OBYEKTIVASI SIKAP TOLERANSI ANAK DALAM PENDIDIKAN ISLAM MULTIKULTURAL KELUARGA MULTI AGAMA

Authors

  • Nasruddin Nasruddin UIN Sunan Ampel Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.33474/multikultural.v3i1.2551

Abstract

Setelah orang tua dalam keluarga multi agama di masyarakat Balun melakukan penyesuaian diri terhadap realitas sosial sebelumnya, dan ketika realitas sosial yang baru terbentuk, mereka mau tidak mau harus terlibat di dalamnnya meskipun realitas baru ini sendiri mengalami ‘tarik ulur’ atau negosiasi di antara individu-individu yang ada di masyarakat Balun, termasuk orang tua dalam keluarga multi agama sebelum realitas baru tersebut terlembagakan atau terinstitusionalisasikan baik di dalam pikiran, tindakan, perilaku atau lainnya. Dengan kata lain, realitas sosial baru yang berbentuk beragam sikap toleransi yang ditampilkan oleh anak keluarga multi agama dalam kehidupan ini lambat laun menjadi bagian hidup yang tak terpisahkan dari kehidupan keseharian mereka.

Kata kunci: institusionalisasi, anak, realitas sosial, keluarga

After parents in a multi-religious family in the Balun community adjust themselves to previous social realities, and when new social realities are formed, they inevitably have to be involved in them even though this new reality itself experiences 'tug-of-war' or negotiations between individuals - individuals in the Balun community, including parents in multi-religious families before the new reality is institutionalized or institutionalized both in thought, action, behavior or otherwise. In other words, the new social reality in the form of a variety of tolerance attitudes which are displayed by the children of multi-religious families in this life gradually becomes an inseparable part of their daily lives.

Keywords: institutionalization, children, social reality, family

 

Author Biography

Nasruddin Nasruddin, UIN Sunan Ampel Surabaya

Dosen UIN Sunan Ampel Surabaya

References

Alison Mackey, 2005, Second Language Research: Methodology and Design. New Jersey: Lawrence Erlbaum Associates, Inc.

Andi Prastowo. 201, Metode Penelitian Kualitatif dalam Perspektif Rancangan Penelitian. Yogyakarta.

Bruce L Berg. 1989, Qualitative Research Methods for the Social Science. USA: Allyn dan Bacon.

David Silvermen. 1995, Interpreting Qualitative Data: Methods for Analyzing Talk, Text, and Interaction. Great Britain: the Crowell Press, ltd.

Donald Ary et.all. tt, Introduction to Research in Education. USA: Holt Rinehart and Winston..

F Newman, et. al. 1993, Lev Vygotsky, Revolutionary Scientist. London and New York:Routledge.

Geoffrey Marczyk, David DeMatteo, and David Festinger. 2005, Essentials of Behavioral Science Series. New Jersey: John WiELy & Sons, Inc..

Hanneman Samuel, 1993, Perspektif Sosiologis Peter Berger, Pusat Antar Universitas Bidang Ilmu-ilmu Sosial Universitas Indonesia.

Hasan Langgulung, 1989, Pendidikan Islam Indonesia; Mencari Kepastian Historis, dalam Islam Indonesia Menatap Masa Depan. Jakarta: P3M.

H. E. Mulyasa, ed. Dewi Ispurwanti, 2003, Manajemen Pendidikan Karakter. Jakarta: Bumi Aksara.

Ibrahim Bafadal dan Masykuri Bakri. 2013, Metode Penelitian Kualitatif: Tinjauan Teoritis dan Praktis. Malang: LP UNISMA dan Visipress Media.

Imron Arifin. 1994, Penelitian Kualitatif dalam Ilmu-ilmu Sosial dan Keagamaan. Malang: Kalimasahada Press.

James Dean Brown. tt, Understanding Research in Second Language ELarning. NY: Cambridge Univ. Press.

Jan Jocker dan Bartjan Pennink. 2010, The Essence of Research Methodology: A Concise Guide for Master and PhD Students in Management Science. Berlin: Springer.

James Spreadly. 1980, Participant Observation. USA: Holt Rinehart and Winston.

John W. Creswell. 2014, Penelitian Kualitatif & Desain Riset. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

John W. Santrock. 2012, Life Span Development. New York: McGraw Hill.

J. Piaget. 1981, The psychology of Intelligence. Totawa: Littlefield, Adam & Co.

_______. 1971, Psychology and Epistemology. New York: The Viking Press..

Matthew MiELs B & A. Michael Huberman, tt, Analisis Data Kualitatif. Terj. Tjejep Rohendi. Jakarta: UI.

Mudrajat Kuncoro, 2003, Metode Riset. Jakarta: Erlangga.

Muhammad Fadlillah dan Lilif Mualifatu Khorida, 2013, Pendidikan Karakter Anak Usia Dini: Konsep dan Aplikasinya dalam PAUD. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media, 2013.

Muhibbin Syah. 2013, Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: Remaja Rosdakarya..

Paul Suparno. 1997, Fisafat Konstruktifisme dalam Pendidikan, Jogjakarta: Kanisius.

Parsudi Suparlan. 1994, Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta: Program Kajian Wilayah Amerika UI.

Poedjiadi, A. 2005, Sains Teknologi Masyarakat; Model Pembelajaran Kontekstual Bermuatan Nilai. Bandung : Remaja Rosdakarya.

Robert Bogdan & Steven J. Taylor. 1975, Dasar-dasar Penelitian Kualitatif. Terj. A. Khozin Afandi. Surabaya: Usaha Nasional.

Roger E Cavallo. 1979, The RoEL of Systems Methodology in Social Sciences Research. Boston: Martinus Nijhoff Publishing.

Sharlene Nagy and Hesse-Biber. 2010, Mixed Methods Research: Merging Theory with Practice. New York: The Guilford Press.

Soerjono Soekanto. 2012, Sosiologi: Suatu Pengantar. Jakarta: Rajawali Press.

Sugiyono. 2014, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Sumardi Suryabrata. 2012, Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rajagrafindo Persada.

Thomas R. Lindlof. 1995, Qualitative Communication Research Methods. USA: SAGE Publications, Inc

Yogesh Kumar Singh. 2006, Fundamental of Research Methodology and Statistic. Delhi: New Age International.

Downloads

Published

2019-02-27

Issue

Section

PENDIDIKAN MULTIKULTURAL