Strategi pengembangan desa wisata dengan pendekatan tourism digital marketing

Authors

  • Taufiq Rahman Ilyas Universitas Islam Malang
  • Rio Era Deka Universitas Islam Malang
  • Mohamed Fajil Abdul Batau Universiti Teknologi MARA
  • Mohd Faiz bin Ismail Universiti Teknologi MARA
  • Ainul Chanafi Universitas Islam Malang

DOI:

https://doi.org/10.33474/jp2m.v4i4.21125

Keywords:

strategi, pengembangan desa wisata, tourism digital marketing

Abstract

Desa wisata ngadas merupakan salah satu destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi di Jawa Timur khususnya Kabupaten Malang. Fenomena Gunung Bromo dan keunikan budaya lokal masyarakat suku tengger menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan domestik ataupun mancanegara. Maraknya vlogger tourism diberbagai konten media sosial membuat destinasi wisata desa ngadas menjadi semakin populer dikalangan masyarakat. Namun demikian percepatan teknologi terkadang kurang begitu selaras dengan adaptasi dan penguasan oleh beberapa kalangan khususnya masyarakat yang tidak mau mengikuti perkembangan zaman. Untuk mengatasi permasalahan tersebut dan strategi dalam pengembangan desa wisata ngadas maka terdapat beberapa langkah stategis yaitu pelatihan tourism digital marketing, pengadaptasian teknologi informasi, dan pemaksimalan teknologi informasi. Dari ketiga langkah strategis tersebut diharapkan mampu menjadi metode jitu dalam pengembangan desa wisata Ngadas Kabupaten Malang.

References

Creswell, J. W. (2015). Penelitian kualitatif & desain riset: Memilih diantara lima pendekatan (Lazuardi & A. Lintang (eds.); 3rd ed.). Pustaka Pelajar.

Hartana. (2022). Pengembangan Usaha UMKM di Masa Pandemi Melalui Optimalisasi Digital Marketing di Kabupaten Buleleng. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Undiksha, 10(3), 1–24. https://doi.org/10.23887/jpku.v10i3.50585

Heliany, I. (2019). Wonderful Digital Tourism Indonesia dan Peran Revolusi Industri dalam Menghadapi Era Ekonomi Digital 5.0. Destinesia : Jurnal Hospitaliti Dan Pariwisata, 1(1), 21–35. https://doi.org/10.31334/jd.v1i1.551

Hermawan, D. (2018). Analysis of Digital Marketing Usage as Promotion Strategy of IT University in Bali. International Journal of Advances in Scientific Research and Engineering, 4(11), 136–143. https://doi.org/10.31695/ijasre.2018.32902

Hidayati, N. (2021). Pemanfaatan Website Sekolah sebagai Strategi Digital Marketing di Madrasah Aliyah Unggulan Amanatul Ummah Surabaya. Jurnal Kependidikan Islam, 11(1), 111–133. https://doi.org/10.15642/jkpi.2021.11.1.111-133

Machmud, M. (2012). Perkembangan Teknologi dalam Industri Media. Jurnal Teknik Industri, 12(1), 57–64. https://doi.org/10.22219/jtiumm.vol12.no1.57-64

Muhajirin, N., & Daryono, W. (2018). The use of Digital Signage as Media Campus Information (Penggunaan Digital Signage sebagai Media Informasi Kampus). Journal Pekommas, 3(1), 1–10. https://doi.org/10.30818/jpkm.2018.2030101

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian (Researsch Method) (Revisi). CV Alfa Beta.

Sultoni, M. H., Sudarmiatin, Hermawan, A., & Sopiah. (2022). Digital marketing, digital orientation, marketing capability, and information technology capability on marketing performance of Indonesian SMEs. International Journal of Data and Network Science, 6(4), 1381–1388. https://doi.org/10.5267/j.ijdns.2022.5.013

Downloads

Published

2024-01-09

How to Cite

Ilyas, T. R., Deka, R. E., Batau, M. F. A., Ismail, M. F. bin, & Chanafi, A. (2024). Strategi pengembangan desa wisata dengan pendekatan tourism digital marketing. Jurnal Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (JP2M), 4(4), 784–790. https://doi.org/10.33474/jp2m.v4i4.21125