Pemanfaatan e-katalog berbasis digital marketing pada budidaya tambak
DOI:
https://doi.org/10.33474/jp2m.v5i3.22029Keywords:
e-katalog, budidaya tambak, website ecwidAbstract
Peningkatan signifikan dalam penjualan produk dapat dikaitkan dengan strategi pemasaran berbasis digital marketing. Oleh karena itu diperlukan sosialisasi bagi masyarakat yang tidak mengikuti perkembangan teknologi di bidang digital marketing. Kegiatan sosialisasi ditujukan kepada tiga pemilik budidaya tambak di Desa Permisan, Kecamatan Jabon, Kabupaten Sidoarjo. Tujuan sosialisasi dilakukan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan pemilik budidaya tambak dalam bidang digital marketing melalui E-katalog melalui website Ecwid berkaitan dengan produk hasil budidaya tambak. Hasil budidaya tambak diantaranya adalah ikan mujair, ikan bandeng dan udang windu yang menjadi komoditas utama budidaya tambak di Desa Permisan. Metode yang digunakan pada kegiatan artikel ini adalah asset based comunity development (ABCD) yaitu pendekatan, perencanaan program, dan implementasi program. Hasil pengabdian masyarakat ini dapat membantu pemilik budidaya tambak dalam meningkatkan dan memperluas jangkauan pemasaran ke berbagai daerah. Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan E-katalog melalui website Ecwid merupakan strategi digital marketing yang efektif dan efisien. Hasil sosialisasi menunjukkan peningkatan penjualan produk budidaya tambak yaitu Abdul Qodir (33%), Samsul Arif (25%), dan Mislan (34%).
References
Aditya, R., & Rusdianto, R. Y. (2023). Penerapan Digital Marketing Sebagai Strategi Pemasaran UMKM. Jurnal Pelayanan Dan Pengabdian Masyarakat Indonesia, 2(2), 1–11. https://doi.org/10.31961/impact.v2i2.844
Alfandi, M., Ribie, M. F., Fitria, M. L., Wahyuni, M. T., Zunaidi, A., Zakaria, M. A., & Hidayah, I. (2023). Pemanfaatan Canva Sebagai E-Katalog Dalam Meningkatkan Visibilitas Dan Kehadiran Toko Zaidan di Dunia Digital. Welfare : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(3), 567–573. https://doi.org/10.30762/welfare.v1i3.725
Asri, D. P. B. (2018). Pengembangan Industri Kreatif UMKM Asal Yogyakarta melalui Pendaftaran “Jogja Co-Branding. Kosmik Hukum Jurnal, 18(2), 1–11. https://doi.org/10.30595/kosmikhukum.v18i2.3448
Diani, F., & Lubis, F. A. (2022). Analisis Implementasi E-Katalog Terhadap Perkembangan UMKM di Kota Medan dalam mendukung Kemajuan Ekonomi Syariah. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 8(2), 1–10. https://doi.org/10.29040/jiei.v8i2.5794
Esteban, A. P. (2023). Web engineering and e-commerce: Bridging technology and business in the Philippines. Nueva Ecija University of Science and Technology.
Malik, A., Prawitosari, T., & Faridah, S. N. (2018). Perubahan Lahan Tambak di Kecamatan Biringkanaya Kota Makassar Menggunakan Citra Satelit Resolusi Menengah Tahun 2010 dan 2016. Jurnal AgriTechno, 11(1), 49–58. https://doi.org/10.20956/at.v11i1.87
Nasyaa, S. R., & Nurhayati, N. (2022). Pengaruh Kebijakan E-Katalog dan Pemko Medan Terhadap Kesejahteraan. JIKEM: Jurnal Ilmu Komputer, Ekonomi Dan Manajemen, 2(1), 313–316.
Pelipa, E. D., & Marganingsih, A. (2020). Pelatihan E-Commerce untuk Usaha Mikro Kecil Menengah di Kota Sintang. Jurnal Pengabdian Masyarakat Khatulistiwa, 3(2), 94–105. https://doi.org/10.31932/jpmk.v3i2.900
Ristuningarum, C. P. (2019). Analisis Sistem Pengupahan Pandego Tambak (Studi Pada Tambak Desa Penatarsewu Kecamatan Tanggulangin, Kabupaten Sidoarjo). Universitas Brawijaya.
Sulastri, D., Delawati, K., & Hidayaty, D. E. (2023). Strategi Pada UMKM Snack Bu Iyam. Marketgram Journal, 1(2), 114–121. https://e-journal.naureendigition.com/index.php/mj/article/view/548
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Ika Putri Maharani, Lailatul Mufarrokha, Rah Tri Suryaningsih, Yolanda Mufida Hanum, Yudy Prasetyo, Eni Nurhayati
![Creative Commons License](http://i.creativecommons.org/l/by-sa/4.0/88x31.png)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.