Penguatan Kapasitas Budaya Andeb Ashor Dan Patronisasi Masyarakat Madura

Laili Amalia, Hayat Hayat

Abstract


Kecepatan teknologi dan informasi serta globalisasi yang semakin instan memberikan konskuensi nyata dalam kehidupan masyarakat kini. Rasa individualisme terus bergerak menuju struktur sosial masyarakat indonesia yang disertai oleh jarak yang didekatkan oleh teknologi tetapi dijauhkan oleh rasa ukhuwah islamiyah yang semakin terkikis. Patronisasi sudah bergeser, dari panutan terhadap orang-orang yang berilmu, sholeh dan dekat dengan Tuhannya, beralih kepada kekuatan teknologi sebagai alat komunikasi dan menyelesaikan persoalan hidup. Tak terkecuali, masyarakat Madura yang dikenal sebagai masyarakat santri, meneguhkan nilai andeb ashor dalam kehidupan keluarga maupun sosial kemasyarakatan. penuh ketawadduan terhadap nilai-nilai patronisasi kepada kiai, ulama dan orang alim, menjunjung tinggi nilai-nilai sosial kemasyarakat, kegotongroyongan, musyawarah mufakat sebagai pengambilan keputusan dalam struktur sosial masyarakat Madura, serta kehidupannya yang memegang teguh pada prinsip-prinsip kebersamaan dan kemandirian sosial.

Keywords


penguatan kapasitas, budaya, andeb ashor, patron, madura

Full Text:

PDF

References


Latif, Yudi. 2016. Yang Laju dan Yang Layu: Membumikan Agama dalam Krisis Ruang Publik. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Wiyata, A. Latief. 2016. Manusia Madura: Pandangan Hidup, Perilaku, dan Etos Kerja. http://www.lontarmadura.com/manusia-madura-pandangan-hidup-perilaku-etos-kerja/. Diakses tanggal 30 Desember 2016.

Chalik, Abdul. 2011. Kiai dan Kekuasaan Sosial dalam Masyarakat Madura. http://www.lontarmadura.com/kiai-dan-kekuasaan-sosial-dalam-masyarakat-madura/. Diakses tanggal 5 Januari 2016.

Latif, Yudi. 2014. Mata Air Keteladanan: Pancasila dalam Perbuatan. Bandung: Mizan.




DOI: http://dx.doi.org/10.33474/jisop.v1i1.2686

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Inovasi Ilmu Sosial dan Politik (JISoP) terindeks oleh:

                              

 

 

Lisensi Creative Commons
Jurnal Inovasi Ilmu Sosial dan Politik (JISoP) ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.