NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM NOVEL SI ANAK PELANGI KARYA TERE LIYE DAN RELEVANSINYA DENGAN PEMBELAJARAN TEMATIK DI MADRASAH IBTIDAIYAH

Authors

  • Nadia Nurul Arifin Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung
  • Hilman Mangkuwibawa Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung
  • Sani Insan Muhamadi Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung

DOI:

https://doi.org/10.33474/elementeris.v5i2.18555

Abstract

This study aims to describe the values contained in the novel Si Anak Pelangi by Tere Liye and its relevance to thematic learning at MI. The method used in this study is a descriptive analysis method with a qualitative approach. This aims to obtain the results of the analysis and description of the educational values of the characters in the novel Si Anak Pelangi by Tere Liye. The data analysis used is miles and huberman model analysis with stages of data reduction, data presentation and drawing conclusions. The value of education in the novel Si Anak Pelangi by Tere Liye contains 18 values of character education based on the Ministry of Education and Culture. Meanwhile, the relevance of this novel to thematic learning in grade 5 MI contains six, namely religious values, honesty, tolerance, love of the homeland, peace-loving, and responsible.

Keywords: Character Building, Novel Literature, Thematic Learning

References

Arifin, Z. 2011. Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Barudin, Topaji P. 2019. Perilaku Kerja Keras dan Tanggung Jawab. Klaten: Penerbit Cempaka Putih.

Firdaus, Nada. 2021. Apa Susahnya Bertanggung Jawab. Jakarta: PT Perca.

Fitriani, S, and H M Zulfiati. 2021. "Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Pembelajaran Tematik dalam Membentuk Sikap Sosial dan Tanggung Jawab Siswa." SOSIOHUMANIORA: Jurnal Ilmu Sosial dan Humaniora 7 (1): 114-121.

Hakim, M A R, Riko Firmansyah, and Afri Yenil. 2019. "Mengidentifikasi Sikap Pendidikan Karakter Menghargai Prestasi terhadap Siswa Kelas VIII SMP N 18 Kota Jambi." BRILIANT: Jurnal Riset dan Konseptual 4 (2): 198-205.

Herdiansyah, H. 2019. Metodologi Penelitian Kualitatif untuk Ilmu-ilmu Sosial. Jakarta: Salemba Humanika.

Ismail, M J. 2021. "PENDIDIKAN KARAKTER PEDULI LINGKUNGAN DAN MENJAGA KEBERSIHAN DI SEKOLAH." Guru Tua: Jurnal Pendidikan dan pembelajaran 4 (1): 59-68.

Kemendikbud. 2016. Seri Pendidikan Orang Tua: Menumbuhkan Karakter Bersahabat pada Anak. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Liye, Tere. 2021. Si Anak Pelangi. Depok: PT Sabak Grip Nusantara.

Nata, A. 2017. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: PT Fajar Interpratama Mandiri.

Rusyan, H A T. 2021. Karakter Anak Bangsa. Jakarta: Multi Kreasi Satudelapan.

Shobirin, M. 2018. "UPAYA PENANAMAN NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI PEMBELAJARAN KARYA SASTRA DI SEKOLAH DASAR." Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar 5 (1): 1-9.

Silmi, Millati, and Yarni Kusmarni. 2017. "MENUMBUHKAN KARAKTER RASA INGIN TAHU SISWA DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH MELALUI MEDIA PUZZLE." FACTUM 6 (2): 230-242.

Sofiyatunningtiyas, T N, A Nugroho, and A Muslim. 2020. "UPAYA PENANAMAN NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI PEMBELAJARAN KARYA SASTRA DI SEKOLAH DASAR." JPRD (Jurnal Riset Pendidikan Dasar) 1 (1): 16-23.

Suwardani, Ni P. 2020. Pendidikan Karakter: dalam Merajut Harapan Bangsa yang Bermartabat. Denpasar: UNHI Press.

Wellek, Rene, and Austin Warren. 2014. Teori Kesusastraan. Jakarta: Gramedia.

Winarsih. 2019. Pendidikan Karakter Bangsa. Tangerang: Loka Aksara.

Wirartha, I M. 2006. Pedoman Penulisan Usulan Penelitian, Skripsi, dan Tesis. Yogyakarta: Andi.

Downloads

Published

2023-11-01