Literasi hukum: Pencegahan kekerasan terhadap anak bagi siswa SMA menuju sekolah ramah anak
DOI:
https://doi.org/10.33474/jp2m.v5i1.21485Keywords:
kekerasan, anak, literasi, hukum, bullyingAbstract
Kekerasan anak di Indonesia adalah kekerasan yang terdiri dari segala usia, yang berbeda dalam konteks sosial, budaya, dan hukum. Kekerasan anak tercakup berbagai bentuk, seperti kekerasan fisik, kekerasan verbal, kekerasan emosional, pelecehan seksual, dan penelantaran. United Nations Convention on the Rights of the Child menegaskan hak anak untuk dilindungi dari segala bentuk kekerasan dan menekankan perlunya perlindungan khusus untuk anak-anak yang berisiko lebih tinggi. Pusat Informasi Kriminal Nasional (Pusiknas) Bareskrim Polri menghimpun data kejahatan dan kekerasan anak sepanjang Januari-Juli 2023. Pusiknas Polri, anak perempuan lebih banyak menjadi korban kekerasan dan kejahatan. UNICEF tahun 2015 menunjukkan bahwa 40% anak berusia antara 13 dan 15 tahun melaporkan pernah diserang secara fisik sekali setahun, 26% melaporkan pernah mendapat hukuman fisik dari orang tua atau pengasuh mereka di rumah, dan 50% anak melaporkan bully di sekolah. Bullying merupakan salah satu tindakan kekerasan yang dilakukan secara berulang dan melibatkan adanya kekuatan fisik antara korban dan pelaku. Perilaku bullying di Indonesia tercatat sebesar 43,7% untuk tingkat SMA dengan kategori tertinggi berupa kekerasan psikologis (pengucilan). Pentingnya literasi hukum adalah proses penyampaian pengetahuan dan pemahaman tentang sistem hukum, norma, aturan, dan prinsip hukum kepada masyarakat, bertujuan meningkatkan kesadaran hukum dan pemahaman tentang hak dan kewajiban dalam suatu masyarakat.
References
Agustin, M., Saripah, I., & Gustiana, A. D. (2018). Analisis Tipikal Kekerasan Pada Anak Dan Faktor Yang Melatarbelakanginya. JIV-Jurnal Ilmiah Visi, 13(1), 1–10. https://doi.org/10.21009/JIV.1301.1
Amalia, E., Nurbaiti, L., Affarah, W. S., & Kadriyan, H. (2019). Skrining dan Edukasi Pencegahan Bullying Pada Siswa SMA Negeri Di Kota Mataram. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 2(1). https://doi.org/10.29303/jpmpi.v1i2.245
Anggara, G. D., Asmarudin, I., & Widyastuti, T. V. (2023). Pengaturan Perlindungan Hukum bagi Anak sebagai Pelaku Tindak Pidana dalam Instrumen Hukum Internasional. Penerbit NEM.
Febriyani, Y. A., & Indrawati, E. S. (2016). Konformitas Teman Sebaya Dan Perilaku Bullying Pada Siswa Kelas XI IPS. Jurnal EMPATI, 5(1), 138–143. https://doi.org/10.14710/empati.2016.15080
Hamzani, A. I., Widyastuti, T. V., Sanusi, S., Asmarudin, I., Wildan, M., & Pratama, E. A. (2020). Peningkatan kapasitas sumber daya manusia dengan pemahaman literasi hukum. Masyarakat Berdaya Dan Inovasi, 1(2), 56–61. https://doi.org/10.33292/mayadani.v1i2.3
Indriasari, E., Widyastuti, T. V., Aryani, F. D., Mahardika, D., & Hamzani, A. I. (2023). Edukasi Hukum, Pemahaman dan Melek Hukum Bagi Siswi SMA/SMK Panti Asuhan Putri ‘Aisyiyah’ Kota Tegal. AKM: Aksi Kepada Masyarakat, 4(1), 181–190. https://doi.org/10.36908/akm.v4i1.865
Miranto, A., Asrofi, M., Prasetyawan, P., Utami, N. S., Ramadhan, A. K., Kartadilaga, M. Q., Apritrycia, E., & Oscar, M. R. (2023). Service Learning: Otomasi Industri Menggunakan Robot Lego Di SMK SMTI Bandar Lampung. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(6), 13588–13593. https://doi.org/10.31004/cdj.v4i6.23846
Munajah, M. (2022). Batas Usia Pertanggung Jawaban Pidana Anak Menurut Undang-Undang Sistem Peradilan Pidana Anak Dan Hukum Islam. Prosiding Penelitian Dosen UNISKA MAB, 1, 205–214. https://doi.org/10.31602/ppdu.v0i1.8097
Noor, R. S., Hamzani, A. I., Widyastuti, T. V., Kristanto, K., & Fransisco. (2024). Gender Equality in Indigenous Peoples in Indonesia (Challenges and Efforts Towards the 2030 Sustainable Development Goals). Journal of Law and Sustainable Development, 12(1), e2173. https://doi.org/10.55908/sdgs.v12i1.2173
Prabowo, A. I. (2023). Perancangan Persuasi Sosial Anti Kekerasan Dan Pelecehan Seksual Di Lingkungan Pendidikan Melalui Media Interaktif [Doctoral dissertation]. Universitas Komputer Indonesia.
Pusat Data Dan Informasi Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. (2015). Issue Situasi Kesehatan Anak Balita Di Indonesia.
Rahmawati, Fajarrudin, M., Janan, M. F., Shafaroh, T. W., Aryawicaksana, N., Akbar, F., Isnaini, R. N. I. D., Halimah, F., Ramalda, N., Sholekha, I., Cahyani, F. A. E., & Saputra, F. W. (2023). Social education anti bullying: Menciptakan lingkungan belajar yang aman dan nyaman. Jurnal Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (JP2M), 4(4), 826–830. https://doi.org/10.33474/jp2m.v4i4.20623
Santika, E. F. (2023, August 15). Kejahatan dan Kekerasan Anak Masih Tunggi per Juli 2023, Korban Perempuan Mendominasi. Databoks.Katadata.Co.Id. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2023/08/15/kejahatan-dan-kekerasan-anak-masih-tinggi-per-juli-2023-korban-perempuan-mendominasi
Sudewo, F. A., Abdurrachman, H., & Aryani, F. D. (2020). The application of restorative justice system through the diversion of children in conflict with laws in central java polda (Regional police of the Republic of Indonesia). International Journal of Psychosocial Rehabilitation, 24(2), 3802–3810. https://doi.org/10.37200/IJPR/V24I2/PR200701
Sutrisno, S., Zuliyawati, N., & Setyawati, R. D. (2020). Efektivitas Model Pembelajaran Problem-Based Learning dan Think Pair Share Berbantuan Geogebra Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. Journal of Medives : Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 4(1), 1–9. https://doi.org/10.31331/medivesveteran.v4i1.930
Utami, P. N. (2018). Pencegahan Kekerasan Terhadap Anak dalam Perspektif Hak Atas Rasa Aman Di Nusa Tenggara Barat. Jurnal HAM, 9(1), 1–17. https://doi.org/10.30641/ham.2018.9.1-17
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Fajar Dian Aryani, Dinar Mahardika, Erwin Aditya Pratama, Muhammad Wildan, Achmad Irwan Hamzani; Tiyas Vika Widyastuti; Sanusi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.