Inovasi pembelajaran digital berbasis satu sekolah satu chanel TV dalam pendidikan anak usia dini

Authors

  • Sri Watini Universitas Panca Sakti Bekasi
  • Tika Wijayanthi Universitas Panca Sakti Bekasi
  • Mega Hendrica Universitas Panca Sakti Bekasi
  • Farah Ayu Maulidina Universitas Panca Sakti Bekasi
  • Erlina Universitas Panca Sakti Bekasi
  • Mulyana Sukarni Putri Universitas Panca Sakti Bekasi

DOI:

https://doi.org/10.33474/jp2m.v4i4.21362

Keywords:

TV sekolah, inovasi pembelajaran, PAUD

Abstract

Pola konsumsi media yang sudah beralih ke media digital saat ini, tidak membuat masyarakat di Indonesia mengesampingkan televisi sebagai media sumber informasi dan hiburan di ruang keluarga mereka. Akses rumah tangga terhadap perangkat TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi) tertinggi ada pada Televisi yakni sebesar 86,7%. Angka akses yang masih tinggi ini sayangnya tidak sejalan dengan indeks kualitas program televisi. Hasil indeks kualitas program siaran televisi untuk program acara yang diperuntukan untuk anak-anak hasilnya menunjukkan kualitas program acara anak-anak masih kurang baik. Media dan dampaknya merupakan isu yang selalu menjadi kajian bagi para peneliti dan akademisi, terutama jika audiensnya adalah anak-anak. Riset sebelumnya mengenai dampak tayangan televisi menunjukan beberapa dampak yang bersifat positif dan juga negatif. Tim Pengabdian Pada Masyarakat Universitas Pancasakti Bekasi berupaya untuk mengurangi dampak negatif tayang televisi pada anak-anak Usia Dini, maka kami memberikan penyuluhan terkait literasi media tayang televisi pada kepala sekolah, operator sekolah, dan guru yang tergabung dalam Organisasi IGTKI Kota Serang. Kegiatan PKM dilakukan kepada 50 kepala sekolah, Operator sekolah, dan guru yang tergabung dalam Organisasi IGTKI Kota Serang dengan mengadakan Kegiatan Workshop Inovasi Pembelajaran Digital Berbasis Satu Sekolah Satu Chanel TV Pada Lembaga PAUD Kota Serang dengan harapan agar guru bisa berinovasi di dalam media pembelajaran melalui TV Sekolah sebagai menanggulangi indeks negative dari kualitas program televisi.

References

Amelia, R., & Watini, S. (2022). Implementasi Panggung TV Sekolah Sebagai Media Informasi di TK Islam Rahmaniyah Kota Balikpapan. 3, 353–362. http://jurnaledukasia.org

Anggori, Y. A., & Watini, S. (2022). Implementasi Siaran TV Sekolah Sebagai Media Informasi Kegiatan Sekolah TK Inplayschool. 3, 417–426.

Elliza, E., & Watini, S. (2022). TV Sekolah Sebagai Media Meningkatkan Kreativitas Guru Di TKIT Ar-Rahman 1. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 8(3), 1747. https://doi.org/10.37905/aksara.8.3.1747-1758.2022

Ernawati, A., Sumiati, C., Buton, M., & ... (2023). Pendampingan Program Satu Sekolah Satu Channel TV dalam Implementasi Transformasi Digital pada Jenjang PAUD. BERNAS: Jurnal …, 4(3), 1935–1945. https://ejournal.unma.ac.id/index.php/bernas/article/view/5664

Harahap, E., & Watini, S. (2022). Pengaruh Penggunaan Media TV Sekolah dan Metode Belajar Contextual Teaching And Learning (CTL) Terhadap Kemampuan Kognitif Anak. Jurnal Inovasi Pendidikan MH Thamrin, 6(1), 23–55. https://doi.org/10.37012/jipmht.v6i1.799

Kasiati, K., Pertiwi, H., Hataul, S., Aljufry, L., & Watini, S. (2023). Implementasi TV Sekolah sebagai Wahana Kompetisi Kreatifitas Guru Berbasis IT di TK Kemala Bhayangkari 01 Ternate. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(3), 1597–1604. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i3.1699

Mariasi, M., & Watini, S. (2022). Implementasi Perpustakaan Digital TV Sekolah sebagai Dokumen Otentik bagi TK Insan Profesi Baubau. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(3), 817–821. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i3.491

Prihandini, P. (2022). Literasi Media Tayangan Televisi Pada Siswa Sdn Melong Mandiri V Kota Cimahi. Dharmakarya, 11(2), 147. https://doi.org/10.24198/dharmakarya.v11i2.34189

Rahayu Budiarti, T., Rubiah, S. A., Kurniawati, R., Watini, S., Panca, U., & Bekasi, S. (2022). Jurnal Scientia is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License (CC BY-NC 4.0) Application Of School TV Media in The Context Of Strengthening Early Childhood Digital Literacy In TK Al Azhar 13 Rawamangun. Jurnal Scientia, 11(2), 2022. http://infor.seaninstitute.org/index.php

Rannu, D., & Watini, S. (2022). ImplemenRannu, D., & Watini, S. (2022). Implementasi TV Sekolah untuk Pembelajaran Semi Daring di TK Tunas Harapan Nusa.tasi TV Sekolah untuk Pembelajaran Semi Daring di TK Tunas Harapan Nusa.

Ristiyana, A., Andriani, N., Junita, R., & ... (2023). Pemanfaatan TV Sekolah Sebagai Media Pembelajaran Pada Skill Grammar Siswa MTS At Taqwa 17 Bekasi. Jurnal Nasional …, 6(4), 542–548. https://ojs.serambimekkah.ac.id/jnkti/article/view/6510

Rohmawati, O., & Watini, S. (2022). Pemanfaatan TV Sekolah Sebagai Media Pembelajaran dan Pendidikan Karakter Anak Usia Dini. Jurnal Pelita PAUD, 6(2), 196–207. https://doi.org/10.33222/pelitapaud.v6i2.1708

Rosmawati, C., & Watini, S. (2023). Peran TV Sekolah sebagai Media Syiar Konten Edukasi bagi Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(1), 185–196. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i1.3692

Supriati, S., & Watini, S. (2022). Implementasi Pembelajaran Berbasis Media TV Sekolah di TK Carsa Kids. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 8(3), 1633. https://doi.org/10.37905/aksara.8.3.1633-1640.2022

Syarifah, R. U., & Watini, S. (2022). Analisis Proses Pembuatan Chanel TV Sekolah dalam Meningkatkan Inovasi Guru di RA Al-Muqoddasah. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 8(3), 2103. https://doi.org/10.37905/aksara.8.3.2103-2112.2022

Toyib, R., Yuniati, I., Sunardi, D., Wibowo, S. H., & ... (2022). Workshop Platform Teknologi Mengenai Digitalisasi Bahan Ajar Dan Pendirian Canel Tv Media Promosi Era 4.0. PKM Linggau: Jurnal …. http://jurnal.lp3mkil.or.id/index.php/pkml/article/view/310%0Ahttp://jurnal.lp3mkil.or.id/index.php/pkml/article/download/310/264

Wahyuni Sya’adah, E., Afriani, E., Cahyaningrum, S. A., Afiya, Z. N., & Watini, S. (2023). Penggunaan TV Sekolah Sebagai Media Pembelajaran di Era Modernisasi Pada PAUD Baitul Haq. Jurnal Pelita PAUD, 7(2), 483–490. https://doi.org/10.33222/pelitapaud.v7i2.3144

Watini, S. (2022). Problematika Pembelajaran Daring berbasis Teknologi Informasi pada PAUD di Masa Pandemi COVID-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6), 5564–5574. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.3161

Watini, S. (2023). Pengembangan Model Kelas Virtual TV Sekolah dalam Merefleksikan Konsep Merdeka Belajar pada Jenjang PAUD. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(4), 4975–4984. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i4.5019

Yunita, Y., & Watini, S. (2022). Membangun Literasi Digital Anak Usia Dini melalui TV Sekolah. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(7), 2603–2608. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i7.729

Downloads

Published

2024-01-17

How to Cite

Watini, S., Wijayanthi, T., Hendrica, M., Maulidina, F. A., Erlina, & Putri, M. S. (2024). Inovasi pembelajaran digital berbasis satu sekolah satu chanel TV dalam pendidikan anak usia dini. Jurnal Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (JP2M), 4(4), 853–866. https://doi.org/10.33474/jp2m.v4i4.21362