Parenting berbasis hadist (PAREDIST) dalam sinergitas pendidikan moral keluarga berkelanjutan

Authors

  • Thoriq Al Anshori Universitas Islam Malang
  • Eko Setiawan Universitas Islam Malang
  • Ayu Pujiati Universitas Islam Malang

DOI:

https://doi.org/10.33474/jp2m.v5i1.21448

Keywords:

parenting, hadits, pendidikan, moral

Abstract

Parenting berbasis hadist adalah keterampilan orang tua dalam mengasuh dan mendidik anaknya berdasarkan bimbingan hadis-hadis Nabi SAW yang berkaitan dengan Pendidikan moral keluarga terutama anak. Setiap anak memiliki karakter melekat yang terealisasikan dalam perilaku dan tindakannya yang tindak tanduknya tentu dipengaruhi banyak factor termasuk factor keluarga. Pendidikan moral percaya adanya keberadaan moral absolute dan bahwa moral absolute itu perlu diajarkan kepada generasi muda agar mereka paham betul mana yang baik dan benar. Tujuan dari kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah membentuk kepribadian yang paripurna bagi setiap orang tua agar dapat mendidik anak dengan baik. Metode pelaksanaan yang dilakukan dalam kegiatan parenting berbasis hadist di Dusun Lebo Desa Madiredo Kecamatan Pujon Kabupaten Malang untuk memperoleh data awal adalah metode RRA (Rapid Rural Appraisal). Sedangkan dalam pelaksanaan program PAREDIST menggunakan metode PRA (Participatory Rural Appraisal. Materi Pelaksanaan PAREDITS tentang parenting dalam meningkatkan kualitas pendidikan keluarga. Sosialisasi parenting berbasis Hadits (Paredits) telah dilakukan dengan sangat baik. Penyampaian materi dilakukan dengan metode ceramah interaktif dan komunikatif. Pemateri mensosialisasikan materi dengan dua tahapan yaitu materi materi kekeluargaan secara umum dan mendidik anak. Dalam kurun waktu kurang lebih 3 bulan pasca diadakannya sosialisasi dan aktifnya PKK (Pojok Konseling Keluarga) yang bekerja sama dengan UNISMA jumlah KDRT yang terjadi pada anak yang semula 60% kini turun menjadi 45% serta jumlah penduduk kawin-cerai pasangan TKI yang semula 70% dapat menjadi 60%.

References

Abdurrauf, A. M. M. (1972). Faidhul Qodir Lil Munawi.pdf (II). Darul Ma’rifah. file:///C:/Users/DELL/Downloads/Faidhul Qodir Lil Munawi.pdf

Anshori, T. Al, Malang, U. I., Budiya, B., Malang, U. I., Utami, N. S., & Malang, U. I. (n.d.). Untuk Mengatasi Kejenuhan Belajar Online Di Era Pandemi Thoriq Al Anshori Bahroin Budiya Nofi Sri Utami secara verbal di kelas , namun lebih menyentuh pada ranah nurani peserta didik dimana urusan ra , beliau tidak pernah merasakan pedihnya adzab dari kaf. 17(September 2021), 106–119.

Azzahra, A. A., Shamhah, H., Kowara, N. P., & Santoso, M. B. (2022). Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Terhadap Perkembangan Mental Remaja. Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat (JPPM), 2(3), 461. https://doi.org/10.24198/jppm.v2i3.37832

Buti, M. S. R. al. (2001). Hakaza Falnad’u Ila al Islam (M. Al Farabi (ed.); Cetakan I). Muassasah ar Risalah.

Ghazali, A. (2010). Ihya’ Ulumiddin (IV). Maktabah as Syuruq Ad Dauliyah. file:///C:/Users/DELL/Downloads/Noor-Book.com إحياء علوم الدين المجلد الأول.pdf

Ghazali, A. H. M. (2014). Ayyuha al Walad (Cetakan II). Darul Minhaj. https://www.arab-books.com/books/كتاب-أيها-الولد-pdf-للكاتب-أبو-حامد-الغزا/

Ghuddah, A. (2001). Qiimatuz Zaman (Cetakan X). Makta al Mathbuat al Islamiyah. https://ia902604.us.archive.org/29/items/WAQkizmol/kizmol.pdf

Hafidz, U. bin. (2017). Taujiihat at Thullab ila ususil huda wasshowab (Cetakan I). Maktabah an Nur.

Kebritchi, M., Lipschuetz, A., & Santiague, L. (2017). Issues and Challenges for Teaching Successful Online Courses in Higher Education. Journal of Educational Technology Systems, 46(1), 4–29. https://doi.org/10.1177/0047239516661713

Lakhal, S., Khechine, H., & Mukamurera, J. (2021). Explaining persistence in online courses in higher education: a difference-in-differences analysis. In International Journal of Educational Technology in Higher Education (Vol. 18, Issue 1). Springer International Publishing. https://doi.org/10.1186/s41239-021-00251-4

Maulida, A. (2013). Konsep dan Desain Pendidikan Akhlak dalam Islamisasi Pribadi dan Masyarakat. Edukasi Islami Jurnal Pendidikan Islam, Vo. 02, 04, Juli.

Mulyana, N., Ishartono, I., & Santoso, M. B. (2019). Pengasuhan Dengan Metode Menanggapi Tindakan Anak. Share : Social Work Journal, 8(2), 178. https://doi.org/10.24198/share.v8i2.19787

Sakandari, I. A. as. (n.d.). مكتبة نور التنوير في إسقاط التدبير (A. Syaghul (ed.); Cetakan 5). Muntada suwar al azbakiyah. https://www.noor-book.com/en/book/internal_download/c77a940f8aa51be0a8e056e00ad69376/1/5c8972eb6c70983545602153e7a71b55/YWU4MjcyMGQ2NThiZWU5NTk1NjE0MTM0ZmQ3MjM1MzczOWQxNmEzNzA2MTU2ZTA1YTRjMDQyMDkxZmY2MWZlM2U4ODI2N2RiYmEyYzFiZDE0MTAxNzg1ZWYzMWM5ZWEzZDYxZmM

Widiasari, Y., & Pujiati, D. (2017). Pengasuhan Anak Usia Dini Bagi Orang Tua Pekerja. JURNAL INDRIA (Jurnal Ilmiah Pendidikan Prasekolah Dan Sekolah Awal), 2(2), 68–77. https://doi.org/10.24269/jin.v2n2.2017.pp68-77

Downloads

Published

2024-02-21

How to Cite

Anshori, T. A., Setiawan, E., & Pujiati, A. (2024). Parenting berbasis hadist (PAREDIST) dalam sinergitas pendidikan moral keluarga berkelanjutan. Jurnal Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (JP2M), 5(1), 96–105. https://doi.org/10.33474/jp2m.v5i1.21448