Lelang sebagai instrumen jual beli berkarakter khusus dan pencegahan cyber crime
DOI:
https://doi.org/10.33474/jp2m.v5i1.21458Keywords:
desa, lelang, karakter, cyber, crimeAbstract
Kegiatan Sosialisasi Lelang sebagai instrumen jual beli berkarakter khusus dan pencegahan cyber crimed di Desa Cikalahang Kabupaten Cirebon. Kegiatan ini dilatarbelakangi dengan potensi desa dimana perikanan, dan pariwisata yang berkembang sebagai sentral produk olahan ikan dan wisata kuliner ikan bakar air tawar. Pandemi Covid-19 telah berdampak pada ekonomi, menyebabkan penurunan aktivitas bisnis. Fokus pemerintah desa pada tanggung jawab sosial dapat mendorong generasi muda untuk menjadi pemilik bisnis yang bertanggung jawab dan mempromosikan produk lokal. Di era digital, strategi pemasaran dan metode komunikasi harus disesuaikan untuk memastikan pertumbuhan ekonomi dan partisipasi. Metode kegiatan pengabdian ini yakni community development yang dipadukan dengan service learning. Lelang sebagai salah satu instrumen jual beli yang berkarakter khusus yang dapat meningkatkan pendapatan dari penjualan produk dan bahaya kejahatan cyber crime dibalik penggunaan media sosial untuk memasarkan produk. Hasil pengabdian kini adalah tumbuhnya semangat warga masyarakat, pelaku usaha untuk menggunakan lelang sebagai salah satu cara memasarkan dan meningkatkan penjualan produk mereka, serta adanya sikap waspada masyarakat dalam penggunaan media sosial.
References
Alhamuddin, A., Aziz, H., Inten, D. N., & Mulyani, D. (2020). Pemberdayaan Berbasis Asset Based Community Development untuk Meningkatkan konpetensi Profesional Guru Madrasah di Era Industri 4.0. International Journal of Community Service Learning, 4(4), 321–331. https://doi.org/10.23887/ijcsl.v4i4.29109
Bakhri, S. (2022). Membangun Ekonomi Masyarakat Melalui Pengembangan IKM (Industri Kecil dan Menengah). Penerbit K-Media.
Fajarini, E. (2021). Makna Metodologi Dalam Penelitian. www.scholar.google.co.ic/maknametodelogidalampenelitian
Indriasih, I. D., Rahmatika, D. N., Fajri, A., Suwandi, S., & Mulyantini, S. (2023). Bangkitkan Semangat, Ciptakan Peluang dengan Berwirausaha di Masa Pandemi. E-Dimas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 14(3), 423–427. https://doi.org/10.26877/e-dimas.v14i3.12668
Jufri, S., Borahima, A., & Said, N. (2020). Pelaksanaan Lelang Eksekusi Hak Tanggungan Melalui Balai Lelang. Jurnal Ilmiah Dunia Hukum, 4(2), 95–107. https://doi.org/10.35973/jidh.v4i2.1379
Miranto, A., Asrofi, M., Prasetyawan, P., Utami, N. S., Buana, S. W., Ramadhan, A. K., Kartadilaga, M. Q., Naufal, Y., Apritrycia, E., & Oscar, M. R. (2023). Service Learning: Otomasi Industri Menggunakan Robot Lego Di SMK SMTI Bandar Lampung. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(6), 13588–13593. https://doi.org/10.31004/cdj.v4i6.23846
Noor, R. S., Hamzani, A. I., Widyastuti, T. V., Kristanto, K., & Fransisco. (2024). Gender Equality in Indigenous Peoples in Indonesia (Challenges and Efforts Towards the 2030 Sustainable Development Goals). Journal of Law and Sustainable Development, 12(1), e2173. https://doi.org/10.55908/sdgs.v12i1.2173
Ramli, T. S., Ramli, A. M., Budhijanto, D., Permata, R. R., Adolf, H., Damian, E., & Palar, M. R. A. (2019). Prinsip-Prinsip Cyber Law Pada Media Over the Top E-Commerce Berdasarkan Transformasi Digital di Indonesia. Jurnal Legislasi Indonesia, 16(3), 392–398.
Rohimah, A. (2019). Era Digitalisasi Media Pemasaran Online dalam Gugurnya Pasar Ritel Konvensional. KANAL: Jurnal Ilmu Komunikasi, 6(2), 91. https://doi.org/10.21070/kanal.v6i2.1931
Sanusi, A., Arif, F., & Hasyim, R. S. (2022). Perubahan Eksistensi Sungai Dan Pengaruhnya Bagi Kehidupan Sosial Ekonomi Masyarakat Kota Cirebon Pada Masa Hindia Belanda Tahun 1900-1942. Yayasan Wiyata Bestari Samastra.
Syifa, A. (2024). Adaptasi Pedagang Konvensional Terhadap Perkembangan Market Place Di Pasar Simpang Peut Kecamatan Kuala Kabupaten Nagan Raya [Doctoral dissertation]. UIN Ar-Raniry Banda Aceh.
Wijoyo, H., Ariyanto, A., & Wongso, F. (2021). Strategi Pemasaran UMKM di masa pandemi. Insan Cendekia Mandiri.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Tiyas Vika Widyastuti, Evy Indriasari, Fajar Dian Aryani, Dinar Mahardika, Erwin Aditya Pratama, Achmad Irwan Hamzani, Anis Mashdurohatun, Nuridin
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.