Lelang sebagai instrumen jual beli berkarakter khusus dan pencegahan cyber crime

Authors

  • Tiyas Vika Widyastuti Universitas Pancasakti Tegal
  • Evy Indriasari Universitas Pancasakti Tegal
  • Fajar Dian Aryani Universitas Pancasakti Tegal
  • Dinar Mahardika Universitas Pancasakti Tegal
  • Erwin Aditya Pratama Universitas Pancasakti Tegal
  • Achmad Irwan Hamzani Universitas Pancasakti Tegal
  • Anis Mashdurohatun Universitas Islam Sultan Agung
  • Nuridin Universitas Pancasakti Tegal

DOI:

https://doi.org/10.33474/jp2m.v5i1.21458

Keywords:

desa, lelang, karakter, cyber, crime

Abstract

Kegiatan Sosialisasi Lelang sebagai instrumen jual beli berkarakter khusus dan pencegahan cyber crimed di Desa Cikalahang Kabupaten Cirebon. Kegiatan ini dilatarbelakangi dengan potensi desa dimana perikanan, dan pariwisata yang berkembang sebagai sentral produk olahan ikan dan wisata kuliner ikan bakar air tawar. Pandemi Covid-19 telah berdampak pada ekonomi, menyebabkan penurunan aktivitas bisnis. Fokus pemerintah desa pada tanggung jawab sosial dapat mendorong generasi muda untuk menjadi pemilik bisnis yang bertanggung jawab dan mempromosikan produk lokal. Di era digital, strategi pemasaran dan metode komunikasi harus disesuaikan untuk memastikan pertumbuhan ekonomi dan partisipasi. Metode kegiatan pengabdian ini yakni community development yang dipadukan dengan service learning. Lelang sebagai salah satu instrumen jual beli yang berkarakter khusus yang dapat meningkatkan pendapatan dari penjualan produk dan bahaya kejahatan cyber crime dibalik penggunaan media sosial untuk memasarkan produk. Hasil pengabdian kini adalah tumbuhnya semangat warga masyarakat, pelaku usaha untuk menggunakan lelang sebagai salah satu cara memasarkan dan meningkatkan penjualan produk mereka, serta adanya sikap waspada masyarakat dalam penggunaan media sosial.

References

Alhamuddin, A., Aziz, H., Inten, D. N., & Mulyani, D. (2020). Pemberdayaan Berbasis Asset Based Community Development untuk Meningkatkan konpetensi Profesional Guru Madrasah di Era Industri 4.0. International Journal of Community Service Learning, 4(4), 321–331. https://doi.org/10.23887/ijcsl.v4i4.29109

Bakhri, S. (2022). Membangun Ekonomi Masyarakat Melalui Pengembangan IKM (Industri Kecil dan Menengah). Penerbit K-Media.

Fajarini, E. (2021). Makna Metodologi Dalam Penelitian. www.scholar.google.co.ic/maknametodelogidalampenelitian

Indriasih, I. D., Rahmatika, D. N., Fajri, A., Suwandi, S., & Mulyantini, S. (2023). Bangkitkan Semangat, Ciptakan Peluang dengan Berwirausaha di Masa Pandemi. E-Dimas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 14(3), 423–427. https://doi.org/10.26877/e-dimas.v14i3.12668

Jufri, S., Borahima, A., & Said, N. (2020). Pelaksanaan Lelang Eksekusi Hak Tanggungan Melalui Balai Lelang. Jurnal Ilmiah Dunia Hukum, 4(2), 95–107. https://doi.org/10.35973/jidh.v4i2.1379

Miranto, A., Asrofi, M., Prasetyawan, P., Utami, N. S., Buana, S. W., Ramadhan, A. K., Kartadilaga, M. Q., Naufal, Y., Apritrycia, E., & Oscar, M. R. (2023). Service Learning: Otomasi Industri Menggunakan Robot Lego Di SMK SMTI Bandar Lampung. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(6), 13588–13593. https://doi.org/10.31004/cdj.v4i6.23846

Noor, R. S., Hamzani, A. I., Widyastuti, T. V., Kristanto, K., & Fransisco. (2024). Gender Equality in Indigenous Peoples in Indonesia (Challenges and Efforts Towards the 2030 Sustainable Development Goals). Journal of Law and Sustainable Development, 12(1), e2173. https://doi.org/10.55908/sdgs.v12i1.2173

Ramli, T. S., Ramli, A. M., Budhijanto, D., Permata, R. R., Adolf, H., Damian, E., & Palar, M. R. A. (2019). Prinsip-Prinsip Cyber Law Pada Media Over the Top E-Commerce Berdasarkan Transformasi Digital di Indonesia. Jurnal Legislasi Indonesia, 16(3), 392–398.

Rohimah, A. (2019). Era Digitalisasi Media Pemasaran Online dalam Gugurnya Pasar Ritel Konvensional. KANAL: Jurnal Ilmu Komunikasi, 6(2), 91. https://doi.org/10.21070/kanal.v6i2.1931

Sanusi, A., Arif, F., & Hasyim, R. S. (2022). Perubahan Eksistensi Sungai Dan Pengaruhnya Bagi Kehidupan Sosial Ekonomi Masyarakat Kota Cirebon Pada Masa Hindia Belanda Tahun 1900-1942. Yayasan Wiyata Bestari Samastra.

Syifa, A. (2024). Adaptasi Pedagang Konvensional Terhadap Perkembangan Market Place Di Pasar Simpang Peut Kecamatan Kuala Kabupaten Nagan Raya [Doctoral dissertation]. UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

Wijoyo, H., Ariyanto, A., & Wongso, F. (2021). Strategi Pemasaran UMKM di masa pandemi. Insan Cendekia Mandiri.

Downloads

Published

2024-02-06

How to Cite

Widyastuti, T. V., Indriasari, E., Aryani, F. D., Mahardika, D., Pratama, E. A., Hamzani, A. I., Mashdurohatun, A., & Nuridin. (2024). Lelang sebagai instrumen jual beli berkarakter khusus dan pencegahan cyber crime. Jurnal Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (JP2M), 5(1), 22–29. https://doi.org/10.33474/jp2m.v5i1.21458