Hubungan Antara Prestasi Belajar Dengan Keikutsertaan Dan Tingkat Keaktifan Dalam Berorganisasi Mahasiswatahun Kedua Dan Ketiga Fakultas Kedokteran Universitas Islam Malang

Authors

  • rizki anisa

DOI:

https://doi.org/10.33474/jki.v7i2.8924

Keywords:

prestasi belajar, keaktifan organisasi

Abstract

Latar Belakang: Kompetensi pada bidang pendidikan kedokteran telah ditetapkan dalam SKDI. Kegiatannon formal(ekstrakurikuler)dapat dipergunakan sebagai salah satu penunjang mencapai kompetensi misalnya dengan mengikuti organisasi. Namun seringkali hal ini dianggap mempengaruhi prestasi belajar.Penelitian ini bertujuan untukmengetahui hubungan antara prestasi belajar dengan keikutsertaan dan keaktifan dalam berorganisasi pada mahasiswa tahun kedua dan ketiga FK UNISMA.

Metode: Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan rancangan deskriptif analitikdengan pendekatan cross sectionaldan menggunakan uji statistik non parametrik. Pengambilan data dengan menggunakan kuisioner keaktifan berorganisasi.

Hasil: Responden sebanyak 102 mahasiswa tingkat dua dan tiga FK UNISMA. 30 responden tidak mengikuti organisasi dan 72 mengikuti organisasi. Hasil analisis data hubungan antara prestasi belajar dan keikutsertaan berorganisasi didapatkan nilai signifikansi 0.039 (p < 0.05). Sedangkan hasil analisis data hubungan antara prestasi belajar dan tingkat keaktifan berorganisasi didapatkan nilai signifikansi 0.110 (p < 0.05).

Kesimpulan: Jadi dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan antara prestasi belajar dengan keikutsertaan mahasiswa dalam organisasi namun tidak terdapat hubungan antara prestasi belajar dengan tingkat keaktifan mahasiswa dalam berorganisasi.

References

Konsil Kedokteran Indonesia. 2012. Standar pendidikan profesi dokter Indonesia. Jakarta:

KKI

Boelen, C. THE FIVE-STAR DOCTOR: An asset to health care reform? Diakses pada 23 Maret 2018. Tersedia dari: http: //www.who.int/hrh/en/HRDJ_1_1_02.

Febriana, B., Amriyatun, Winanti, L. & Amelia, S. Hubungan Antara Keaktifan Organisasi Dengan Prestasi Belajar (Indeks Prestasi) Mahasiswa Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia. Prosiding Konferensi Nasional PPNI Jawa Tengah.2013.

Pratiwi, Siska S. 2016. Pengaruh Keaktifan Mahasiswa Dalam Organisasi Dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta. Skripsi : Universitas Negeri Yogyakarta.

Nanda, Seftia S. 2017. Hubungan Kebiasaan Belajar Dan Keaktifan Berorganisasi Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Tahun Ketiga

Fakultas Kedokteran Universitas Lampung.Skripsi : Universitas Lampung.

Mardapi, D. 2008. Teknik Penyusunan Instrumen Tes dan Nontes. Yogyakarta : Mitra Cendekia.

Universitas Lampung. 2013. Lembaga mahasiswa. Diakses pada 24 Maret 2018.

Tersedia dari: http://www.unila.ac.id/lembaga-mahasiswa/.

Sukirman, S. 2004. Tuntunan belajar di perguruan tinggi. Jakarta: Pelangi Cendekia.

Djamarah, S.B. 2011. Rahasia sukses belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Downloads

Published

2020-09-26