Inovasi TELESIS dalam mendorong gerakan literasi masyarakat melalui pendekatan digital

Authors

  • Sri Maryuni Universitas Tanjungpura
  • Pardi Universitas Tanjungpura
  • Deni Darmawan Universitas Tanjungpura
  • Eka Apriyani Universitas Tanjungpura

DOI:

https://doi.org/10.33474/jp2m.v5i3.21976

Keywords:

inovasi, TELESIS, gerakan literasi masyarakat

Abstract

Kegiatan pengabdian ini berjudul Inovasi TELESIS dalam Mendorong Gerakan Literasi Masyarakat Melalui Pendekatan Digital. Salah satu tujuan utama dari kegiatan ini adalah memberikan kontribusi positif dalam bentuk bimbingan teknis untuk meningkat kapasitas/pengembangan sumber daya manusia dan efisiensi operasional Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Kubu Raya. Implementasi dari Inovasi TELESIS Gerakan Literasi Masyarakat oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Kubu Raya menggunakan metode Participatory Action Research (PAR) yang berorientasi pada pemberdayaan masyarakat, memenuhi kebutuhan dan penyelesaian masalah yang ada di tengah masyarakat. Selain itu, inovasi TELESIS yang dijalankan meliputi pelatihan teknis penggunaan platform digital, seperti Google Sites, Google Drive, dan Paperpile, serta melibatkan partisipasi aktif masyarakat dalam merancang dan mengevaluasi program literasi. Rencana tindak lanjut yang akan dilakukan mencakup penguatan monitoring dan evaluasi program secara berkelanjutan, serta kolaborasi lebih dalam dengan stakeholder untuk memperluas jangkauan program. Manfaatnya bagi masyarakat antara lain peningkatan pemahaman dan keterampilan dalam teknologi informasi, meningkatkan akses informasi, serta memperluas pengetahuan dan keterampilan literasi digital di kalangan peserta.

References

Arianto, B. (2022). Peran Media Sosial Dalam Penguatan Komunikasi Bisnis Kewargaan di Era Ekonomi Digital. Jurnal Ekonomi Perjuangan, 4(2), 132–146. https://doi.org/10.36423/jumper.v4i2.1148

Asmara, Y., & Nindianti, D. S. (2019). Urgensi Manajemen Kelas Untuk Mencapai Tujuan Pembelajaran. SINDANG: Jurnal Pendidikan Sejarah Dan Kajian Sejarah, 1(1), 12–24. https://doi.org/10.31540/sdg.v1i1.192

Budi Setyanta, Y. (2020). Literasi Sekolah: Tantangan Dan Strategi Pelaksanaan. Jurnal Guru Dikmen Dan Diksus, 2(2), 105–118. https://doi.org/10.47239/jgdd.v1i2.30

Febrian, W. D., Maq, M. M., Sa’diyah, Rijal, S., & Eka Selvi Handayani. (2023). Pengenalan Teknis Penulisan Artikel Ilmiah dan Bimbingan Teknis Penerbitan Artikel pada Jurnal Sinta bagi Guru-Guru Madrasah di Pinggiran Kota. Journal of Human And Education, 3(2), 165–171. https://doi.org/10.31004/jh.v3i2.184

Firmansyah, A., Arham, A., & M. Elvin Nor, A. (2019). Edukasi Akuntansi dan Bimbingan Teknis Penyusunan Laporan Keuangan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah. Wikrama Parahita : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2), 57–63. https://doi.org/10.30656/jpmwp.v3i2.1766

Fitriani, Y., & Aziz., I. A. (2019). Literasi Era Revolusi Industri 4 . 0. SENASBASA (Seminar Nasional Bahasa Dan Sastra), 3(1), 100–104.

Kartika, D. F., & Oktariyanda, T. A. (2022). Inovasi Pelayanan Publik Melalui Aplikasi Poedak (Pelayanan Online Pendaftaran Adminisitrasi Kependudukan) Di Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kabupaten Gresik. Publika, 10(1), 245–260. https://doi.org/10.26740/publika.v10n1.p245-260

Munib, A. (2017). Penilaian Pembelajaran Bahasa Arab. In Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta (Issue May). Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan.

Nefianthi, R., Adawiyah, R., Hidayah, Y., & Mukti, B. H. (2024). Pelatihan Pembelajaran KNoS-KGS Berbasis “6 Literasi Dasar” Keterampilan Abad 21 pada Guru Guru SMAN Anjir Pasar. Bakti Banua : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(1), 1–9. https://doi.org/10.35130/bbjm.v5i1.526

Rahmat, A., & Mirnawati, M. (2020). Model Participation Action Research Dalam Pemberdayaan Masyarakat. AKSARA: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 6(1), 62–71. https://doi.org/10.37905/aksara.6.1.62-71.2020

Siregar, R. Y., Lubis, L. A., & Nurbani. (2021). Strategi Komunikasi Dosen Digital Immigrant Dalam Proses Mengajar Daring Immigrant Digital Lecturer Communication Strategy In Online Teaching. ETTISAL : Journal of Communication, 6(2), 10–11. https://doi.org/10.21111/ejoc.v6i2.6872

Soe, R. (2024). Tinjauan Kritis terhadap Hakekat Teori Pengetahuan dan Kebenaran dalam Konteks Pendidikan Islam : Suatu Analisis Komprehensif Critical Review of the Nature of the Theory of Knowledge and Truth in the Context of Islamic Education : A Comprehensive Analysis. Iqra: Jurnal Ilmu Kependidikan Dan …, 19(1), 9–18. https://doi.org/10.56338/iqra.v19i1.4772

Taufiq, A., Anam, S., Hasbullah, H., Efendi, J., & Amar, S. S. (2023). Pelatihan Kewirausahaan untuk Peningkatan Pendapatan Kelompok Perempuan Usaha Mikro di Desa Larangan Luar Kabupaten Pamekasan. Jurnal Literasi Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 2(2), 107–116. https://doi.org/10.61813/jlppm.v2i2.46

Downloads

Published

2024-06-21

How to Cite

Maryuni, S., Pardi, Darmawan, D., & Apriyani, E. (2024). Inovasi TELESIS dalam mendorong gerakan literasi masyarakat melalui pendekatan digital. Jurnal Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (JP2M), 5(3), 424–437. https://doi.org/10.33474/jp2m.v5i3.21976