Analisis faktor pengaruh self regulated learning Terkait motivasi akademik dan kecemasan sebelum ujian Terhadap prestasi akademik mahasiswa

Authors

  • Widyawati Hunta Fakultas Kedokteran, Universitas Islam Malang
  • Sri Herlina
  • Marindra Firmansyah

DOI:

https://doi.org/10.33474/jki.v8i1.8868

Keywords:

Self Regulated Learning, Motivasi Akademik, Kecemasan Sebelum Ujian, Prestasi Akademik

Abstract

Pendahuluan: Mahasiswa dengan Indeks prestasi rendah mengindikasikan mahasiswa belum menerapkan Self-Regulated Learning (SRL) dalam proses pembelajarannya. Terdapat banyak dimensi yang membentuk Self-Regulated Learning diantaranya adalah motivasi akademik dan kecemasan sebelum ujian. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan analisis faktor SRL yang terkait dengan motivasi akademik dan kecemasan sebelum ujian terhadap prestasi akademik mahasiswa program studi Pendidikan Dokter Universitas Islam Malang.

Metode: Menggunakan desain observasi deskriptif analitik dengan pendekatan cross sectional. Responden sebanyak 175 mahasiswa dipilih berdasarkan metode purposive sampling. Mahasiswa program studi Pendidikan Dokter Universitas Islam Malang kelas 1, kelas 2, dan kelas 3 termasuk kriteria inklusi. Kriteria eksklusinya adalah mahasiswa Pendidikan Dokter yang cuti akademik dan tidak naik kelas. Analisa data menggunakan SEM (Structural Equation Model) dengan regresi Partial Least Squares (PLS).

Hasil: Motivasi akademik (Tstatistik=7.931) dan kecemasan sebelum ujian (Tstatistik=10.873) dalam membentuk Self-Regulated Learning memiliki Pvalue 0,000 yang menunjukkan hasil signifikan. SRL signifikan terhadap prestasi akademik ditunjukkan dengan Tstatistik 6.733 dan Pvalue 0.000. Selain itu, Motivasi akademik (Tstatistik=16.417) dan kecemasan sebelum ujian (Tstatistik=11.152) berpengaruh langsung terhadap prestasi akademik dengan Pvalue 0.000.

Kesimpulan: Motivasi akademik dan kecemasan sebelum ujian merupakan faktor pembentuk SRL, dan SRL berpengaruh positif terhadap prestasi akademik. Motivasi akademik dan kecemasan sebelum ujian berpengaruh langsung terhadap prestasi akademik mahasiswa dan menunjukkan hasil yang bermakna.

References

Balapumi, R.‘Factors and relationships influencing self-regulated learning among ICT students in Australian Universities’, 2015. pp. 10–11.

Schunk, ‘Motivation , Learning Strategies , and Performance in Physical Education at Secondary School’, 2016. pp. 27–41.

Dobson, C. ‘Effects Of Academic Anxiety On The Performance Of Students With and Without Learning Disabilities And How Students Can Cope With Anxiety At School’, 2012. pp. 1–36.

El-anzi, F. O. et al. ‘Academic Achievement And Its Relationship With Anxiety , Self-Esteem , Optimism , And Pessimism In Kuwaiti Students’, 33(01003), 2005. pp. 95–104.

Prawitasari. ‘Strategi Self Regulated Learning dan Prestasi Belajar ’ 2012, 37(1).

Lucio, R. and William, L. R. ‘Developing an Additive Risk Model for Predicting Academic Index : School Factors and Academic Achievement’, 2011. pp. 153–173.

Pintrich and Zusho. ‘The Development of Academic Self-Regulation: The Role of Cognitive and Motivational Factors’, (2), 1998. pp. 249–284.

Pintrich and Zusho. ‘The role of academic self-efficacy in improving students’ metacognitive learning strategies’, 7(4), 2019. pp. 205–212.

Nahariani, P. and Mulyaningsih, E. A. ‘Internal Analysis Of Self Regulated Learning : Developmental Study’. 2013

Hayat, A. A. and Shatery, K. ‘Relationships between Academic Self-Efficacy , Learning-Related Emotions , and Metacognitive Learning Strategies with Academic Performance in Medical Students : A Structural Equation Model CURRENT STATUS : ACCEPTED’, 2013. pp. 1–28.

Fornell C, Larcker DF. Evaluating structural equation models with unobservable variables and measurement error. Journal of marketing research. 1981;18(1):39-50.

Faradila R, Pramono A, Firmansyah M, Kedokteran F, Islam U, Prestasi I, et al. PRESTASI SEMESTER MAHASISWA KEDOKTERAN THE CORRELATION OF MOTIVATION AND LEARNING STRATEGY WITH. :1–7. Bandura, A. ‘Social cognitive theory of personality’, 1999. pp. 154–196.

Zimmerman, B. J. and Martinez-pons, M. ‘Construct Validation of a Strategy Model of Student Self-Regulated Learning’, 2014.

Psikologi, F., Islam, U. and Syarif, N. ‘Pengaruh Self-Efficacy dan Kecemasan Akademis terhadap Self-Regulated Learning Mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Islam Negeri Jakarta’. 2011.

Zimmerman, B. J. ‘Becoming a Self-Regulated Learner : Key Subprocesses ? Which Are the’, 1986. 313, pp. 307–313.

Saleem, S. and Mahmood, Z. ‘Mental Health Problems in University Students : A prevalence study Mental Health Problems in University Students : A Prevalence Study’, 2019.

Wahab, N. M., Othman, A. and Herawan, T. ‘The Relationship between Study Anxiety and Academic Performance among Engineering Students’, 2010.

Ning, H. K. and Downing, K. ‘Influence of student learning experience on academic performance : the mediator and moderator effects of self-regulation and motivation’, 2012. 38(2).

Firmansyah M, Rahayu Gr, Kedokteran Ps, Kedokteran F, Malang Ui, Kedokteran F, Et Al. Indonesia Terhadap Pembelajaran Pada Mahasiswa. 2015;4(3):129–40.

Firdaus S, Rachman L, Firmansyah M. Analisa Faktor Pengaruh Self-Regulated Learning Terkait Performance Goals Terhadap Prestasi Akademik Factor Analysis Of Self-Regulated Learning Related To Performance Goals On Academic Achievement. 97:94–100

Downloads

Published

2020-09-24