Pemanfaatan media sosial sebagai media promosi, branding pada produk UMKM olahan pisang dan olahan susu

Authors

  • Ardilla Khusliana Sari Universitas Yudharta Pasuruan
  • M. Sulhan Universitas Yudharta Pasuruan

DOI:

https://doi.org/10.33474/jp2m.v4i4.21185

Keywords:

marketing, sosial media, produk UMKM

Abstract

Berdasarkan Data Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (Kementerian KUKM) pada tahun 2021, jumlah pelaku UMKM di Indonesia mencapai 64,2 juta dengan kontribusi terhadap produk domestik bruto (PDB) sebesar 61,07 % atau Rp8.573,89 triliun. UMKM mampu menyerap 97 % dari total angkatan kerja dan mampu menghimpun hingga 60,4 % dari total investasi di Indonesia. (kementrian Keuangan RI) UMKM memiliki peran penting bagi perekonomian Indonesia terutama saat terjadinya krisis, UMKM dapat meliwati Krisis moneter pada saat masa pandemi COVID-19, namun banyak pelaku UMKM yang mengaku usahanya mengalami penurunan penjualan di karenakan adaptasi penjualan akibat COVID-19 yang tadinya bisa dilaksanakan secara offline harus menyesuaikan menjadi pemasaran secara online, seperti halnya dua UMKM yang ada di Kecamatan Tutur Kabupaten Pasuruan ini. Letak Kecamatan Tutur sendiri berjakarak sekitar 24 km dari Universitas Yudharta Pasuruan. Kedua UMKM ini  memiliki produk yang terbuat dari sumber daya alam yang di hasilkan di Kecamatan Tutur seperti susu dan pisang mengingat Kecamatan Tutur adalah distributor susu sapi terbesar di Kabupaten Pasuruan. Namun semenjak terjadinya COVID-19 produk yang di produksi mengalami penurunan omset pembelian. Dengan adanya program pengabdian masyarakat yang di tugaskan kepada mahasiswa semester 7 Universitas Yudharta penulis melakukan pembimbingan dan pelatihan promosi produk dengan cara sederhana melalui media sosial yang sering di gunakan oleh khalayak ramai.

References

Afandi, A., Laily, N., Wahyudi, N., Umam, M. H., Kambau, R. A., Rahman, S. A., Sudirman, M., Jamilah, Kadir, N. A., Junaid, S., Nur, S., Parmitasari, R. D. A., Nurdiyanah, Wahid, M., & Wahyudi, J. (2022). Metodologi Pengabdian Masyarakat (Suwendi, A. Basir, & J. Wahyudi (eds.)). Direktorat Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam, Direktorat Jenderal Pendidikan Islam, Kementerian Agama RI. https://pendispress.kemenag.go.id/index.php/ppress/catalog/book/19

Ariyanto, A., Wongso, F., Wijoyo, H., Indrawan, I., Musnaini, Akbar, M. F., Anggraini, N., Suherman, Suryanti, & Devi, W. S. G. R. (2021). Strategi Pemasaran UMKM di Masa Pandemi (H. Wijoyo, D. Sunarsi, & I. Indrawan (eds.)). Insan Cendekia Mandiri.

Asse, R. A. A. (2018). Strategi Pemasaran Online (Studi Kasus Facebook Marketing Warunk Bakso Mas Cingkrank di Makassar). Jurnal Komunikasi KAREBA, 7(2), 219–231. https://doi.org/10.31947/kareba.v7i2.6907

Cenadi, C. S. (2000). Peranan Desain Kemasan Dalam Dunia Pemasaran. Nirmana, 2(1), 92–103. https://doi.org/10.9744/nirmana.2.2.

Farid, M., & Farhah, E. (2021). Pemanfaatan Algoritma Instagram dalam Meningkatkan Promosi ODTW Budaya (Studi Kasus di @KampungbudayaPijiWetan). Cakra Wisata, 22(2), 1–8. https://jurnal.uns.ac.id/cakra-wisata/article/view/50407

Fawahan, L., & Marianingsih, I. (2021). Membangun Branding Produk UMKM Melalui Media Sosial Tiktok. Al-Kharaj : Jurnal Ekonomi, Keuangan & Bisnis Syariah, 4(2), 290–307. https://doi.org/10.47467/alkharaj.v4i2.640

Fitria, Y., Yunika, M., Rahman, I., Darmawan, F. A., & Noviarita, H. (2023). Analisis Pengaruh Pengembangan Umkm Dalam Mengetaskan Kemiskinan. Business and Enterpreneurship Journal (BEJ), 4(2), 7–13. https://doi.org/10.57084/bej.v4i2.1152

Hisnul, Setiadi, P. B., & Rahayu, S. (2022). UMKM Dimasa Pandemi COVID 19 Berdampak Pada Teknology Dan Digitalisasi Pada Pusat Oleh oleh Rahma di Desa Kendalrejo. Eqien - Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 11(1), 49–58. https://doi.org/10.34308/eqien.v11i1.693

Nasution, E. D. P. (2023). Keterkaitan UMKM dalam Mengurangi Kemiskinan. Tahta Media Group. http://tahtamedia.co.id/index.php/issj/article/view/348/346

Niode, I. Y. (2019). Sektor UMKM di Indonesia: profil, masalah dan strategi pemberdayaan. Jurnal Kajian Ekonomi Dan Bisnis OIKOS-NOMOS, 2(1), 1–10. https://repository.ung.ac.id/kategori/show/uncategorized/9446/jurnal-sektor-umkm-di-indonesia-profil-masalah-dan-strategi-pemberdayaan.html

Putra, A. H. (2016). Peran UMKM dalam Pembangunan dan Kesejahteraan Masyarakat Kabupaten Blora. Jurnal Analisa Sosiologi, 5(2), 40–52. https://doi.org/10.20961/jas.v5i2.18162

Seran, R. B., Sundari, E., & Fadhila, M. (2023). Strategi Pemasaran yang Unik: Mengoptimalkan Kreativitas dalam Menarik Perhatian Konsumen. Jurnal Mirai Management, 8(1), 206–211. https://doi.org/10.37531/mirai.v8i1.4054

Setiadi, A. (2016). Pemanfaatan Media Sosial untuk Efektivitas Komunikasi. Cakrawala - Jurnal Humaniora, 16(2), 71–82. https://doi.org/10.52738/pjk.v2i1.102

Supriyanto, A. (2021). Pertumbuhan Bisnis Online Mahasiswa Melalui Sosial Media pada Masa Pandemi Covid-19. Al-Kharaj: Journal of Islamic Economic and Business, 3(2), 15–30. https://doi.org/10.24256/kharaj.v3i2.2386

Tjahyana, L. J. (2015). Strategi Penunjang Adopsi Teknologi M-Commerce B2C di Indonesia (Lazada, Zalora dan Bhinneka). Jurnal Scriptura, 5(1), 15–22. https://doi.org/10.9744/scriptura.5.1.15-22

Downloads

Published

2024-01-22

How to Cite

Sari, A. K., & Sulhan, M. (2024). Pemanfaatan media sosial sebagai media promosi, branding pada produk UMKM olahan pisang dan olahan susu. Jurnal Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (JP2M), 4(4), 875–883. https://doi.org/10.33474/jp2m.v4i4.21185