Inovasi produk rotan serta peningkatan skill digital marketing berbasis e-commerce dan media sosial dalam menunjang local pride

Authors

  • Ida Bagus Suryanatha Universitas Palangka Raya
  • Windi Susetyo Ningrum Universitas Palangka Raya
  • Ahriyati Universitas Palangka Raya
  • Ivana Hapsari Universitas Palangka Raya
  • Dwiky Ryamizardin Universitas Palangka Raya

DOI:

https://doi.org/10.33474/jp2m.v4i4.21119

Keywords:

produk, lokal, digital, marketing, teknologi, inovasi

Abstract

Artikel ini membahas secara komprehensif penggunaan teknologi yang dapat membantu masyarakat khususnya di Desa Rantau Asem untuk mengembangkan pemasaran produk lokal rotan. Sebagaimana yang terjadi saat ini, distingsi antara inovasi produk antara inovasi produk dan kualitas sumber daya manusia menjadikan permasalahan utama yang dikaji dalam penulisan ini. Metode pada penulisan ini menggunakan metode PAR (Participatory Action Research) dan teknik pengumpulan datanya adalah FGD (Focus Group Discussion). Hasil dalam penulisan ini menjelaskan pengembangan inovasi produk dibutuhkan oleh masyarakat Desa untuk keberlangsungan kearifan lokal. Selain itu, edukasi mengenai pemasaran berbasis digital (digital marketing) menjadi salah satu fokus penguatan kapasistas masyarakat Desa Rantau Asem agar produk rotannya mampu bersaing mengikuti selera konsumen dan meningkatkan taraf ekonomi masyarakat Desa. Oleh karenanya, peningkatan skill sumber daya manusia dengan tujuan budidaya kearifan lokal yang dikombinasikan dengan penggunaan teknologi menjadi terobosan untuk memberikan banyaknya referensi baru kepada masyarakat Desa Rantau Asem, terutama dikarenakan melimpahnya kearifan lokal yaitu rotan yang secara garis besar pembahasan kasusnya karena belum mempunyai inovasi produk rotan dan cara memasarkannya sesuai dengan perkembangan trend dan kebutuhan dari pasar di masyarakat kota.

References

Afandi, A. (2020). Participatory Action Research (PAR) Metodologi Alternatif Riset Dan Pengabdian Kepada Masyarakat Transformatif. Workshop Pengabdian Berbasis Riset Di LP2M UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, Februari, 11.

Cahya, A. D., Rahmadani, D. A., Wijiningrum, A., & Swasti, F. F. (2021). Analisis Pelatihan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia. YUME : Journal of Management, 4(2), 230–242. https://doi.org/10.37531/yume.vxix.861

Gunawan, C. I., Solikhah, S. Q., & Yulita, Y. (2021). Model Pengembangan Manajemen Sumber Daya Manusia UMKM Sektor Makanan dan Minuman di Era Covid-19. Jurnal Akuntansi, Ekonomi Dan Manajemen Bisnis, 9(2), 200–207. https://doi.org/10.30871/jaemb.v9i2.3639

Habib, M. A. F. (2021). Kajian Teoritis Pemberdayaan Masyarakat Dan Ekonomi Kreatif. Journal of Islamic Tourism, Halal Food, Islamic Traveling, and Creative Economy, 1(2), 106–134. https://doi.org/10.21274/ar-rehla.v1i2.4778

Hikmawati, S. atik, & Farida, L. (2021). Pemanfaatan Media Tik Tok Sebagai Media Dakwah Bagi Dosen Iai Sunan Kalijogo Malang. Al-Ittishol : Jurnal Komunikasi Dan Penyiaran Islam, 2(1), 1–11. https://doi.org/10.51339/ittishol.v2i1.215

Icha, N. R., & Kurniadi, O. (2022). Hubungan antara Menggunakan Tik Tok dengan Perilaku Eksistensi Diri. Bandung Conference Series: Public Relations, 2(1), 297–301. https://doi.org/10.29313/bcspr.v2i1.939

Kristiani, N., & Putri, S. W. (2022). Pengaruh Perceived Usefulness Dan Playfulness Terhadap Intention To Use Pengguna Aplikasi Tik Tok Di Masa Pandemi Covid 19. CAPITAL: Jurnal Ekonomi Dan Manajemen, 5(2), 162. https://doi.org/10.25273/capital.v5i2.12021

Rahman, F. (2022). Praktik Affiliate Marketing pada Platform E-commerce dalam Tinjauan Hukum Ekonomi Syariah. Istidlal: Jurnal Ekonomi Dan Hukum Islam, 6(1), 24–37. https://doi.org/10.35316/istidlal.v6i1.407

Setyorini, D., Nurhayaty, E., & Rosmita, R. (2019). Pengaruh Transaksi Online (e-Commerce) Terhadap Peningkatan Laba UMKM (Studi Kasus UMKM Pengolahan Besi Ciampea Bogor Jawa Barat). Jurnal Mitra Manajemen, 3(5), 501–509. https://doi.org/10.52160/ejmm.v3i5.228

Urva, G., Pratiwi, M., & Oemara Syarief, A. (2022). Social Media Optimization as a Support for Digital Marketing. ABDINE: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 56–61. https://doi.org/10.52072/abdine.v2i1.301

Downloads

Published

2024-01-16

How to Cite

Suryanatha, I. B., Ningrum, W. S., Ahriyati, Hapsari, I., & Ryamizardin, D. (2024). Inovasi produk rotan serta peningkatan skill digital marketing berbasis e-commerce dan media sosial dalam menunjang local pride. Jurnal Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (JP2M), 4(4), 816–825. https://doi.org/10.33474/jp2m.v4i4.21119