Peningkatan intensitas produksi dan pemasaran usaha keripik singkong

Authors

  • Enike Tje Yustin Dima Universitas Katolik Widya Mandira Kupang
  • Antonius Yohanes William Timuneno Universitas Katolik Widya Mandira Kupang
  • Gerardus Tukan Universitas Katolik Widya Mandira Kupang

DOI:

https://doi.org/10.33474/jp2m.v5i3.22036

Keywords:

OMK, produksi, pemasaran

Abstract

Orang Muda Katolik (OMK) merupakan salah satu komponen masyarakat yang potensial, terutama komponen umat dalam lingkup gereja Katolik, yang perlu diberdayakan dan diarahkan menjadi komponen yang produktif dan mandiri secara ekonomi. Kenyataan menunjukkan bahwa kelompok Orang Muda katolik,baik di tingkat lingkungan maupun di tingkat paroki, lebih condong melakukan aktivitas keagamaan semata, dan jarang terjadi pelatihan dan pemberdayaan di bidang kewirausahaan untuk membentuk kekuatan dan kemandirian ekonomi umat. Dalam berbagai kegiatan keagamaan yang dilakukan oleh kelompok Orang Muda Katolik, baik di tingkat lingkungan maupun di tingkat paroki, komponen umat ini selalu meminta dukungan pendanaan dari umat, sebab kelompok Orang Muda Katolik umumnya tidak memiliki sumber pendanaan sendiri seperti yang terjadi pada kelompok orang muda katolik wilayah 6 Paroki Katedral Kristus Raja Kupang. Menanggapi persoalan di atas maka PkM pelatihan kewirausahaan dan manajemen usaha dilakukan pada kelompok ini melalui metode service learning community. Hasil pelaksanaan PkM menunjukan adanya intensitas kontribusi serta gerakan positif dari kelompok orang muda katolik wilayah 6 Paroki Katedral Kristus Raja Kupang namun pembaharuan secara berkala dan tindak lanjut lewat pelatihan-pelatihan yang berguna dalam pengembangan aspek-aspek lain seperti pengembangan tata pembukuan, variasi produk dan sistem kepemimpinan masih perlu diterapkan mengingat inisiasi ini masih dalam skala kecil.

References

Bendi, R. K. J., Soejono, F., Kurniawan, I., Sunarni, T., & Pratama, Y. D. (2020). Pengenalan dan Pemanfaatan Teknologi Hibrid Membran Terintegrasi untuk Pengolahan Air Bersih. Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(1), 119–128. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v5i1.4340

Fauzi, M., & Murti, H. (2022). Perancangan Sistem Informasi Penjualan Ayam Negri Berbasis Aplikasi Android Di Cv.Suyadi Broiler. Jurnal Tekno Kompak, 16(1), 1. https://doi.org/10.33365/jtk.v16i1.1540

Jupriyadi, Nurkholis, A., Sucipto, A., Pasha, D., & Suhartanto, A. (2022). Implementasi Sistem E-Learning Pada SMK Minhadlul Ulum Tegineneng Kabupaten Pesawaran. Journal of Engineering and Information Technology for Community Service (JEIT-CS), 1(2), 31–37. https://doi.org/10.33365/jeit-cs.v1i2.131

Kusumawardhany, S. I. (2020). Penerapan Akuntansi pada Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) ( Studi pada UMKM Raja Eskrim ) di Kota Kediri. Jurnal Akuntansi Dan Perpajakan, 6(2), 76–81. https://doi.org/10.26905/ap.v6i2.4570

Pratama, A. Y., Firmanto, A. D., & Aluwesia, N. W. (2021). Urgenitas Pembinaan Iman Orang Muda Katolik Terhadap Bahaya Krisis Identitas. VOCAT: Jurnal Pendidikan Katolik, 1(2), 68–78. https://doi.org/10.52075/vctjpk.v1i2.22

Santiago, M. D., & Estiningrum, S. D. (2021). Persepsi dan Pemahaman Pelaku Usaha Terhadap Pentingnya Laporan Keuangan pada UMKM. Ekuitas: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 9(1), 199. https://doi.org/10.23887/ekuitas.v9i1.34373

Sinaga, R. D. (2021). Peran Komunitas Basis Gerejani Terhadap Keterlibatan Orang Muda Katolik Dalam Kehidupan Menggereja Di Dekenat Jayapura. Jurnal Masalah Pastoral, 9(1), 1–13. https://doi.org/10.60011/jumpa.v9i1.118

Sismadi, S., Dalis, S., Bahri, S., & Setiawan, D. (2023). Model Rapid Application Development Untuk Rancang Bangun Sistem Pengelolaan Transaksi Perdagangan Indosurrati Sukses Makmur. INTI Nusa Mandiri, 18(1), 13–22. https://doi.org/10.33480/inti.v18i1.4241

Suek, J., Hewen, N. J. B., Lango, A. N. P., & Darlen, M. F. (2022). Berbagai Faktor Penentu Hasil Padi Sawah di Daerah Sentra Produksi, Kabupaten Kupang, Timor Barat. Jurnal Pengembangan Penyuluhan Pertanian, 19(36), 119–129. https://doi.org/10.36626/jppp.v19i36.885

Syafriani, Aprilia, N., & Viora, D. (2022). Pengembangan usaha singkong sebagai jajanan sehat di kampar riau. Medika, 1(1), 1–6. https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/medika/article/view/10473

Waqfin, M. S. I., Wulandari, S. R., Tifliya, F. M., Indrayani, S., Wahyudi, W., & Roziqin, M. K. (2021). Penerapan Digital Marketing Sebagai Upaya Peningkatan Penjualan pada UMKM di Desa Kepuhdoko Jombang. Jumat Ekonomi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(3), 155–159. https://doi.org/10.32764/abdimas_ekon.v2i3.2112

Downloads

Published

2024-06-27

How to Cite

Dima, E. T. Y., Timuneno, A. Y. W., & Tukan, G. (2024). Peningkatan intensitas produksi dan pemasaran usaha keripik singkong. Jurnal Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (JP2M), 5(3), 468–477. https://doi.org/10.33474/jp2m.v5i3.22036