HUBUNGAN PERHATIAN ORANG TUA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MUATAN MATEMATIKA

Authors

  • Kiki Karlina Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati, Indonesia
  • Nasihudin Nasihudin Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati, Indonesia
  • Muhammad Rifqi Mahmud Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.33474/elementeris.v5i2.18540

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi dari kerangka berfikir bahwa prestasi belajar siswa pada muatan pelajaran matematika yang selalu menjadi sorotan diantara muatan pelajaran lainnya. Rendahnya perhatian orang tua akan berdampak pada prestasi belajar siswa. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk  untuk  mengetahui  hubungan  antara  perhatian  orang  tua  dengan  prestasi  belajar  pada muatan matematika siswa kelas V SDN Sukapura 01. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode penelitian korelasional dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Instrumen yang digunakan yaitu angket dan dokumentasi. Adapun sampel penelitian adalah kelas V SDN Sukapura 01 yang berjumlah 33 siswa. Teknik analisis yang digunakan pada penelitian ini yaitu teknik   korelasi   bivariate   yang   diawali   dengan   uji   normalitas,  kemudian  uji   korelasi  serta menghitung koefisien determinasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif yang signifikan antara perhatian orang tua dengan prestasi belajar pada muatan pelajaran matematika siswa kelas V SDN Sukapura 01, hubungan tersebut berada pada kategori sedang atau cukup. Hal tersebut dapat dilihat dari hasil perhitungan uji korelasi menggunakan rumus  rank spearman, dengan  signifikansi 5%  dan jumlah  responden 33, maka diperoleh nilai sig. sebesar 0,009.

Kata kunci: Matematika, perhatian orang tua, prestasi belajar.

 

This research is motivated by the framework of thinking that student achievement in mathematics is always in the spotlight among other subjects. The low attention of parents will have an impact on student achievement. The purpose of this study is to determine the relationship between parental attention and learning achievement on the mathematics content of fifth grade students at SDN Sukapura 01. The research method used is correlational research method using a quantitative approach. The instruments used are questionnaires and documentation. The research sample was class V of SDN Sukapura 01, totaling 33 students. The analytical techniqu e used in this research is the bivariate correlation technique which begins with the normality test, then the correlation test and calculates the coefficient of determination. The results showed that there was a significant positive relationship between parental attention and learning achievement on the content of mathematics lessons for fifth graders at SDN Sukapura 01, the relationship was in the moderate or sufficient category. This can be seen from the results of the calculation of the correlation test using the Spearman rank formula, with a significance of 5% and the number of respondents 33, then the sig value is obtained. of 0.009.

Keywords: Mathematics, learning achievement, parents attention.

References

Ambiyar. 2011. Pengukuran & Tes Dalam Pendidikan. Padang: UNP PRESS.

Azwar, S. 2010. Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Baharudin. 2009. Pendidikan dan Psikologi Perkembangan. Yogyakarta: Ar-ruzz Media.

Darna, Nana, and Elin Herlina. 2018. "Memilih Metode Penelitian Yang Tepat : Bagi Penelitian Bidang Ilmu Manajemen." Jurnal Ekonologi Ilmu Manajemen 5 (1): 6.

Departemen Pendidikan Nasional. 2002. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Fane, A. 2019. "Pengaruh Keterlibatan Orang Tua, Perilaku Guru, dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa." Jurnal Riset Pendidikan Matematika 6 (1): 53-61.

Martin, M.O., Mullis, I.V., Foy, P., & Stanco, G.M. 2012. TIMSS 2011 International Result in Science. Chesnut Hill: TIMSS & PIRLS International Study Center.

Martin, Tawila, and Nendi. 2018. "Analisis Perhatian Orang Tua Terhadap Prestasi Siswa." Jurnal Pendidikan Sosial 5 (2): 217-227.

Nisa, A. 2015. "Pengaruh Perhatian Orang Tua Dan Minat Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial." Faktor Jurnal Ilmiah Pendidikan III (1): 1-9.

Paulpandi, B., & Govindharaj, P. 2017. "Academic achievment in mathematics subject among secondary school students in Madurai, Tamil Nadu." International Journal Of Indian Psychology 4 (3): 57-63.

Purbawati, Christina, Rahmawati, Laili Etika, Hidayah, Lathifah Nurul dan Wrdani, and Lupita Sari Pitra. 2020. "Tingkat Partisipasi Siswa Sekolah Menengah Pertama Dalam Pembelajaran Daring Di Masa Pandemi Covid-19." Jurnal Ilmiah Kependidikan 1: 11.

Rakhmawati, I. 2015. "Peran Keluarga Dalam Pengasuhan Anak." Jurnal Bimbingan Konseling Islam 6 (1): 1-18.

Rofiqul. 2016. "Perhatian Orang Tua dan Motivasi Belajar Siswa." Jurnal Madaniyah 2: 249-268.

Sabeuleu, Adriana. 2016. "Hubungan Perhatian Orang Tua Dengan Prestasi Belajar Siswa Kelas IV SD Golo Yogyakarta Tahun Ajaran 2015/2016." 1-147.

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.

Soemanto, Wasty. 2012. Psikologi Pendidikan: Landasan Kerja Pimpinan Pendidikan. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Susanti, Lidia. 2019. Prestasi Belajar Akademik & Non Akademik. Malang: Literasi Nusantara.

Tambunan, and Hutasuhut. 2018. "Pengaruh Perhatian Orang Tua Dan Lingkungan Teman Sebaya Terhadap Prestasi Belajar Ekonomi." Liabilities Jurnal Pendidikan Akuntansi 1 (2): 112-124.

Taylor, Jim. 2004. Memberi Dorongan Positif pada Anak. Jakarta: PT.Gramedia Utama.

Tohirin. 2011. Metode Penelitian Kualitatif Dalam Bimbingan Dan Konseling. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Wahyudin, Dinn,dkk. 2009. Pengantar Pendidikan. Jakarta: Universitas Terbuka.

Widoyoko, Eko Putro. 2016. Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Downloads

Published

2023-12-13