Pengembangan usaha rumah potong unggas dalam upaya menjamin peredaran daging unggas halal dan meningkatkan kesehatan masyarakat veteriner

Authors

  • Ahmad Nilnal Munachifdlil 'Ula Universitas Muria Kudus
  • Rozaq M. Yasin Universitas Muria Kudus
  • Sigit Arrohman Universitas Muria Kudus

DOI:

https://doi.org/10.33474/jp2m.v5i4.22484

Keywords:

daging, halal, higienitas, rumah potong unggas

Abstract

Kebutuhan akan daging unggas yang halal, sehat, memenuhi kriteria kesmavet tidak hanya untuk masyarakat muslim, tetapi juga masyarakat non-muslim.  Selama ini pelaku usaha rumah potong unggas masih belum sepenuhnya mengetahui tentang kewajiban jaminan halal akan produksi dagingnya dan juga kesehatan masyarakat veteriner. Alasan yang dikemukakan yaitu karena faktor ketidaktahuan, syarat yang tidak mudah dan juga lokasi usaha yang belum memenuhi kriteria. Mitra pelaku usaha yaitu pengusaha rumah potong unggas di Pasar Bareng Kudus. Metode yang digunakan dalam pengabdian ini yaitu metode Asset Based Community Development (ABCD). Pengabdian ini meliputi beberapa tahapan 1) Sosialisasi; 2) Pelatihan; 3) Penerapan teknologi; 4) Pendampingan dan Evaluasi dan 3) Keberlanjutan program yang bertujuan untuk meningkatkan usaha mitra. Hasil pengabdian ini menunjukkan mitra memiliki pengetahuan tentang standar halal, kesmavet dan mesin bubut semi-otomatis sesuai dengan jenis unggas yang disembelih. Mitra jadi lebih mengetahui tentang cara memenuhi syarat teknis dan higiene dalam upaya menyediakan daging unggas halal di masyarakat.

References

Ab Halim, M. A., & Mohd Salleh, M. M. (2020). Consumer rights in Halal products: A study based on legal and Syariah perspectives. In Food Research (Vol. 4, pp. 281–290). Rynnye Lyan Resources. https://doi.org/10.26656/fr.2017.4(S1).S31

Dwijayanti, K., Azizah, N., Sa, M., & Jepara, U. (2020). Peningkatan Produktivitas Umkm Kopi Muria Melalui Pelatihan Pengolahan Kopi. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2). http://ejurnal.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/J-ABDIPAMAS

Hameeda, S., Gillani, B., Mahmood, M., & Khan, S. (2016). Role of Islamic Financial Institutions in Promotion of Pakistan Halal Food Industry. Islamic Banking and Finance Review. In Syeda Hameeda Batool., & Ijaz, Farrukh (Vol. 3, Issue 1).

Hersugondo, H., Wahyudi, S., Yuniawan, A., Idris, I., Soedarto, J. P., & Semarng, T. (2022). Penguatan Komoditi Unggulan Masyarakat: Pengembangan Produk dan Pasar Kopi Lelet Rembang. In Jurnal Abdimas PHB (Vol. 5, Issue 2). https://databoks.katadata.co.id/datapublish/

https://www.bps.go.id/. (2022). Produksi Ayam Ras Pedaging di Indonesia.

Khasanah, N. U., Safira, M. E., Agung, W. K. S., Chotib, M., Lahuri, S. Bin, & Nimasari, E. P. (2021). Regulation of halal and healthy products for small-scaled businesses as consumer protection. Open Access Macedonian Journal of Medical Sciences, 9(E), 749–753. https://doi.org/10.3889/oamjms.2021.6643

Kretzman, J. P., & Mcknight, J. L. (1993). Building Communities From The Inside Out: a Path Toward Finding and Mobilizing a Community’s Assets.

Lusianti, D., Yasin, R. M., & ’Ula, A. M. (2023). Portrait of an Individual Chicken Slaughterhouse Business in Assuring Halal Products in Society. Abstracts of the International Halal Science Conference 2023, 7(1), 104–109. https://doi.org/10.21467/abstracts.155

Quraysin, I., & Afiah, E. T. (2021). Pelatihan Manajemen Usaha Keripik Talas Beneng Pada Kelompok Tani Tunas Mandiri Cinyurup Pandeglang. Indonesian Journal of Engagement, Community Services, Empowerment and Development, 1(3). https://doi.org/10.53067/ijecsed

Saadah, M. A., & Sampoerno, Mohd. N. (2023). Pendampingan pengurusan sertifikasi halal bagi komunitas pelaku usaha kecil dan menengah. Jurnal Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (JP2M), 4(1), 35–40. https://doi.org/10.33474/jp2m.v4i1.19876

Tamara Fahira, K., & Muhammad Yasin, R. (2022). Peningkatan Nilai Produk Melalui Perijinan PIRT, Sertifikasi Halal dan Digital Marketing Pada UMKM Sirup Parijoto. 11(2), 2745–4223. https://doi.org/10.20961/semar.v11i2.64034

Warto, W., & Samsuri, S. (2020). Sertifikasi Halal dan Implikasinya Bagi Bisnis Produk Halal di Indonesia. Al Maal: Journal of Islamic Economics and Banking, 2(1), 98. https://doi.org/10.31000/almaal.v2i1.2803

Wenovita, C. A. A. (2021). Penegakan Hukum Sertifikasi Halal Rumah Potong Hewan. Jurist-Diction, 4(4), 1357. https://doi.org/10.20473/jd.v4i4.28452

Downloads

Published

2024-10-07

How to Cite

’Ula, A. N. M., Yasin, R. M., & Arrohman, S. (2024). Pengembangan usaha rumah potong unggas dalam upaya menjamin peredaran daging unggas halal dan meningkatkan kesehatan masyarakat veteriner. Jurnal Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (JP2M), 5(4), 1001–1010. https://doi.org/10.33474/jp2m.v5i4.22484