Membangun mindset bisnis halal melalui kesadaran halal untuk UMKM sektor kuliner

Authors

  • Elfira Maya Adiba Universitas Trunojoyo Madura
  • Faizal Amir Universitas Trunojoyo Madura

DOI:

https://doi.org/10.33474/jp2m.v5i3.21881

Keywords:

kesadaran halal, UMKM, sertifikasi halal

Abstract

Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) menghadapi permasalahan dalam bisnisnya, salah satunya adalah masalah pertumbuhan laba. Salah satu solusi dari permasalahan tersebut yaitu dengan membuat produk UMKM lebih berdaya saing dengan membuat mindset berbisnis halal yang melalui sertifikasi halal. Bisnis dalam Islam tidak hanya mencari keuntungan semata namun perlu mengikuti petunjuk Islam untuk mencapai keberkahan. Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran halal pelaku usaha agar semakin berminat melakukan sertifikasi halal yang dapat dimanfaatkan untuk menjadi keunggulan kompetitif dalam berbisnis. Metode yang digunakan menggunakan pendekatan participatory action research (PAR) yang meliputi ceramah, diskusi, dan pendampingan UMKM kuliner di Desa Majungan. Penduduk setempat mayoritas adalah petani dan nelayan, sehingga jumlah UMKM kuliner yang berhasil dikumpulkan juga terbatas yaitu sebanyak 5 UMKM. Hasil dari uji beda literasi halal didapatkan bahwa tidak ada perbedaan literasi halal sebelum dan sesudah dilaksanakan kegiatan transfer keilmuan. Hasil dari analisis deskriptif kesadaran halal pelaku usaha ada pada kategori sangat baik. Hasil dari kegiatan pendampingan ini juga didapatkan tiga UMKM yang mendaftarkan sertifikasi halal. Kegiatan selanjutnya yaitu perlu adanya pendampingan strategi pemasaran berbasis digital untuk mengikuti tren pasar serta perluasan area pengabdian masyarakat untuk mengajak UMKM di Madura untuk mendaftarkan produknya sertifikasi halal sehingga produk UMKM memiliki daya saing dan keunggulan kompetitif.

References

Adiyanto, M. R., & Amaniyah, E. (2023). Tingkat Kesadaran Sertifikat Halal Pelaku UMK di Pulau Madura. AKSES: Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 18(2), 94–101. https://doi.org/10.31942/akses.v18i2.10123

Akim, A., Konety, N., Purnama, C., & Adilla, M. H. (2019). Pemahaman Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah (Umkm) Di Jatinangor Terhadap Kewajiban Sertifikasi Halal Pada Produk Makanan. Kumawula: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 31. https://doi.org/10.24198/kumawula.v1i1.19258

Antara, P. M., Musa, R., & Hassan, F. (2016). Bridging Islamic Financial Literacy and Halal Literacy: The Way Forward in Halal Ecosystem. Procedia Economics and Finance, 37(16), 196–202. https://doi.org/10.1016/S2212-5671(16)30113-7

Astuti, A. R. T., & Rukiah, R. (2019). Bisnis Halal dalam Perspektif Etika Islam: Kajian Teoritis. Al Maárief: Jurnal Pendidikan Sosial, 1(2), 97–106. https://doi.org/10.35905/almaarief.v1i2.1139

Badan Pusat Statistik Jawa Timur. (2024). Persentase Penduduk Miskin Menurut Kabupaten/Kota di Jawa Timur (Persen), 2021-2023. 2023.

Bashir, A. M. (2019). Effect of halal awareness, halal logo and attitude on foreign consumers’ purchase intention. British Food Journal, 121(9), 1998–2015. https://doi.org/10.1108/BFJ-01-2019-0011

Esya, L., Y, E. A., & Parinduri, A. Z. (2021). Pelatihan Memulai Usaha Berdasarkan Prinsip Ekonomi Syariah. PROGRESIF: Jurnal Pengabdian Komunitas Pendidikan, 1(2), 87–95. https://doi.org/10.36406/progresif.v1i2.447

Imaningsih, E. S., & Sihite, J. (2022). Adopsi Sertifikasi Halal Untuk Meningkatkan Kinerja UMKM di Jakarta. Akuntansi Dan Humaniora: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(3), 145–149. https://doi.org/10.38142/ahjpm.v1i3.362

Koewinarno, F., Atieqoh, S., Abidin, Z., M., F., Hidayati, U., Mulyono, A., Rosidi, A., & Nofandi, R. A. (2021). Survie Sadar Halal Generasi Muslim Milenial (F. Fauziah (ed.)). Litbangdiklat Press.

Moerad, S. K., Wulandari, S. P., Chamid, M. S., Savitri, E. D., Rai, N. G., & Susilowati, E. (2023). Sosialisasi Serta Pendampingan Sertifikasi Halal UMKM di Kabupaten Sidoarjo. Sewagati, 7(1), 11–25. https://doi.org/10.12962/j26139960.v7i1.118

Rahmah, S. (2020). Prinsip-prinsip Dasar Ekonomi Islam dalam Bisnis. Ar-Ribh: Jurnal Ekonomi Islam, 3(2), 164–177. https://doi.org/10.26618/jei.v3i2.4253

Ramadhan, F. M. (2019). Rencana Skema Sertifikasi Halal dan Jumlah Label Halal.

Wahyuni, S., Astuti, D., & Bakhri, B. S. (2020). Pengaruh label Halal terhadap produk makanan. BILAL: Jurnal Bisnis Ekonomi Halal, 1(2), 43–47. https://doi.org/10.51510/bilal.v1i2.205

Downloads

Published

2024-07-01

How to Cite

Adiba, E. M., & Amir, F. (2024). Membangun mindset bisnis halal melalui kesadaran halal untuk UMKM sektor kuliner. Jurnal Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (JP2M), 5(3), 489–499. https://doi.org/10.33474/jp2m.v5i3.21881