kesejahteraan keluarga. Jumlah peserta program ini adalah sejumlah 20 orang ibu-ibu berpendidikan sekolah dasar atau keaksaraan. Metode kegiatan pengabdian pada masyarakat ini adalah metode partisipatif, artinya setiap peserta berperan serta dan aktif dalam kegiatan ini dengan tujuan untuk melakukan pengembangan potensi masyarakat (community development program). Respon kelompok ibu-ibu berpendidikan sekolah dasar pada community development program adalah baik dengan tingkat keberhasilan 70-95 %. Untuk keberlanjutan program maka monitoring dan evaluasi tetap berlanjut secara kontinyu tanpa batas waktu. Keberlanjutan program tersebut bisa terwujud membentuk wadah silaturahmi melalui pembentukan kelompok yang lebih mengikat dengan pertemuan bulanan.

References

As'ad M. 2003. Psikologi Industri: Seri Sumber Daya Manusia. Yogjakarta: Liberty.

Hasibuan. M. 2003. Organisasi dan Motivasi: Dasar Peningkatan Produktivitas. Jakarta: Bumi Aksara.

Leung, A.S.M. and McGrath S. 2010. An Effective Learning Model to Support People Development: The Emerging Approach of The Hong Kong Intitute for Vocational Edication. International Education Studies. 3 (4): 94-106. www.ccsenet.org/ies

Mislevy JR and Kaeli TK. 2002. Performance Assesment for Adult Education: Exploring The Measurement Issues: Reprort of a Workshop. Washington DC: National Academy Press.

Suciati. 1997. Taksonomi Tujuan Instruksional. Program Applied Approach. Jakarta: Ditjen Dikti Dekdikbud.

Sutikno, M.R. Saatnya menjadi Mompreneur. Ketrampilan Ibu Rumah Tangga dalam Berwirausaha, Bunyu online. http://www.bunyu-online.com/2010 (on line). Rabu, 27 Oktober 2010.

Thorpe, K. 2004. Reflective Learning Journals: from Concept to Practice. Reflective Practice, 4 (3): 82-99.

Downloads

Published

2023-12-10

How to Cite

Mudawamah. (2023). Respon kelompok perempuan berpendidikan sekolah dasar atau keaksaraan pada “community development program” melalui usaha singkong dan kelinci. Jurnal Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (JP2M), 4(3), 664–670. https://doi.org/10.33474/jp2m.v4i3.20964