KLASIFIKASI TINGKAT PENJUALAN AIR MINUM ISI ULANG HARIAN MENGGUNAKAN NAIVE BAYES

Authors

  • Angga Lisdiyanto Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo
  • Winarti Winarti Teknik Informatika Fakultas Teknik, Universitas Darul Ulum, Jombang.
  • Catur Lega Wibisono Teknik Informatika, Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo.

DOI:

https://doi.org/10.33474/infotron.v2i1.15769

Abstract

Perkembangan teknologi informasi pada zaman ini berkembang dengan sangat cepat dan pesat. Salah satu alat teknologi yang dimaksud adalah komputer. Dunia usaha yang terus berubah dengan cepat, serta banyaknya persaingan pengusaha yang semakin banyak. Kegiatan prediksi masa depan merupakan salah satu usaha perusahaan sebagai dasar pengambilan keputusan strategis dalam kelangsungan usaha. Tujuan skripsi ini adalah membangun sebuah sistem yang dapat membantu depo untuk merencanakan strategi penjualan masa yang akan datang. Dimana nantinya akan memunculkan sebuah prediksi penjualan lebih atau kurang berdasarkan perhitungan yang ditentukan. Dalam sistem ini metode Naive Bayes digunakan sebagai dasar untuk melakukan perhitungan prediksi penjualan yang diinputkan, sehingga memunculkan suatu hasil prediksi. uji coba prediksi penjualan air minum isi ulang menggunakan Naive Bayes. Sistem prediksi ini dapat membantu untuk meyiapkan air yang cukup untuk melayani penjualan “Lebihâ€.

References

Arif, B., Saruni, D. (2018). The Clasification Product Using Naïve Bayes Algorithm

Bustami. (2014). Penerapan Algoritma Naive Bayes Untuk Mengklasifikasi Data Nasabah Asuransi. Jurnal Informatika Vol. 8, No. 1, Januari.

Ratniasih, Ni Luh, 2019. Optimasi Data Mining Menggunakan Algoritma Naïve Bayes dan C4.5 Untuk Klasifikasi Kelulusan Mahasiswa. Jurnal Teknologi Informasi dan Komputer, Volume 5, Nomor 1, Januari 2019.

Downloads

Published

2022-05-20

Issue

Section

Articles