Model pembelajaran bagi guru pendidikan agama Katolik

Authors

  • Paulina Maria Ekasari Wahyuningrum STIPAS Tahasak Danum Pambelum
  • Agnes Angi Dian Winei STIPAS Tahasak Danum Pambelum
  • Emelianus Sember Sawo STIPAS Tahasak Danum Pambelum
  • Stela Aprilia STIPAS Tahasak Danum Pambelum

DOI:

https://doi.org/10.33474/jp2m.v5i3.21999

Keywords:

discovery, problem, project, pembelajaran

Abstract

Salah   satu   tuntutan   pembelajaran   Abad   21   adalah   guru   dapat menerapkan   berbagai   model   pembelajaran   yang   bertujuan   untuk mempersiapkan siswa dengan berbagai keterampilan dan pengetahuan yang   relevan   dengan   tuntutan   zaman   modern. Kesiapan dimulai dari kesiapan guru dalam mengetahui, memahami dan menerapkan model pembelajaran abad 21. Pelatihan ini memberikan gambaran dasar tentang kemampuan guru dalam mengetahui, memahami dan menerapkan model Discovery Learning, Problem Based Learning Dan Project Based Learning. Kegiatan pelatihan dilaksanakan kepada 40 guru Pendidikan Agama Katolik yang ada di Kabupaten Barito Timur. Teknik penyampaian menggunakan metode ceramah, diskusi kelompok dan presentasi. Evaluasi kegiatan menggunakan teknik pre test dan post test. Setelah pelatihan diberikan menunjukkan bahwa adanya peningkatan pengetahuan guru pendidikan agama Katolik tentang model pembelajaran. Hasil pos test secara umum menunjukkan peningkatan dari 57% menjadi 82%, discovery learning dari 54% menjadi 79%, problem based learning dari 60% menjadi 89%, dan project based learning dari 56% menjadi 87%. Artinya pelatihan yang dilakukan berhasil meningkatkan pengetahuan dan pemahaman peserta tentang model pembelajaran discovery learning, problem based learning, dan project based learning. Dengan demikian, pelatihan ini memberikan kontribusi yang positif dalam meningkatkan kompetensi guru dalam memahami dan menerapkan model pembelajaran yang inovatif, yang pada gilirannya akan berdampak positif pada kualitas pembelajaran di sekolah-sekolah.

References

Anggraini, P. D., & Wulandari, S. S. (2020). Analisis Penggunaan Model Pembelajaran Project Based Learning Dalam Peningkatan Keaktifan Siswa. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 9(2), 292–299. https://doi.org/10.26740/jpap.v9n2.p292-299

Arikunto, S. (2021). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik (Edisi Revi). PT Rineka Cipta.

Dewi, D. T. (2021). Penerapan Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. ACTION : Jurnal Inovasi Penelitian Tindakan Kelas Dan Sekolah, 1(2), 149–157. https://doi.org/10.51878/action.v1i2.637

Haerullah, A., & Hasan, S. (2017). Model dan Pendekatan Pembelajaran Inovatif. Lintas Nalar.

Hotimah, H. (2020). Penerapan Metode Pembelajaran Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Kemampuan Bercerita Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Edukasi, 7(3), 5. https://doi.org/10.19184/jukasi.v7i3.21599

Miarso, Y. (2007). Menyemai Benih Teknologi Pendidikan. Kencana.

Mite, A. D., Eveline, S., & Robinson, S. (2021). Catholic Religious Learning with the Project Based Learning (PjBL) Approach: Validity and Feasibility. Journal of Education Research and Evaluation, 5(2), 185. https://doi.org/10.23887/jere.v5i2.32300

Rahmadani. (2019). Metode Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learnig (Pbl). Lantanida Journal, 7(1), 75. https://doi.org/10.22373/lj.v7i1.4440

Rohayati, T., Mardjohan, & Dwiyanti, W. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Dalam Upaya Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis (Penelitian Kuasi Eksperimen pada Siswa SMP Negeri 1 Sukasari Kelas VII Tahun Pelajaran 2021/2022). PI-MATH: Pendidikan Matematika Sebelas April, 1(2), 84–95.

Rusman. (2018). Model-Model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Rajawali Press.

Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Pendidikan, Pendekatan kuantitatif, kualitatif, R&D (Cetakan ke). Alfabeta.

Widari, N. A. (2023). Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Partisipasi Aktif Peserta Didik Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. 1–12. https://doi.org/10.31219/osf.io/yr8mp

Yulianti, E., & Gunawan, I. (2019). Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL): Efeknya Terhadap Pemahaman Konsep dan Berpikir Kritis. Indonesian Journal of Science and Mathematics Education, 2(3), 399–408. https://doi.org/10.11606/issn.2176-7262.v47i3p301-307

Downloads

Published

2024-06-25

How to Cite

Wahyuningrum, P. M. E., Winei, A. A. D., Sawo, E. S., & Aprilia, S. (2024). Model pembelajaran bagi guru pendidikan agama Katolik. Jurnal Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (JP2M), 5(3), 448–457. https://doi.org/10.33474/jp2m.v5i3.21999