Stop bullying sebagai upaya pencegahan perilaku perundungan di lingkungan sekolah

Authors

  • Indriyati Institut Transportasi dan Logistik Trisakti
  • Oce Prasetya Institut Transportasi dan Logistik Trisakti
  • Lut Mafrudoh Institut Transportasi dan Logistik Trisakti
  • Adenan Institut Transportasi dan Logistik Trisakti
  • Agus Suhendra Institut Transportasi dan Logistik Trisakti

DOI:

https://doi.org/10.33474/jp2m.v5i1.21509

Keywords:

bullying, penyuluhan, perilaku, lingkungan, pencegahan

Abstract

Perundungan atau bullying adalah perilaku agresif yang merugikan individu yang menjadi korban. Fenomena ini tidak hanya menjadi isu individual, tetapi juga menciptakan dampak yang merugikan pada tingkat sosial dan psikologis, khususnya di lingkungan sekolah. Penyuluhan Stop Bullying bertujuan untuk meningkatkan kesadaran siswa tentang dampak negatif perundungan, menggunakan metode Participatory Action Research mengajak mereka untuk berperan aktif dalam mencegahnya, dan membangun lingkungan sekolah yang bebas dari perilaku tersebut. Pelaksanaan penyuluhan ini dilakukan dengan cara presentasi yang interaktif dengan siswa di ruang kelas. Melalui pemahaman yang lebih mendalam, diharapkan siswa dapat menjadi agen perubahan positif dalam mengatasi masalah perundungan di sekolah. Pendekatan holistik yang melibatkan seluruh komponen dalam lingkungan sekolah diperlukan untuk mengatasi permasalahan perundungan. Hasil dari pre test dan post test yang telah dilakukan terdapat peningkatan pemahaman siswa. Partisipasi aktif dari semua pihak terkait, diharapkan dapat diciptakan lingkungan sekolah yang aman, inklusif, dan bebas dari perilaku perundungan.

References

Fadil, K. (2023). Peran Guru Dalam Penanaman Sikap Anti Bullying Verbal Dalam Pembelajaran PKN di Sekolah Dasar. Attadrib: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 6(1), 123–133. https://doi.org/10.54069/attadrib.v6i1.411

Fauziati, E., Suharyanto, Nurcholis, I., & Santriane, A. (2021). Pelatihan dan Modelling Implementasi Sekolah Ramah Anak Bagi Guru- Guru Sekolah Menengah Atas. Selaparang : Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 5(1), 1017–1022. https://doi.org/10.31764/jpmb.v5i1.6760

Hermanto, A., Kusnanto, G., & Fadilah, N. (2021). Pengembangan Model Sistem Informasi Dalam Kolaborasi Antar Perguruan Tinggi Untuk Mendukung Program MBKM. Proceeding KONIK (Konferensi Nasional Ilmu Komputer), 5, 20–27. https://prosiding.konik.id/index.php/konik/article/view/9

Indriyani, S., Dahlan, S., & Andriyanto, R. E. (2019). Bullying Behavior Analysis of Al-Azhar 3 Senior High School Bandar Lampung Students Analisis Perilaku Bullying Siswa Sekolah Menengah Atas Al-Azhar 3 Bandar Lampung.

Indriyati, I., & Simarmata, J. (2017). Pendidikan transportasi dan logistik dalam menghadapi tantangan global. Jurnal Manajemen Bisnis Transportasi Dan Logistik, 3(3), 351–360. https://doi.org/10.54324/j.mbtl.v3i3.881

Indriyati. (2020). Service Quality Terhadap Loyalitas Pelanggan Online Melalui Kepuasan Pelanggan Pengguna Layanan Aplikasi Grab The Service Quality of Online Customer Loyalty on Grab Service Users ’ Customer Satisfaction. Jurnal Manajemen Bisnis Transportasi Dan Logistik (JMBTL), 6(3), 265–274. https://doi.org/10.54324/j.mbtl.v6i3.585

Karim, A., Aunurrahman, Halida, & Ratnawati, R. E. (2023). Implementasi Landasan Pendidikan dalam Mengoptimalkan Peran Guru dan Manajemen Sekolah dalam Mencegah Perilaku Bullying. AoEJ: Academy of Education Journal, 14(2), 1515–1534. https://doi.org/10.47200/aoej.v14i2.2130

Kusumaningrum, R. A. (2020). Pentingnya Mempertahankan Nilai Budaya 5S (Senyum, Salam, Sapa, Sopan, Santun) Dalam Pendidikan Sekolah Dasar. EDUSAINTEK: Jurnal Pendidikan Sains Dan Teknologi, 7(1), 20–28. https://doi.org/10.47668/edusaintek.v7i1.47

Rasul, F. M., Novitayani, S., Program, M., Keperawatan, S., Keperawatan, F., Syiah, U., Jiwa, B. K., Keperawatan, F., Syiah, U., & Diri, H. (2023). Hubungan Bullying dengan Harga Diri pada Remaja Sekolah Menengah Atas The Correlation Between Bullying and Self-Esteem Among Adolescents in Senior High School. Jurnal Ilmu Keperawatan, 11(1), 53–62.

Rohmah, N. N. S., Markhamah, Narimo, S., & Widyasari, C. (2023). Strategi Penguatan Profil Pelajar Pancasila Dimensi Berkebhinekaan Global Di Sekolah Dasar. Jurnal Elementaria Edukasia, 6(3), 1254–1269. https://doi.org/10.31949/jee.v6i3.6124

Sakban, A., & Kurniati, Z. (2023). Peran Guru PPKn Melalui Pembimbingan Intensif Sebagai Upaya Pencegahan Bullying di Sekolah. 11(1).

Sholeh, M. I. (2023). Implementasi Nilai-Nilai Keislaman dalam Program Anti-Bullying di Lembaga Pendidikan Islam. ALMANAR: Jurnal Fakultas Agama Islam, 1(2), 62–85. https://doi.org/10.24198/jkk.v6i1.7738

Sulisrudatin, N. (2014). Kasus Bullying Dalam Kalangan Pelajar (Suatu Tinjauan Kriminologi). Jurnal Ilmiah Hukum Dirgantara, 5(2), 57–70. https://doi.org/10.35968/jh.v5i2.109

Widyastika, A. R., & Anisah, L. (2023). Iklim sekolah dan schadenfreude dengan bullying pada remaja sekolah menengah atas school climate and schadenfreude with bullying in high school teenagers. 21, 25–36.

Downloads

Published

2024-02-25

How to Cite

Indriyati, Prasetya, O., Mafrudoh, L., Adenan, & Suhendra, A. (2024). Stop bullying sebagai upaya pencegahan perilaku perundungan di lingkungan sekolah. Jurnal Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (JP2M), 5(1), 119–125. https://doi.org/10.33474/jp2m.v5i1.21509