Optimalisasi mutu pembelajaran di Madrasah Aliyah (MA) melalui program penguatan kompetensi dan profesionalisme guru

Authors

  • Sri Rahmawati Universitas Cipta Wacana Malang
  • Sri Wahyuni Universitas Cipta Wacana Malang
  • Abd. Syakur Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Sidoarjo

DOI:

https://doi.org/10.33474/jp2m.v5i3.21656

Keywords:

mutu, pembelajaran, madrasah aliyah, kompetensi, profesionalisme, guru

Abstract

Optimalisasi mutu pembelajaran di Madrasah Aliyah (MA) Kabupaten Probolinggo melalui program pelatihan penguatan kompetensi dan profesionalisme guru merupakan hasil konkret dari kontribusi dan partisipasi aktif dosen Universitas Cipta Wacana dalam menerapkan prinsip ketiga dari Tridharma Perguruan Tinggi. Tujuan dari pelatihan ini adalah untuk meningkatkan pemahaman dan pengetahuan para guru terkait dengan karakteristik guru pada Abad ke-21, pembangunan profesionalisme guru, pengembangan keterampilan pengajaran yang efektif, serta optimalisasi pemanfaatan teknologi dalam proses pembelajaran. Lebih lanjut, program pelatihan ini menekankan pentingnya kolaborasi antar guru dan pengembangan diri yang berkelanjutan. Partisipan kegiatan ini terdiri dari 20 guru yang berasal dari Madrasah Aliyah (MA) Miftahul Hasanah Gondosuli, Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur. Implementasi dari kegiatan ini mencakup penerapan metode ceramah, diskusi, sesi tanya jawab, dan pendampingan. Selain itu, teknik evaluasi penilaian digunakan selama proses kegiatan untuk mendorong refleksi, responsivitas terhadap kebutuhan peserta, memberikan umpan balik, dan mempertimbangkan pandangan mereka. Sebagai penutup, setelah materi disampaikan, peserta diminta memberikan tanggapan mereka. Survei menunjukkan bahwa Program Pelatihan Guru telah berhasil mencapai tujuannya. sebanyak 80% sangat setuju atau setuju bahwa program ini efektif dan bermanfaat. Materi pelatihan terorganisir dengan baik dan mudah diikuti, dengan mayoritas responden sebanyak 60% sangat setuju atau setuju. Pelatihan juga berhasil mendorong kreativitas guru dalam pengembangan media pembelajaran, dengan responden sebanyak 90% setuju atau sangat setuju. Materi tentang karakteristik guru di abad 21 juga berhasil meningkatkan profesionalisme guru, dengan mayoritas responden sebanyak 70% sangat setuju atau setuju. Secara keseluruhan, pelatihan ini berhasil meningkatkan keterampilan, pengetahuan, dan profesionalisme guru, serta memberikan kontribusi positif terhadap kualitas pembelajaran di kelas.

References

Ananda, R., Mulyani, S., Sagita, H., & Mubarok, H. M. Al. (2023). Government Problems and Solution to Improve the Quality and Equity of Education in Indonesia. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 7(1), 902–909. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v7i1.5718

Koberstein-Schwarz, M., & Meisert, A. (2022). Pedagogical content knowledge in material-based lesson planning of preservice biology teachers. Teaching and Teacher Education, 116, 103745. https://doi.org/10.1016/j.tate.2022.103745

Kuning, D. (2018). Character Education for Indonsesia in Globalization Era. Edukasi Lingua Sastra, 16(1), 119–126. https://doi.org/10.47637/elsa.v16i1.83

Loughran, J. (2019). Pedagogical reasoning: the foundation of the professional knowledge of teaching. Teachers and Teaching, 25(5), 523–535. https://doi.org/10.1080/13540602.2019.1633294

Mayer, D., Mitchell, J., Macdonald, D., & Bell, R. (2005). Professional standards for teachers: a case study of professional learning. Asia-Pacific Journal of Teacher Education, 33(2), 159–179. https://doi.org/10.1080/13598660500121977

Murkatik, K., Harapan, E., & Wardiah, D. (2020). The Influence of Professional and Pedagogic Competence on Teacher’s Performance. Journal of Social Work and Science Education, 1(1), 58–69. https://doi.org/10.52690/jswse.v1i1.10

Şen, M., Demirdöğen, B., & Öztekin, C. (2022). Interactions among Topic-Specific Pedagogical Content Knowledge Components for Science Teachers: The Impact of Content Knowledge. Journal of Science Teacher Education, 33(8), 860–887. https://doi.org/10.1080/1046560X.2021.2012630

Suharno, Pambudi, N. A., & Harjanto, B. (2020). Vocational education in Indonesia: History, development, opportunities, and challenges. Children and Youth Services Review, 115, 105092. https://doi.org/10.1016/j.childyouth.2020.105092

Utami, Y. P., & Suswanto, B. (2022). The Educational Curriculum Reform in Indonesia: Supporting “Independent Learning Independent Campus (MBKM).” SHS Web of Conferences, 149(1), 01041. https://doi.org/10.1051/shsconf/202214901041

Wajdi, M. B. N., Ubaidillah, M. B., Mulyani, S., Anwar, K., Istiqomah, L., Rahmawati, F., Hikmawati, S. A., Ningsih, D. R., & Rizal, H. S. (2020). Pendampingan Redesign Pembelajaran Masa Pandemi Covid-19 bagi Tenaga Pendidik di Lembaga Pendidikan berbasis Pesantren di Jawa Timur. Engagement: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 266–277. https://doi.org/10.29062/engagement.v4i1.193

Downloads

Published

2024-06-26

How to Cite

Rahmawati, S., Wahyuni, S., & Syakur, A. (2024). Optimalisasi mutu pembelajaran di Madrasah Aliyah (MA) melalui program penguatan kompetensi dan profesionalisme guru. Jurnal Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (JP2M), 5(3), 458–467. https://doi.org/10.33474/jp2m.v5i3.21656