DESIGN AN E-CATALOG ON INSTAGRAM USING CORELDRAW AS THE ADVERTISING

Authors

  • Arina Fatia Zahrah Administrasi Niaga, Politeknik Negeri Malang, Indonesia
  • Maskur Administrasi Niaga, Politeknik Negeri Malang, Indonesia

Keywords:

E-catalog, Instagram, Advertising Media

Abstract

This research aims to provide complete information about Rumah Kinasih's products by developing E-Catalog as an advertising medium on Instagram. The research design used was Action Research. The research procedure consists of planning, action, observation, and reflection. Research data were collected through questionnaires distributed to 1 Owner, 2 marketing experts, 2 computer experts, 10 consumers, and 20 potential customers. The effectiveness of the design is measured using the EPIC Model (Emphaty, Persuasion, Impact, Communication). This is due to the attractive and creative design of the E-Catalog which provides detailed or information related to the products offered by Rumah Kinasih, Blitar Regency. The conclusion which could be inferred is that the E-Catalog product is very effective to be used as Instagram advertising media at Rumah Kinasih, Blitar Regency.

 

References

Amalia, T. & Pribadi, J. D., 2022. Pembuatan Desain Katalog Online Instagram Dengan Menggunakan Aplikasi Canva Sebagai Media Promosi Untuk Menarik Minat Beli Pada Sulungs Food Kabupaten Pemalang. Jurnal Aplikasi Bisnis, pp. 199-204.

Anggarani, N. & Silitonga, P., 2020. PENGARUH PUBLISITAS, KUALITAS PRODUK DAN HARGA TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN PADA CYCLO COFFEE & APPAREL. Edutrisma Vol 3 No 2.

Ardiansyah, I., 2020. Optimalisasi Instagram Sebagai media Marketing. Bandung: CV Cendekia Press.

Arnold, M. D. S., Wolok, T. & Juanna, A., 2020. Pengaruh Sales Promotion Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Pada Mitra Elektronik Superstore Kota Gorontalo). Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis, pp. 22-28.

Caesarinto, D. & Wardani, R. T. I., 2022. Promosi Melalui Media E-Catalogue Pada Instagram Menggunakan CorelDraw Untuk Meningkatkan Minat Beli Konsumen Pada Glaseideas Malang. Jurnal Aplikasi Bisnis, pp. 236-240.

Darmawan, D., 2017. Pengaruh Kemasan Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Sayuran Hidroponik. Agrimas 1(1), pp. 1-10.

Diana & Tjiptono, F., 2016. Pemasaran Esensi & Aplikasi. Yogyakarta: CV Andi Offset.

Fauzi, M., 2017. Pengaruh Sales Promotion Dan Publisitas Terhadap Keputusan Konsumen Dalam Pembelian Mesin Pada Ud Venus Copierindo Tegal. Jurnal Universitas Pancasakti Tegal.

Firmansyah, A., 2019. Pemasaran Produk dan Merek (Planning & Strategi). Surabaya: CV Penerbit Qiara Media.

Ghozali, I., 2018. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 25 Edisi 9. Bandung: Undip.

Handayani, W. & Prayogo, R. A., 2017. Green Consumerism : an Eco-Friendly Behaviour Form Through The Green Product Consumption and Green Marketing. Jurnal Ilmiah Ilmu Managemen, 2 September, pp. 25-19.

Indrasari, M., 2019. Pemasaran dan Kepuasan Pelanggan. Surabaya: Unitomo.

Jasmadi, 2018. Cara Praktis Bikin E-Catatalog. Semarang: CV Oxy Consultant.

Jauhari, M., 2018. Membangun Kepercayaan Publik. Jogjakarta: LP3DI Press.

Kotler, P., 2013. Manajemen Pemasaran Jilid 2. Malang: Erlangga.

Leatemia & Monica, A. A., 2021. Pengaruh Publisitas Dan Electronic Word Of Mouth Di Media Sosial Instagram Terhadap Keputusan Pembelian Di Coffee Shop Ngopijo. UNIVERSITAS KATOLIK DE LA SALLE.

Mahamit, L., 2015. Pengaruh Green Marketing terhadap Keputusan Pembelian Produk Air Minum dalam Kemasan Ades pada Mahasiswa Universitas Slamet Riyadi Surakarta. Jurnal Ekonomi dan Kewirausahaan, pp. 339-345.

Morissan, 2015. Periklanan Komunikasi Pemasaran Terpadu. Jakarta: Kencana.

Mudjiarto & Afrianti, M. R., 2020. Efektivitas Online Promotion Mix Melalui Media Sosial Facebook Untuk Meningkatkan Omzet Penjualan UMKM di Wilayah Kebayoran Lama. Jurnal Manajemen.

Nurhanifah, R. & Pribadi, J. D., 2021. Pembuatan Media Promosi Digital E-Catalog di Instagram Dengan Menggunakan Aplikasi Canva Untuk Menarik Minat Beli Pada Keripik Srikandi Malang. Jurnal Aplikasi Bisnis, pp. 149-152.

Rahayu, L. M. P., Abdillah, Y. & Mawardi, M. K., 2017. Pengaruh Green Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen (Survei Pada Konsumen the Body Shop Di Indonesia Dan Di Malaysia). Jurnal Administrasi Bisnis , pp. 121-131.

Rakhmanto, S. A. & Wardani, R. T. I., 2021. Aplikasi CorelDraw Untuk Pembuatan Katalog Produk Digital di Instagram Sebagai Alat Penunjang Promosi Di Alyu Cell Mojokerto. Jurnal Aplikasi Bisnis, pp. 137-140.

Risyamuka, I. K. & Mandala, K., 2015. PENGARUH GREEN MARKETINGTERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK HIJAU DI RESTORAN SARI ORGANIK UBUD. E-Jurnal Majemen Vol 4 No 2, pp. 524-542.

Santoso, I. & Fitriyani, R., 2016. GREEN PACKAGING, GREEN PRODUCT, GREEN ADVERTISING, PERSEPSI, DAN MINAT BELI KONSUMEN. Jurnal Ilmu Keluarga dan Konsumen 9(2), Mei, pp. 147-158.

Sugiyono, 2019. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Tjiptono, F., 2017. Pemasaran Strategik Edisi 3. Yogyakarta: Andi.

Wisyastuti, S., 2017. Manajemen Komunikasi Pemasaran Terpadu. Jakarta Selatan: FEB-UP Press.

Downloads

Published

2023-10-26