IMPLEMENTASI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BERBASIS MULTIKULTURAL DALAM MEMBANGUN KERUKUNAN BERAGAMA PESERTA DIDIK

Authors

  • Asrul Anan Program Doktor Pendidikan Islam Multikulural Pascasarjana Universitas Islam Malang

DOI:

https://doi.org/10.33474/multikultural.v4i1.6702

Abstract

Nilai-Nilai Multikultural di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Tosari dan Sekolah Menengah Atas SPI memiliki nilai yang sama, walaupun terletak pada basis lingkungan yang berbeda. Adapun nilai tersebut meliputi; keimanan, ketaqwaan, keikhlasan, syukur, sabar, demokrasi, keadilan, kesetaraan, inklusif, kemanusiaan, taaruf, tasamuh, ta‟wun, tawazun, kekeluargaan, cinta tanah air dan nasionalisme. Proses Internalisasi Nilai-Nilai Multikultural Dalam Membangun Kerukunan Beragama Peserta didik sama-sama melalui: (a) moral knowing (b) moral feeling, (c) moral action, dan (d) moral transenden. Model internalisasi nilai di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Tosari dalam bentuk sinergitas lingkungan masyarakat dengan lingkungan sekolah yang sangat kuat sehingga mampu membentuk karakter siswa dalam membangun kerukunan beragama peserta didik.  Sedangkan model internalisasi di Sekolah Menengah Atas SPI Batu dilakukan melalui sinergi kegiatan dan program yang ada di (1) asrama, (2) kelas, (3) lingkungan sekolah, (4) transformer center, dan (5) spiritual garden, yang dibiasakan secara integrative melalui metode penilaian PAKSA.

Kata kunci: implementasi, berbasis multikultural, kerukunan beragama      


The multicultural values in the 1 Tosari High school and high school good morning Indonesia have the same value, although it is located on different environmental bases. The value includes; Faith, obedience, steadfast, sincerity, gratitude, patience, democracy, justice, equality, inclusive, humanity, Taaruf, Tasamuh, taawun, Tawazun, family, love of homeland and nationalism. The internalization process of multicultural values in building a religious harmony of learners through: (a) moral knowing (b) moral feeling, (c) moral action, and (d) the moral transcendent. The Model internalization of value in the state Senior High School 1 Tosari in the form of synergity of the community with a very strong school environment that is able to form the character of students in building a harmony of religious learners.  While the internalization model in the SPI Batu High School is conducted through synergies of activities and programs that exist in (1) dormitories, (2) classes, (3) school environment, (4) transformer Center, and (5) spiritual garden, which is familiarize by integrative Through the PAKSA assessment method.

Keywords: implementation, multicultural based, religious harmony

 

References

Abdurrahman Wahid dalam Kontektualisasi Doktrin Islam Dalam Sejarah, 1995, Editor Budy Munawar Rahman, Jakarta: Paramadina.

Ainul Yaqin, 2005, Pendidikan Multikultural, Cross-Cultural Understanding untuk Demokrasi dan Keadilan, Jogjakarta: Nuansa Aksara.

Ali Maschan Moesa, 2007. Nasionalisme Kiai. Yogyakarta: LKis.

Alwi Sihab, 1997. Multikultural dalam Agama-Agama, Jakarta: Bumi Aksara.

Badri Yatim, 1999. Soekarno Islam dan Nasionalisme Jakarta: PT. Logos Wacana Ilmu.

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi Kedua, Jakarta:Balai Pustaka.

Djunaidi Ghoni & Fauzan. 2012. Metodelogi Penelitian Kualitatif, Jogjakarta, Ar –Ruzz Media.

Emmons, R. A., 2007, Thanks! How the new science of gratitude can make you happier, Boston New York: Houghton Mifflin Company.

Erbe Sentanu, 2008, Quantum Ikhlas Teknologi Aktivasi Kekuatan Hati, Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Husain bin Audah Al-Awayisyah, 2005, Ikhlas Syarat Diteimanya Ibadah. Bogor: Pustaka Ibnu Katsir.

Ibnu ‘Âsyûr, Muhammad at-Thahir, 1984, At-Tahrîr wa al- Tanwir, Tunis: ad-Dar Tunisiyyah.

Imam Al-Ghazali, 2007, Mukhtasar Ihya’ Ulumuddin, terj. Jakarta: Pustaka Amani.

_____________, 1983, Taubat, Sabar dan Syukur, Terjemah. Nur Hichkmah, Jakarta: PT. Tintamas Indonesia, Cet.VI.

Jhon W. Creswell, 2005. Eduation Research: Planing, Conducting, and Evaluating Quantitative an Qualitative Research;USA: Pearsoon Education, Inc.

Joko Subagyo, 2011, Metode Penelitian dala.m Teori dan Praktik, Jakarta: Rineka Cipta.

J. Syutuhi Pulungan, 1996. Prinsip-Prinsip Pemerintahan dalam Piagam Madinah; Dintinjau dari Pandangan al-Qur'an Cet. II; Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada.

M. Quraish Shihab, 2002, Tafsir al-Misbah Pesan, Kesan dan Keserasian al-Qur’aJakarta: Lentera Hati.

________________. 2010. Membumikan Al-Qur’an Jilid 2, Jakarta: Lentera Hati

________________. 1998. Wawasan Al-Qur’an, Tafsir Maudhu’i atas Pelbagai Persoalan Umat, Cet. VIII Bandung: Mizan.

M.S. Alo Liliweri, 2009, Prasangka Konflik: Komunitas Lintas Budaya Masyarakat Multikultur, Cet. II, Yogyakarta: LKiS.

M, Subhan, Soeleiman Fadeli, 2007. Antologi NU, Sejarah-Istilah-Amaliah-Uswah, LTNU Jawa Timur.

Mufidah Ch, Psikologi Keluarga Islam Berwawasan Gender, Malang:UIN Press.

Muhammad Mutawali al Sya’rowi, 1991, Tafsir Al-Sa’rowi, AL-Azhar. Ahbarul Yaum.

Muhammad Taufiq, 2013. Aplikasi MS. Quran In Word Kemenag, Lajnah Pentashih Mushaf al-Quran Kemenag. V.2.2. 2013 QS. al-Hujuraat, 49:11.

Muhammad Tholhah Hasan, 2016. Pendidikan Multikkultural sebagai Opsi Penanggulangan Radikalisme, Malang:lembaga Penerbitan Universitas Malang.

________________________. 2000. Dinamika Kehidupan Religius, Jakarta, Listafarika Putra.

Nur Cholis Madjid, Islam Agama Kemanusian, membangun Tradisi dan Visi Baru Islam Indonesia, Jakarta: Paramadina, 1995.

Sartono Kartodirjo, 1993. Pembangunan Bangsa. Yogyakarta: Aditya Media.

Sidi GAzalba, 1978. Sistematika Filsafat, Buku IV Jakarta: Pustaka Bulan Bintang.

Sidi Gazalba, 1975, Asas Agama Islam, Jakarta:Bulan Bintang.

Sugiyono, 2008, Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D, Bandung: Alfabeta.

Tim Indonesia Center For Civic Education, 2006, Demokrasi Hak Asasi manusia, dan Masyarakat Madani, Jakarta: ICCE Uin Syarif dan Asia Fondation.

Yusuf, A. Moderasi Islam Dalam Dimensi Trilogi Islam (Akidah, Syariah, Dan Tasawuf). AL MURABBI, 3(2), 2018.

Zayadi, 2001. Desain Pendidikan Karakter, Jakarta: Kencana Pramedia Group.

Zakiyuddin Baidhowy, 2005. Pendidikan Agama Berwawasan multicultural Jakarta: Erlangga,

Downloads

Published

2020-05-02

Issue

Section

PENDIDIKAN MULTIKULTURAL