Guru berkarya: Peningkatan kompetensi dan produktivitas guru dalam dunia publikasi ilmiah
DOI:
https://doi.org/10.33474/jp2m.v5i3.22263Keywords:
guru, menulis, MGMP, pelatihan, publikasi, sosiologiAbstract
Pemahaman guru pada dunia publikasi sangat minim yang berdampak pada rendahnya karya ilmiah guru. Kegiatan ini dilakukan untuk stimulus dan meningkatkan produktivitas guru dengan metode Participatory Action Research (PAR) yang membekali guru mengenai: 1) Penerapan model pembelajaran berbasis Team Based Project pada Mata Pelajaran Sosiologi di level SMA/MA; 2) Melakukan mini riset yang menghasilkan karya ilmiah; 3) Pelatihan mengenai berbagai metode dan pendekatan dalam melakukan penelitian bidang sosiologi; 4) Tips menentukan topik yang menarik untuk dibahas, penyusunan instrumen penelitian, teknik menggali data penelitian di lapangan, mengolah hasil data lapangan, pelaporan karya ilmiah; 5) Menyusun hasil penelitian menjadi sebuah artikel ilmiah yang siap untuk dipublikasikan, guru dibekali cara menulis artikel ilmiah; 6) Guru dibekali wawasan mengenai dunia publikasi ilmiah tentang jurnal dan prosiding baik nasional maupun internasional; 7) Guru diajarkan bagaimana cara submit jurnal, dan cara mendaftar dalam prosiding; 8) Guru diajarkan penggunaan aplikasi Mandeley dan Zotero untuk melakukan pengutipan dalam penulisan artikel; 9) Guru diajarkan mengenai etika publikasi ilmiah; dan 10) Guru dikenalkan berbagai aplikasi uji plagiasi artikel seperti Turnitin, Plagiarism Checker, Small Seo Tools, dan cara pengaplikasiannya. Akhirnya guru dapat menghasilkan artikel ilmiah yang siap dipublikasikan.
References
Anggraeni, D., & Rizaldi, R. (2023). Sosialisasi Platform Kampus Merdeka Sebagai Wadah Berkarya Guru. Journal Of Indonesian Social Society (JISS), 1(2), 76–81. https://doi.org/10.59435/jiss.v1i2.119
Fibrianto, A. S., Yuniar, A. D., & Apriadi, D. W. (2022). Membangun Karakter Inklusif Sejak Dini (Penanaman Sikap Toleransi Terhadap Perbedaan Bagi Siswa SD). Jurnal Praksis Dan Dedikasi Sosial (JPDS), 5(2), 54–60. https://doi.org/10.17977/um032v5i2p54-60
Gibbon, M. (2002). Doing a doctorate using a participatory action research framework in the context of community health. Qualitative Health Research, 12(4), 546–588. https://doi.org/10.1177/104973202129120061
Gillis, A., & Jackson, W. (2002). Research methods for nurses: Methods and interpretation. F. A. Davis Company.
Hartutik, I., Aprianto, D., & Setiyaningtiyas, N. (2023). Pelatihan Pembuatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) bagi Guru-Guru Yayasan Pendidikan Mataram Semarang. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 126–134. https://doi.org/10.55606/jpkm.v2i2.163
Koch, T., Selim, P., & Kralik, D. (2002). Enhancing lives through the development of a community-based participatory action research programme. Journal of Clinical Nursing, 11(1), 109–117. https://doi.org/10.1046/j.1365-2702.2002.00563.x
MacDonald, C. (2012). Understanding Participatory Action Research: a Qualitative Research Methodology Option. Canadian Journal of Action Research, 13(2), 34–50. https://doi.org/10.33524/cjar.v13i2.37
Mahmudah, I. (2024). Pendampingan Proses Pembuatan Karya Seni Rupa bagi Calon Guru MI. Jurnal GEMBIRA (Pengabdian Kepada Masyarakat), 2(2), 485–492. https://gembirapkm.my.id/index.php/jurnal/article/view/433
Setiawan, D., Witanto, Y., Rahmadani, N. K. A., Nugroho, R. A. A. E., Marjuni, & Ansori, I. (2023). Penguatan Kompetensi Berkarya Montase dan Kolase untuk Guru Sekolah Dasar. Jurnal Abdimas Bina Bangsa, 4(1), 221–226. https://doi.org/10.46306/jabb.v4i1.360
Streubert, H. J., & Carpenter, R. (1999). Qualitative research in nursing: Advancing the humanistic imperative (H. Surrena (ed.)). PA: Lippincott Williams.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Alan Sigit Fibrianto, Joan Hesti Gita Purwasih, Seli Septiana Pratiwi, Desy Santi Rozakiyah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.