Inovasi produk rotan serta peningkatan skill digital marketing berbasis e-commerce dan media sosial dalam menunjang local pride
DOI:
https://doi.org/10.33474/jp2m.v4i4.21119Keywords:
produk, lokal, digital, marketing, teknologi, inovasiAbstract
Artikel ini membahas secara komprehensif penggunaan teknologi yang dapat membantu masyarakat khususnya di Desa Rantau Asem untuk mengembangkan pemasaran produk lokal rotan. Sebagaimana yang terjadi saat ini, distingsi antara inovasi produk antara inovasi produk dan kualitas sumber daya manusia menjadikan permasalahan utama yang dikaji dalam penulisan ini. Metode pada penulisan ini menggunakan metode PAR (Participatory Action Research) dan teknik pengumpulan datanya adalah FGD (Focus Group Discussion). Hasil dalam penulisan ini menjelaskan pengembangan inovasi produk dibutuhkan oleh masyarakat Desa untuk keberlangsungan kearifan lokal. Selain itu, edukasi mengenai pemasaran berbasis digital (digital marketing) menjadi salah satu fokus penguatan kapasistas masyarakat Desa Rantau Asem agar produk rotannya mampu bersaing mengikuti selera konsumen dan meningkatkan taraf ekonomi masyarakat Desa. Oleh karenanya, peningkatan skill sumber daya manusia dengan tujuan budidaya kearifan lokal yang dikombinasikan dengan penggunaan teknologi menjadi terobosan untuk memberikan banyaknya referensi baru kepada masyarakat Desa Rantau Asem, terutama dikarenakan melimpahnya kearifan lokal yaitu rotan yang secara garis besar pembahasan kasusnya karena belum mempunyai inovasi produk rotan dan cara memasarkannya sesuai dengan perkembangan trend dan kebutuhan dari pasar di masyarakat kota.
References
Afandi, A. (2020). Participatory Action Research (PAR) Metodologi Alternatif Riset Dan Pengabdian Kepada Masyarakat Transformatif. Workshop Pengabdian Berbasis Riset Di LP2M UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, Februari, 11.
Cahya, A. D., Rahmadani, D. A., Wijiningrum, A., & Swasti, F. F. (2021). Analisis Pelatihan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia. YUME : Journal of Management, 4(2), 230–242. https://doi.org/10.37531/yume.vxix.861
Gunawan, C. I., Solikhah, S. Q., & Yulita, Y. (2021). Model Pengembangan Manajemen Sumber Daya Manusia UMKM Sektor Makanan dan Minuman di Era Covid-19. Jurnal Akuntansi, Ekonomi Dan Manajemen Bisnis, 9(2), 200–207. https://doi.org/10.30871/jaemb.v9i2.3639
Habib, M. A. F. (2021). Kajian Teoritis Pemberdayaan Masyarakat Dan Ekonomi Kreatif. Journal of Islamic Tourism, Halal Food, Islamic Traveling, and Creative Economy, 1(2), 106–134. https://doi.org/10.21274/ar-rehla.v1i2.4778
Hikmawati, S. atik, & Farida, L. (2021). Pemanfaatan Media Tik Tok Sebagai Media Dakwah Bagi Dosen Iai Sunan Kalijogo Malang. Al-Ittishol : Jurnal Komunikasi Dan Penyiaran Islam, 2(1), 1–11. https://doi.org/10.51339/ittishol.v2i1.215
Icha, N. R., & Kurniadi, O. (2022). Hubungan antara Menggunakan Tik Tok dengan Perilaku Eksistensi Diri. Bandung Conference Series: Public Relations, 2(1), 297–301. https://doi.org/10.29313/bcspr.v2i1.939
Kristiani, N., & Putri, S. W. (2022). Pengaruh Perceived Usefulness Dan Playfulness Terhadap Intention To Use Pengguna Aplikasi Tik Tok Di Masa Pandemi Covid 19. CAPITAL: Jurnal Ekonomi Dan Manajemen, 5(2), 162. https://doi.org/10.25273/capital.v5i2.12021
Rahman, F. (2022). Praktik Affiliate Marketing pada Platform E-commerce dalam Tinjauan Hukum Ekonomi Syariah. Istidlal: Jurnal Ekonomi Dan Hukum Islam, 6(1), 24–37. https://doi.org/10.35316/istidlal.v6i1.407
Setyorini, D., Nurhayaty, E., & Rosmita, R. (2019). Pengaruh Transaksi Online (e-Commerce) Terhadap Peningkatan Laba UMKM (Studi Kasus UMKM Pengolahan Besi Ciampea Bogor Jawa Barat). Jurnal Mitra Manajemen, 3(5), 501–509. https://doi.org/10.52160/ejmm.v3i5.228
Urva, G., Pratiwi, M., & Oemara Syarief, A. (2022). Social Media Optimization as a Support for Digital Marketing. ABDINE: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 56–61. https://doi.org/10.52072/abdine.v2i1.301
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Ida Bagus Suryanatha, Windi Susetyo Ningrum, Ahriyati, Ivana Hapsari, Dwiky Ryamizardin
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.