Pemanfaatan e-katalog berbasis digital marketing pada budidaya tambak

Authors

  • Ika Putri Maharani Universitas PGRI Delta
  • Lailatul Mufarrokha Universitas PGRI Delta
  • Rah Tri Suryaningsih Universitas PGRI Delta
  • Yolanda Mufida Hanum Universitas PGRI Delta
  • Yudy Prasetyo Universitas PGRI Delta
  • Eni Nurhayati Universitas PGRI Delta

DOI:

https://doi.org/10.33474/jp2m.v5i3.22029

Keywords:

e-katalog, budidaya tambak, website ecwid

Abstract

Peningkatan signifikan dalam penjualan produk dapat dikaitkan dengan strategi pemasaran berbasis digital marketing. Oleh karena itu diperlukan sosialisasi bagi masyarakat yang tidak mengikuti perkembangan teknologi di bidang digital marketing. Kegiatan sosialisasi ditujukan kepada tiga pemilik budidaya tambak di Desa Permisan, Kecamatan Jabon, Kabupaten Sidoarjo. Tujuan sosialisasi dilakukan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan pemilik budidaya tambak dalam bidang digital marketing melalui E-katalog melalui website Ecwid berkaitan dengan produk hasil budidaya tambak. Hasil budidaya tambak diantaranya adalah ikan mujair, ikan bandeng dan udang windu yang menjadi komoditas utama budidaya tambak di Desa Permisan. Metode yang digunakan pada kegiatan artikel ini adalah asset based comunity development (ABCD) yaitu pendekatan, perencanaan program, dan implementasi program. Hasil pengabdian masyarakat ini dapat membantu pemilik budidaya tambak dalam meningkatkan dan memperluas jangkauan pemasaran ke berbagai daerah. Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan E-katalog melalui website Ecwid merupakan strategi digital marketing yang efektif dan efisien. Hasil sosialisasi menunjukkan peningkatan penjualan produk budidaya tambak yaitu Abdul Qodir (33%), Samsul Arif (25%), dan Mislan (34%).

References

Aditya, R., & Rusdianto, R. Y. (2023). Penerapan Digital Marketing Sebagai Strategi Pemasaran UMKM. Jurnal Pelayanan Dan Pengabdian Masyarakat Indonesia, 2(2), 1–11. https://doi.org/10.31961/impact.v2i2.844

Alfandi, M., Ribie, M. F., Fitria, M. L., Wahyuni, M. T., Zunaidi, A., Zakaria, M. A., & Hidayah, I. (2023). Pemanfaatan Canva Sebagai E-Katalog Dalam Meningkatkan Visibilitas Dan Kehadiran Toko Zaidan di Dunia Digital. Welfare : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(3), 567–573. https://doi.org/10.30762/welfare.v1i3.725

Asri, D. P. B. (2018). Pengembangan Industri Kreatif UMKM Asal Yogyakarta melalui Pendaftaran “Jogja Co-Branding. Kosmik Hukum Jurnal, 18(2), 1–11. https://doi.org/10.30595/kosmikhukum.v18i2.3448

Diani, F., & Lubis, F. A. (2022). Analisis Implementasi E-Katalog Terhadap Perkembangan UMKM di Kota Medan dalam mendukung Kemajuan Ekonomi Syariah. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 8(2), 1–10. https://doi.org/10.29040/jiei.v8i2.5794

Esteban, A. P. (2023). Web engineering and e-commerce: Bridging technology and business in the Philippines. Nueva Ecija University of Science and Technology.

Malik, A., Prawitosari, T., & Faridah, S. N. (2018). Perubahan Lahan Tambak di Kecamatan Biringkanaya Kota Makassar Menggunakan Citra Satelit Resolusi Menengah Tahun 2010 dan 2016. Jurnal AgriTechno, 11(1), 49–58. https://doi.org/10.20956/at.v11i1.87

Nasyaa, S. R., & Nurhayati, N. (2022). Pengaruh Kebijakan E-Katalog dan Pemko Medan Terhadap Kesejahteraan. JIKEM: Jurnal Ilmu Komputer, Ekonomi Dan Manajemen, 2(1), 313–316.

Pelipa, E. D., & Marganingsih, A. (2020). Pelatihan E-Commerce untuk Usaha Mikro Kecil Menengah di Kota Sintang. Jurnal Pengabdian Masyarakat Khatulistiwa, 3(2), 94–105. https://doi.org/10.31932/jpmk.v3i2.900

Ristuningarum, C. P. (2019). Analisis Sistem Pengupahan Pandego Tambak (Studi Pada Tambak Desa Penatarsewu Kecamatan Tanggulangin, Kabupaten Sidoarjo). Universitas Brawijaya.

Sulastri, D., Delawati, K., & Hidayaty, D. E. (2023). Strategi Pada UMKM Snack Bu Iyam. Marketgram Journal, 1(2), 114–121. https://e-journal.naureendigition.com/index.php/mj/article/view/548

Downloads

Published

2024-06-28

How to Cite

Maharani, I. P., Mufarrokha, L., Suryaningsih, R. T., Hanum, Y. M., Prasetyo, Y., & Nurhayati, E. (2024). Pemanfaatan e-katalog berbasis digital marketing pada budidaya tambak. Jurnal Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (JP2M), 5(3), 478–488. https://doi.org/10.33474/jp2m.v5i3.22029