Literasi digital sebagai upaya mewujudkan masyarakat melek teknologi
Indonesia
DOI:
https://doi.org/10.33474/jp2m.v5i1.21507Keywords:
literasi digital, teknologi, anak-anakAbstract
Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dilaksanakan di Desa Talang Duku dikarenakan rendahnya literasi digital masyarakat desa. Literasi digital adalah keterampilan memahami konten digital, mengevaluasi kebenaran, dan menguasai penggunaan informasi secara efektif dan bertanggung jawab dalam lingkungan digital. Keterampilan literasi digital ditransformasikan sebagai landasan fundamental dalam menyikapi kemajuan teknologi dan komunikasi yang berlangsung dan semakin kompleks agar relevan dan berkontribusi di era digital saat ini. Tim pengabdian di desa Talang Duku dengan metode survei lapangan akhirnya melaksanakan beberapa kegiatan, yang pertama adalah seminar literasi digital keuangan dan bijak dalam keuangan digital. Kedua, melaksanakan pelatihan canva di sekolah MTSN dan MAN. Ketiga, pelatihan kelas desain, keempat digitalisasi pengenalan sejarah. kelima, terciptanya komunitas literasi digital di desa ini. Hasil yang dicapai dari pengabdian ini menjadikan masyarakat melek teknologi digital dan pelajar dapat menggunakan aplikasi canva dengan baik. teknologi digital jika dimanfaatkan dengan baik akan memberikan dampak positif bagi kemajuan desa.
References
Fitriyani, F., & Nugroho, A. T. (2022). Literasi Digital di Era Pembelajaran Abad 21. El-Mujtama: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), 201–208. https://doi.org/10.47467/elmujtama.v2i2.1088
Kurnia, N., Santi, D., & Astuti, I. (2017). Peta Gerakan Literasi Digital Di Indonesia: Studi Tentang Pelaku, Ragam Kegiatan, Kelompok Sasaran Dan Mitra.
Lusardi, A. (2019). Financial literacy and the need for financial education: evidence and implications. Swiss Journal of Economics and Statistics, 155(1). https://doi.org/10.1186/s41937-019-0027-5
Mardiana, R. (2017). Literasi Digital bagi Generasi Digital Natives. https://www.researchgate.net/publication/326972240
Naimatus, T., & Kannisa, A. J. (2019). Literasi Digital Sebagai Upaya Menangkal Hoaks Di Era Disrupsi (Vol. 4, Issue 1). http://ejournal.iainsurakarta.ac.id/al-balagh
Rifianita, V., Falah, R. M., Pangestu, S., & Metasari, A. (2022). Pelatihan Branding Produk Umkm Dan Digital Branding Kerupuk Kulit “Rambakku.” Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LP UMJ, 1–4. http://jurnal.umj.ac.id/index.php/semnaskat
Sulianta, F. (2020). Buku Literasi Digital, Riset dan Perkembangannya dalam Perspektif Social Studies. https://www.researchgate.net/publication/341990674
Suryono, R. R., Purwandari, B., & Budi, I. (2019). Peer to peer (P2P) lending problems and potential solutions: A systematic literature review. Procedia Computer Science, 161, 204–214. https://doi.org/10.1016/j.procs.2019.11.116
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Anny Wahyuni, Elsa Zhalfa, Muhammad Adi Saputra, Andre Mustofa Meihan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.