STRATEGI PENGELOLAAN KELAS DALAM MENCIPTAKAN SUASANA BELAJAR YANG KONDUSIF DI SD/MI

Authors

  • Abd Gafur Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang
  • Fita Mustafida Universitas Islam Malang

DOI:

https://doi.org/10.33474/elementeris.v1i2.4991

Abstract

Pengelolaan kelas merupakan aspek pendidikan yang sering dijadikan perhatian utama oleh kebanyakan orang, terutama di lingkungan akademik. Hal tersebut dibuktikan dengan hasil penelitian  Arends, bahwa manajemen kelas adalah salah satu tantangan terpenting yang dihadapi para guru pemula berdasarkan banyaknya data guru baru yang mengeluhkan kesulitan mereka dalam mengelola kelas. Dalam pandangan psikologi pendidikan, suasana kelas yang nyaman dan kondusif dapat mempengaruhi kemampuan siswa untuk berfokus dalam menyerap informasi, sehingga guru dapat mengajar lebih banyak dengan usaha yang sedikit.

Kelas juga merupakan suatu kelompok sosial yang dinamis. Dinamika kelas pada dasarnya merupakan sebuah kondisi yang alami di dalamnya diliputi dorongan untuk aktif dan terarah yang dikembangkan melalui inisiatif guru untuk mengaktifkan dan mengembangkan potensi siswa sebagai pebelajar. Oleh karena itu, guru memiliki peran sentral untuk mengembangkan seluruh potensi yang dimiliki siswa dengan memfasilitasi dan mengakomodasi berbagai pendapat, gagasan, keterampilan, potensi dan energi yang dimiliki peserta didik sehingga menjadi aktivitas yang berguna

References

Arikunto Suharsimi, 1986. Pengelolaan Kelas dan Siswa Sebuah Pendekatan Evaluatif. Jakarta: CV.Rajawali.

Arends, I Richard, Learning to Teach (seventh edition) (New york: McGraw Hill Companies)[ter. Helly Prayitno, Srimulyantini, 2008. Belajar untuk Mengajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Azizah Nur, 2009. Strategi Pengelolaan Kelas dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa SMP Negeri 4 Baut. Skripsi, (Fakultas Tarbiyah UIN Malang. Tidak diterbitkan.

Baharuddin, 2009. Pendidikan dan Psikologi Perkembangan, Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Daniel Muijs dan David Reynolds, 2008. EffectiveTeaching (Evidence and Practice) London: Sage Publication, [terj. Helly Prayitno, Srimulyantini, Effective Teaching (Teori dan Aplikasi. (Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2008) Mariana, Rita, dkk. 2010 Pengelolaan Lingkungan Belajar. Jakarta: Prenada Media Group.

David A Jacob, dkk. Methods for Teaching (Promoting Student Learning In K-12 Classroom), USA: Upper Suddle River, 2009. [terj. Achmad Fawaid, Khairul Anam. 2009. Metode-Metode Pengajaran Meningkatkan Belajar Siswa TK-SMA Edisi ke-8, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Escalona, Sybille. Understanding Hostility in Children, [ter.Abdul Mun’in al Maligy, Zakiyah Darajat, 1980. Dendam Anak-anak. Jakarta: Bulan Bintang.

Fathurrohman Pupuh, Sutikno, M. Sobry. 2007. Strategi Belajar Mengajar Melalui Penanaman Konsep Umum dan Konsep Islam. Bandung: PT. Refika Aditama.

Harlock, Elizabeth. 1980. Developmental Psycologi (A life-Span Approch), fifth edition.[ed. Ridwan Max Sijabat, 2005. Psikologi Perkembangan (Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang kehidupan) Jakarta: Erlangga.

Hasibuan J.J. dkk., 1988. Proses Belajar Mengajar, Bandung: Remadja Karya.

Imron, Ali dkk. (ed). 2003. Manajemen Pendidikan . Malang: Universitas Negeri Malang.

Kusmoro, 2008. Penataan Lingkungan Belajar dalam Pakem. Kalimantan Barat: LPMP

Muljani A Nurhadi,. 1983. Administrasi Pendidikan di Sekolah. Yogyakarta: IKIP Yogyakarta.

Mulyadi, 2009. Classroom Management (Mewujudkan Suasana Kelas yang Menyenangkan Bagi Siswa) Malang: UIN- Malang Press.

Mulyasa, 2003. Kurikulum Berbasis Kompetensi; Konsep karakteristik dan Implementasi, Bandung: Remaja Rosda Karya.

Nawawi, Hadari. 1982. Organisasi Sekolah dan Pengelolaan Kelas sebagai Lembaga Pendidikan. Jakarta: Gunung Agung.

Nurhadi, Muljani A. 1983, Administrasi Pendidikan di Sekolah. Yogyakarta: IKIP.

Porter De Bobbi, Mark Reardon, dan Sarah Singer, 2002 Quantum Teaching Mempraktikan Quantum Learning di Ruang Kelas. Bandung : Kaifa.

Rohani, Ahmad, Abu Ahmadi. 2004. Pengelolaan Pengajaran . Jakarta: Rineka Cipta.

Sudrajad, Ahmad. Penataan Tempat Duduk Siswa sebagai Bentuk Pengelolaan Kelas _ (Online). (Http//Akhmad Sudrajat Tentang Pendidikan. Html), diakses 19 Pebruari 2011).

Sukmadinata, Syaodiq Nana, 2010. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.

Syah, Muhibin. 2003. Psikologi Belajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sugiono, 2006. Statistik Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Usman, Uzer Moh. 2002. Menjadi Guru Profesional, Bandung : PT.Remaja Rosda Karya.

Downloads

Published

2019-12-29