Analisis faktor pengaruh self regulated learning Terkait motivasi akademik dan kecemasan sebelum ujian Terhadap prestasi akademik mahasiswa
DOI:
https://doi.org/10.33474/jki.v8i1.8868Keywords:
Self Regulated Learning, Motivasi Akademik, Kecemasan Sebelum Ujian, Prestasi AkademikAbstract
Pendahuluan: Mahasiswa dengan Indeks prestasi rendah mengindikasikan mahasiswa belum menerapkan Self-Regulated Learning (SRL) dalam proses pembelajarannya. Terdapat banyak dimensi yang membentuk Self-Regulated Learning diantaranya adalah motivasi akademik dan kecemasan sebelum ujian. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan analisis faktor SRL yang terkait dengan motivasi akademik dan kecemasan sebelum ujian terhadap prestasi akademik mahasiswa program studi Pendidikan Dokter Universitas Islam Malang.
Metode: Menggunakan desain observasi deskriptif analitik dengan pendekatan cross sectional. Responden sebanyak 175 mahasiswa dipilih berdasarkan metode purposive sampling. Mahasiswa program studi Pendidikan Dokter Universitas Islam Malang kelas 1, kelas 2, dan kelas 3 termasuk kriteria inklusi. Kriteria eksklusinya adalah mahasiswa Pendidikan Dokter yang cuti akademik dan tidak naik kelas. Analisa data menggunakan SEM (Structural Equation Model) dengan regresi Partial Least Squares (PLS).
Hasil: Motivasi akademik (Tstatistik=7.931) dan kecemasan sebelum ujian (Tstatistik=10.873) dalam membentuk Self-Regulated Learning memiliki Pvalue 0,000 yang menunjukkan hasil signifikan. SRL signifikan terhadap prestasi akademik ditunjukkan dengan Tstatistik 6.733 dan Pvalue 0.000. Selain itu, Motivasi akademik (Tstatistik=16.417) dan kecemasan sebelum ujian (Tstatistik=11.152) berpengaruh langsung terhadap prestasi akademik dengan Pvalue 0.000.
Kesimpulan: Motivasi akademik dan kecemasan sebelum ujian merupakan faktor pembentuk SRL, dan SRL berpengaruh positif terhadap prestasi akademik. Motivasi akademik dan kecemasan sebelum ujian berpengaruh langsung terhadap prestasi akademik mahasiswa dan menunjukkan hasil yang bermakna.References
Balapumi, R.‘Factors and relationships influencing self-regulated learning among ICT students in Australian Universities’, 2015. pp. 10–11.
Schunk, ‘Motivation , Learning Strategies , and Performance in Physical Education at Secondary School’, 2016. pp. 27–41.
Dobson, C. ‘Effects Of Academic Anxiety On The Performance Of Students With and Without Learning Disabilities And How Students Can Cope With Anxiety At School’, 2012. pp. 1–36.
El-anzi, F. O. et al. ‘Academic Achievement And Its Relationship With Anxiety , Self-Esteem , Optimism , And Pessimism In Kuwaiti Students’, 33(01003), 2005. pp. 95–104.
Prawitasari. ‘Strategi Self Regulated Learning dan Prestasi Belajar ’ 2012, 37(1).
Lucio, R. and William, L. R. ‘Developing an Additive Risk Model for Predicting Academic Index : School Factors and Academic Achievement’, 2011. pp. 153–173.
Pintrich and Zusho. ‘The Development of Academic Self-Regulation: The Role of Cognitive and Motivational Factors’, (2), 1998. pp. 249–284.
Pintrich and Zusho. ‘The role of academic self-efficacy in improving students’ metacognitive learning strategies’, 7(4), 2019. pp. 205–212.
Nahariani, P. and Mulyaningsih, E. A. ‘Internal Analysis Of Self Regulated Learning : Developmental Study’. 2013
Hayat, A. A. and Shatery, K. ‘Relationships between Academic Self-Efficacy , Learning-Related Emotions , and Metacognitive Learning Strategies with Academic Performance in Medical Students : A Structural Equation Model CURRENT STATUS : ACCEPTED’, 2013. pp. 1–28.
Fornell C, Larcker DF. Evaluating structural equation models with unobservable variables and measurement error. Journal of marketing research. 1981;18(1):39-50.
Faradila R, Pramono A, Firmansyah M, Kedokteran F, Islam U, Prestasi I, et al. PRESTASI SEMESTER MAHASISWA KEDOKTERAN THE CORRELATION OF MOTIVATION AND LEARNING STRATEGY WITH. :1–7. Bandura, A. ‘Social cognitive theory of personality’, 1999. pp. 154–196.
Zimmerman, B. J. and Martinez-pons, M. ‘Construct Validation of a Strategy Model of Student Self-Regulated Learning’, 2014.
Psikologi, F., Islam, U. and Syarif, N. ‘Pengaruh Self-Efficacy dan Kecemasan Akademis terhadap Self-Regulated Learning Mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Islam Negeri Jakarta’. 2011.
Zimmerman, B. J. ‘Becoming a Self-Regulated Learner : Key Subprocesses ? Which Are the’, 1986. 313, pp. 307–313.
Saleem, S. and Mahmood, Z. ‘Mental Health Problems in University Students : A prevalence study Mental Health Problems in University Students : A Prevalence Study’, 2019.
Wahab, N. M., Othman, A. and Herawan, T. ‘The Relationship between Study Anxiety and Academic Performance among Engineering Students’, 2010.
Ning, H. K. and Downing, K. ‘Influence of student learning experience on academic performance : the mediator and moderator effects of self-regulation and motivation’, 2012. 38(2).
Firmansyah M, Rahayu Gr, Kedokteran Ps, Kedokteran F, Malang Ui, Kedokteran F, Et Al. Indonesia Terhadap Pembelajaran Pada Mahasiswa. 2015;4(3):129–40.
Firdaus S, Rachman L, Firmansyah M. Analisa Faktor Pengaruh Self-Regulated Learning Terkait Performance Goals Terhadap Prestasi Akademik Factor Analysis Of Self-Regulated Learning Related To Performance Goals On Academic Achievement. 97:94–100
Downloads
Published
Issue
Section
License
Jurnal Kesehatan Islam : Islamic Health Journal dengan nomor registrasi ISSN 2303-002X (cetak) 2615-8345 (online) yang diterbitkan oleh Fakultas Kedokteran Universitas Islam Malang menerapkan ketentuan Hak Cipta dan Lisensi sebagai berikut:
Â
Hak cipta:
- Hak Cipta pada setiap naskah adalah milik penulis.
- Penulis mengakui bahwa Jurnal Kesehatan Islam : Islamic Health Journal berhak sebagai yang pertama kali mempublikasikan dengan lisensi Creative Commons Attributions-ShareAlike 4.0 International License.
- Penulis dapat memasukan tulisan secara terpisah, mengatur distribusi non-ekskulif dari naskah yang telah terbit di jurnal ini kedalam versi yang lain dengan mengakui bahwa naskah telah terbit pertama kali pada Jurnal Kesehatan Islam : Islamic Health Journal.
Lisensi:
- Atribusi: Anda harus mencantumkan nama yang sesuai, mencantumkan tautan terhadap lisensi, dan menyatakan bahwa telah ada perubahan yang dilakukan. Anda dapat melakukan hal ini dengan cara yang sesuai, namun tidak mengisyaratkan bahwa pemberi lisensi mendukung Anda atau penggunaan Anda.
- Berbagi Serupa: Apabila Anda menggubah atau membuat turunan dari materi ini, Anda harus menyebarluaskan kontribusi Anda di bawah lisensi yang sama dengan materi asli.
- Tidak ada batasan tambahan: Anda tidak dapat menggunakan ketentuan hukum atau sarana kontrol teknologi yang secara hukum membatasi orang lain untuk melakukan hal-hal yang diizinkan lisensi ini.
Anda bebas untuk:
- Berbagi menyalin dan menyebarluaskan kembali materi ini dalam bentuk atau format apapun.
- Beradaptasi mengubah dan membuat turunan dari materi ini untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial.
- Pemberi lisensi tidak dapat mencabut ketentuan di atas sepanjang Anda mematuhi ketentuan lisensi ini.