Pengembangan inovasi sekolah alam: Upaya meningkatkan literasi anak di pedesaan

Authors

  • Fery Wijayanto IPB University
  • Ai Hidayatunnajah IPB University
  • Amilia Lestari IPB University

DOI:

https://doi.org/10.33474/jp2m.v5i1.21447

Keywords:

inovasi, literasi, pendidikan, pengabdian, pedesaan

Abstract

Artikel ini bertujuan mengkaji tentang kegiatan pengabdian masyarakat melalui inovasi pendidikan sekolah berbasis alam sebagai upaya meningkatkan literasi anak di Desa Pagerwangi, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung. Kegiatan pengabdian di laksanakan didasarkan atas permasalahan sosial-ekonomi, keterbatasan akses sarana-prasarana dan persepsi masyarakat yang salah mempengaruhi tingkat literasi anak di Desa Pagerwangi terhitung masih rendah. Tujuan artikel ini untuk menjelaskan tahapan pelaksanaan pengabdian dan manfaatnya untuk meningkatkan literasi anak di pedesaan. Metode Participatory Action Research merupakan salah satu model pendekatan partisipatif untuk dilaksanakan dalam kegiatan pengabdian atau pemberdayaan masyarakat, adapun tahapan/siklus metode riset aksi yakni sosialisasi awal, pemetaan sosial, perencanaan partisipatif, pelaksanaan aksi, dan monitoring evaluasi. Pengembangan inovasi Pendidikan melalui pengembangan sekolah alam di Desa Pagerwangi, kegiatan pengabdian masyarakat berhasil meningkatkan literasi anak-anak dengan melibatkan partisipasi semua stakeholders dan merancang program holistik yang mencakup pembelajaran, pengajian rutin, dan event-event kreatif. Program pengabdian masyarakat ini tidak hanya berfokus pada peningkatan literasi saja, tetapi juga pada pemberdayaan masyarakat dan pengembangan potensi anak-anak di pedesaan. Rencana tindak lanjut kegiatan pengabdian ini adalah pengembangan kurikulum berbasis alam, pelatihan guru dan orang tua, pengukuran kemajuan secara berkala, advokasi untuk dukungan berkelanjutan, dan pembentukan jaringan kerjasama dengan pihak terkait untuk menjaga kelangsungan program.

References

Andi Ahriani, & Anita Candra Dewi. (2023). Kokoda Muslim Community Empowerment: A Social Intervention in Sorong City, West Papua. International Journal of Sustainable Applied Sciences, 1(6), 879–888. https://doi.org/10.59890/ijsas.v1i6.1118

Baum, F. (2006). Participatory action research. Journal of Epidemiology & Community Health, 60(10), 854–857. https://doi.org/10.1136/jech.2004.028662

Cheung, A. C. K. (2021). How Should Education in Rural Areas be Reformed? Science Insights Education Frontiers, 9(1), 1113–1117. https://doi.org/10.15354/sief.21.co015

Darwis, R. S. (2017). Membangun Desain Dan Model Action Research dalam Studi dan Aksi Pemberdayaan Masyarakat. KOMUNIKA: Jurnal Dakwah Dan Komunikasi, 10(1), 142–153. https://doi.org/10.24090/komunika.v10i1.869

Fridayanti, F., Sururie, R. W., Aziz, R., Uriawan, W., Zulqiah, Z., & Mardiansyah, Y. (2019). Model KKN Sisdamas UIN Sunan Gunung Djati Bandung: Tantangan dan Peluang Pelaksanaan. Al-Khidmat, 2(1), 24–28. https://doi.org/10.15575/jak.v2i1.4832

Gudiño Paredes, S. (2016). Action Research third edition. Revista Palobra, “Palabra Que Obra,” 16, 302–304. https://doi.org/10.32997/2346-2884-vol.16-num.16-2016-1444

Gunadi, H. F. F. (2021). The Influence of Dominant Local Actors in Villages Financial Management. Sodality: Journal Sosiologi Pedesaan, 8(3), 152–166.

Hidayah, H., Muchtarom, Moh., & Rejekiningsih, T. (2021). Service-learning: Learning by Doing in Community to Strengthen Students’ Social Skill. Academic Journal of Interdisciplinary Studies, 10(3), 264. https://doi.org/10.36941/ajis-2021-0082

Ibrahim, B. (2015). Kemiskinan dan Pengaruhnya Terhadap Motivasi dan Prestasi Belajar Anak-Anak di Kota Langsa. INFERENSI, 6(2), 68. https://doi.org/10.18326/infsl3.v8i1.68-92

Kabonga, I. (2019). Principles and Practice of Monitoring and Evaluation: A Paraphernalia for Effective Development. Africanus: Journal of Development Studies, 48(2). https://doi.org/10.25159/0304-615X/3086

Kolopaking, L. M., Tonny, F., & Hakim, L. (2021). Relevansi dan Jejak Pemikiran Prof. Dr. S.M.P Tjondronegoro dalam Pendidikan Sosiologi Pedesaan. Sodality: Jurnal Sosiologi Pedesaan, 09(01), 42–45. https://doi.org/https://doi.org/19.22500/9202135018

Maula, M. F., Suryana, A. A. H., Maulina, I., & Nurhayati, A. (2023). Social Mapping of the Fisheries Community in Bojongsoang, Bandung Regency. Asian Journal of Fisheries and Aquatic Research, 24(5), 10–23. https://doi.org/10.9734/ajfar/2023/v24i5643

Muljono, P., Indriana, H., Novindra, Bachtiar, Y., & Mintarti. (2022). Strategi Peningkatan Kapasitas Peternak Domba melalui Kampus Desa Tematik di Desa Neglasari, Bogor, Jawa Barat. Jurnal Penyuluhan, 18(02), 219–231. https://doi.org/10.25015/18202240148

OECD. (2019). Program for International Student Assessment.

Oh, J. M., Ha, S. S., & Jang, S. Y. (2022). Village education community to prevent corruption in school education: Focusing on the Case of Peace and Unification Education. The Korea Association for Corruption Studies, 27(2), 35–54. https://doi.org/10.52663/kcsr.2022.27.2.35

Ozanne, J. L., & Saatcioglu, B. (2008). Participatory Action Research. Journal of Consumer Research, 35(3), 423–439. https://doi.org/10.1086/586911

Raharja, E. P., Latifah, L., Amanah, M., Wijayanto, Y. I., Riskawati, R., & Pransiska, L. (2021). Community empowerment through the activation of early childhood education in Harapan Jaya Village, South Misool, Raja Ampat. Journal of Community Service and Empowerment, 3(2), 88–93. https://doi.org/10.22219/jcse.v3i2.16524

Ritzer, G. (2013). Sosiologi Ilmu Pengetahuan Berparadigma Ganda. Raja Grafindo.

Safitri, A. (2022). Analysis of Village and City in the Concept Modern Education. Indonesian Journal of Education (INJOE), 3(2), 187–197. https://doi.org/10.54443/injoe.v3i2.24

Sayuti, R. H., Taqiuddin, M., Hayati, Evendi, A., Hidayati, S. A., Asri, K. H., & Sopian, E. (2023). Socio-economic mapping for community empowerment in Mandalika special economic zone, Lombok, Indonesia. IOP Conference Series: Earth and Environmental Science, 1253(1), 012067. https://doi.org/10.1088/1755-1315/1253/1/012067

Schafer, M., & Schiller, D. (2018). Navigating Social Space. Neuron, 100(2), 476–489. https://doi.org/10.1016/j.neuron.2018.10.006

Sholeh, M., Murtono, M., & Masfuah, S. (2021). Efektivitas Pembelajaran Google Classroom Dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi Membaca Siswa. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(1), 134–140. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i1.889

Siri, R., & Chantraprayoon, O. S. (2017). Local community participatory learning with a nature interpretation system: A case study in Ban Pong, Sansai district, Chiang Mai, Thailand. Kasetsart Journal of Social Sciences, 38(2), 181–185. https://doi.org/10.1016/j.kjss.2016.04.003

Solekhah, A. M., & Mustadi, A. (2019). Student Engagement in Reading Interest to Promote Literacy in Elementary School. Proceedings of the 3rd International Conference on Current Issues in Education (ICCIE 2018). https://doi.org/10.2991/iccie-18.2019.16

Sukaris, S. (2019). Social-Mapping Sebagai Landasan Perencanaan Pemberdayaan Masyarakat Berkelanjutan. Jurnal Riset Entrepreneurship, 2(1), 52. https://doi.org/10.30587/jre.v2i1.796

Surahman, S., & Nayla, M. R. (2022). Strategi Pemberdayaan Masyarakat Desa Baturetno Bantul Melalui Pendidikan Non Formal. Jurnal Pengabdian Pendidikan Masyarakat (JPPM), 3(1), 78–86. https://doi.org/10.52060/jppm.v3i1.688

Suryaman, Qomaria, I. N., & Sari, T. P. (2023). Pemberdayaan Rumah Baca “Pelangi” sebagai Satana Meningkatkan Literasi Membaca Anak di Desa Palaan. Jurnal At-Tamkin, 6(2), 35–42.

Van der Mescht, C. (2015). ‘One day I will pick up a snake, wanting to read it’: Becoming a successful reader in a rural environment. Reading & Writing, 6(1). https://doi.org/10.4102/rw.v6i1.55

Vavilina, N. D., & Skalaban, I. A. (2015). Social mapping as a tool for public participation. Regional Research of Russia, 5(1), 66–72. https://doi.org/10.1134/S2079970515010116

Wijayanto, F. (2023). Dampak Sosial Ekonomi Program Pengembangan Pariwisata Tangga Seribu di Desa Cibiru Wetan, Kabupaten Bandung. Eastasouth Journal of Effective Community Services, 2(2), 106–117.

Zerfu, E., & Kebede, S. W. (2013). Filling the Learning Gap in Program Implementation Using Participatory Monitoring and Evaluation: Lessons from Farmer Field Schools in Zanzibar. SSRN Electronic Journal. https://doi.org/10.2139/ssrn.2245673

Downloads

Published

2024-02-21

How to Cite

Wijayanto, F., Hidayatunnajah, A., & Lestari, A. (2024). Pengembangan inovasi sekolah alam: Upaya meningkatkan literasi anak di pedesaan. Jurnal Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (JP2M), 5(1), 106–118. https://doi.org/10.33474/jp2m.v5i1.21447