Peningkatan mutu pendidikan melalui program literasi, recycle, motivasi, dan parenting
DOI:
https://doi.org/10.33474/jp2m.v5i1.21475Keywords:
mutu pendidikan, literasi, recycle, parenting, motivasiAbstract
Banyak cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan mutu pendidikan di sekolah, salah satunya dengan menghadirkan program-program unggulan yang menjadi ciri khas suatu sekolah tersebut. Tidak hanya pihak internal sekolah yang dapat memberikan gagasan mengenai program peningkatan mutu sekolah namun pihak eksternal juga dapat memberikan gagasan mengenai program yang dilakukan dalam peningkatan mutu kualitas sekolah, salah satunya dengan kegiatan internship program. Artikel ini membahas tentang bagaimana mahasiswi Fakultas Agama Islam Universitas Islam Malang ikut serta dalam peningkatan mutu pendidikan di Kompleks Pendidikan Dar Al-Ma’arif Kedah Malaysia dengan membawa 4 gagasan program antara lain: Literasi, Recycle, Parenting, dan Motivasi. Metode yang digunakan dalam meningkatkan mutu pendidikan di Kompleks Pendidikan Dar Al-Ma’arif Kedah Malaysia adalah Participatory Action Research dengan kegiatan workshop, focus group discussion, konsultasi, serta terjun langsung dalam kegiatan belajar mengajar. Pada proses pelaksanaannya dilaksanakan dengan 2 tahapan yaitu tahap persiapan dan tahap perlaksanaan. Dalam pelaksanaannya melibatkan seluruh civitas akademika di Kompleks Pendidikan Dar Al-Ma’arif Kedah Malaysia. Luaran yang dihasilkan dengan adanya program ini adalah terciptanya suatu ciri khas yang melekat pada Kompleks Pendidikan Dar Al-Ma’arif Kedah Malaysia yang belum pernah ada dalam suatu system pendidikan di Malaysia sebelumnya.
References
Apipah, F. T., Nurhayati, R., Auladina Solihah, Z., Khaerunnisa, G., & Yusuf Muslihin, H. (2023). Program Parenting SOS (Sekolah Orang Tua Santri) Di TK Ihya Assunnah Tasikmalaya. PAUDIA : Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini, 12(1), 116–129. https://doi.org/10.26877/paudia
Direktorat SMA Kemdikbud. (2017, August 23). Upaya Peningkatan Mutu Pendidikan Melalui Program Kerja Sama Bidang SMA. Https://Sma.Kemdikbud.Go.Id/.
Fauziah, A. T., & Thamrin, H. (2022). Pelatihan Anak Usia Sekolah dalam Peningkatan Keterampilan Pengolahan Sampah Plastik Menjadi Barang Guna Pakai dan Hias. In J. A. I : Jurnal Abdimas Indonesia. https://dmi-journals.org/jai/
Hayudiyani, M., Saputra, B. R., Adha, M. A., & Ariyanti, N. S. (2020). Strategi kepala sekolah meningkatkan mutu pendidikan melalui program unggulan sekolah. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 8(1), 89–95. https://doi.org/10.21831/jamp.v8i1.30131
Kusuma, A. C. G. (2020, October 2). Menghilangkan Rasa Malas: Melalui Video Motivasi. Satu Persen: Indonesia Live School. https://satupersen.net/blog/menghilangkan-rasa-malas-melalui-menonton-video-motivasi
Muhtarom, A. (2018). Participation Action Research dalam Membangun Kesadaran Pendidikan Anak di Lingkungan Perkampungan Transisi Kota. DIMAS, 18(2), 259–278.
Novena, O., & Soedjiwo, A. F. (2019). Implementasi Mata Kuliah Par (Participatory Action Research) di TPQ Al-Magfiroh Denpasar Bali. Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Ekonomi, 4(2), 1–11. https://www.kompasiana.com/arygunawan/5500dfbda333117c6f5124af/pendidikan-karakter-berbasis-
Nurcahayati, S., Lestiyadi, A. P., & Dumilah, R. (2023). Meningkatkan Pemahaman Literasi Finansial pada Usia Remaja Sebagai Upaya Mencegah Gaya Hidup Konsumtif pada Batavia English Course (BEC) Cilandak. Jurnal Padma: Pengabdian Dharma Masyarakat, 3(2), 120–123.
Ramadhani, D. A., & Muhroji, M. (2022). Peran Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar pada Peserta Didik di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 4855–4861. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2960
Restu, I., Trianggoro, W., & Koeswanti, H. D. (2021). History: Evaluasi Program Gerakan Literasi Sekolah (Gelis) Di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 4(3), 355–362. https://doi.org/10.23887/jippg.v4i3
Safitri, L., & Pujiati, D. (2023). Menumbuhkan Budaya Literasi Bahasa Indonesia Melalui Metode Bernyanyi Gerak Dan Lagu Anak Usia 4-6 Tahun Di Sanggar Bimbingan Kepong Kuala Lumpur Malaysia. Efektor, 10(1), 111–110. https://doi.org/10.29407/e.v10i1.19388
Uzlah, U., & Yaswinda. (2022). Evaluasi Program Parenting di Taman Kanak-Kanak Menggunakan Model Evaluasi Context, Input, Process and Product. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 76–87. https://doi.org/10.31849/paud-lectura.v%vi%i.8510
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Indhra Musthofa, Reza Zaidatur Rizqiyyah, Annisa Aulia Putri Irawanto, Alifia Tasya Husna Wardhana, Nur Alfi Syahfitri
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.