Pengaplikasian Pupuk Kompos Dan Pestisida Nabati Untuk Peningkatan Produktivitas Tanaman Pertanian Masyarakat

Authors

  • Husain Latuconsina Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Islam Malang
  • Siti Zulaikha Fakultas Agama Islam, Universitas Islam Malang
  • Asmiyati Sahbudin Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Islam Malang
  • Dzikriatu Nurlailah Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Islam Malang
  • Nadriani Bahrudin Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Islam Malang
  • M. Sahubaqul Iman Rohmada Fakultas Agama Islam, Universitas Islam Malang
  • Miftakhul Ikhsan Fakultas Teknik, Universitas Islam Malang
  • Firli Handika Fakultas Teknik, Universitas Islam Malang
  • Firman Robbani Fakultas Teknik, Universitas Islam Malang
  • Muh Dhiyaurroham Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Islam Malang

DOI:

https://doi.org/10.33474/jp2m.v1i3.6550

Keywords:

pupuk kompos, kotoran kambing, pestisida nabati

Abstract

Desa Mulyoasri Kecamatan Ampelegading, Kabupaten Malang berlokasi dibawah kaki gunung semeru, mayoritas masyarakat Desa berprofesi sebagai petani dan peternak. Persoalan yang dihadapi masyarakat adalah masih pengaplikasian kotoran kambing secara langsung tanpa diolah terlebih dahulu menjadi sebuah pupuk kompos dan masih menggunakan pestisida sintetis untuk meningkatkan produktivitas hasil pertanian mereka. Untuk mengatasinya, maka mahasiswa KKN-PPM Tematik berbasis Desa yang tergabung dalam kelompok 22 Universitas Islam Malang merancang dan mengimplementasikan program kerja yang didasarkan pada hasil survei dengan metode purposive sampling. Tema progam unggulan adalah “Pengapikasian Pupuk Kompos dan Pestisida Nabati untuk Peningkatan Produktivitas Tanaman Pertanian Masyarakatâ€. Tujuan kegiatan pemerdayaan ini adalah untuk melatih masyarakat dalam mengintegrasikan kegiatan pertanian dan peternakan. Metode pemberdayaan yang dilaksanakn meliputi 1) penyuluhan, 2) pelatihan dan 3) pengaplikasi produk pupuk kompos kotoran kambing dan pestisida nabati dari ekstrak daun pepaya kepada masyarakat petani. Hasilnya masyarakat sangat antusias dengan kegiatan pemberdayaan ini dan merasakan manfaatnya serta mampu membuatknya secara mandiri. Pengaplikasian pupuk kompos dan pestisida nabati memperlihatkan hasil yang positif, di mana pertumbuhan tanaman sangat baik dan terhindar dari serangan hama. Outcome yang diharapkan dari kegiatan pemberdayaan ini adalah masyarakat petani lebih mandiri dalam upaya meningkatkan produktivitas tanaman perkebunan mereka melalui inovasi penggunaan pupuk kompos dan pestisida nabati yang lebih ramah lingkungan.

References

Arisha, H.M.E., Gad, A.A., dan Younes, S.E. (2003). Response of some pepper cultivar to organic and mineral nitrogen fertilizer under sandy soil conditions. Zagazig J. Agric. Res. 30: 1875-99.

Anjum, Varisha, S. H. Ansari, Kamran J. Naquvi, Poonam Arora dan Adil Ahmad. (2013). Development of quality standards of Carica Papaya Linn. Leaves. Der Pharmacia Lettre, 5 (2),370-376.

Ariyanti, A., Yeni, E., Eyistia, S. (2017). Pembuatan pestisida nabati dengan cara ekstraksi daun peaya dan belimbing wuluh. Jom FTEKNI, 4(2), 1-9.

Cahaya, A.T dan Nugroho D.A. (2008). Pembuatan Kompos dengan Menggunakan Limbah Padat Organik (Sampah Sayuran dan Ampas Tebu). Semarang: Teknik Kimia Universitas Diponegoro.

Cooper, J. and H. Dobson. (2007). The benefits of pesticides to mankind and the environment. Crop Prot. 26: 1337–1348.

Darmasetiawan, M. (2004). Daur Ulang Sampah dan Pembuatan Kompos. Jakarta : Ekamitra Engineering.

Dewi, Y.S., Tresnowati. (2012). Pengolahan sampah skala rumah tangga menggunakan metode composting. Jurnal Ilmiah Fakultas Teknik LIMIT’S. 8(2): 35-48.

Hapsari, A.Y. (2013). Kualitas dan kuantitas kandungan pupuk organik limbah serasah dengan inokulum kotoran sapi secara semianaerob .skripsi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan.Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Hartatik, W. Dan Widowati, L.R. (2006). Pupuk Kandang, Pupuk Organik dan Pupuk Hayati. Bogor: Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Sumber Daya Lahan Pertanian.

Isman, M.B. (2006). Botanical insecticides, deterrents, and repellents in modern agriculture and an increasingly regulated world. Annu. Rev. Entomol, 51, 45–66.

Khater, H.F. (2012). Prospects of botanical biopesticides in insect pest management. Pharmacologia, 3(12), 641−656.

Muhammad, T.A., Zaman, B., Purwanto. (2017). Pengaruh Penambahan pupuk kotoran kambing terhadap hasil pengomposan daun kering di TPST UNDIP. Jurnal Teknik Lingkungan, 6(3), 1 – 12.

Nazir, M. (2011). Metode Penelitian. Bogor: Ghalia Indonesia.

Pangaribuan, D., Pujisiswanto, H. (2008). Pemanfaatan kompos jerami untuk meningkatkan produksi dan kualitas buah tomat. Prosiding Seminar Nasional Sains dan Teknologi II 2008, Universitas Lampung, 17-18 November 2008. p. 1-10.

Rastiyanto E.A., Sutirman., Pullaila. A. (2013). Pengaruh pemberian pupuk organic terhadap pertumbuhan dan hasil tanaman kailan (Brassica oleraceae. L). Buletin IKATAN, 3(2), 36 – 40.

Roesmidi, H., dan Risyanti, R. (2008). Pemberdayaan Masyarakat. Penerbit Alqaprint Jatinangor.

Siboro, E.S., Surya, E., Herlina, N. (2013). Pembuatan pupuk cair dan biogas dari campuran limbah sayuran. Jurnal Teknik Kimia, 2(3), 40-43.

Singarimbun, M dan Efendi, S. (1989). Metode Penelitian Survai. LP3ES. Jakarta.

Supriadi. (2013). Optimasi pemanfaatan beragam jenis pestisida untuk mengendalikan hama dan penyakit tanaman. Jurnak Litbang Pertanian, 32 (1), 1-9.

Trivana, L., Pradhana, A.Y., Manambangtua, A.P. (2017). Optimalisasi Waktu Pengomposan Pupuk Kandang dari Kotoran Kambing dan Debu Sabut Kelapa dengan Bioaktivator EM4. Jurnal Sains dan Teknologi Lingkungan, 9(1), 16 - 24.

Thomas, S., Suharyanto, W.D., Suwandi, A., & Purwanto. (2016). Program dan Evaluasi Penyuluhan Pertanian. Penerbit Universitas Terbuka.

Yuniwati, M., Iskarima, F., Padulemba, A. (2012). Optimasi kondisi proses pembuatan kompos dari sampah organik dengan cara fermentasi menggunakan EM4. Jurnal Teknologi. 5(2), 172-181.

Downloads

Published

2020-09-30

How to Cite

Latuconsina, H., Zulaikha, S., Sahbudin, A., Nurlailah, D., Bahrudin, N., Iman Rohmada, M. S., Ikhsan, M., Handika, F., Robbani, F., & Dhiyaurroham, M. (2020). Pengaplikasian Pupuk Kompos Dan Pestisida Nabati Untuk Peningkatan Produktivitas Tanaman Pertanian Masyarakat. Jurnal Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (JP2M), 1(3), 227–238. https://doi.org/10.33474/jp2m.v1i3.6550