Aktualisasi dan Internalisasi Nilai Pendidikan Karakter ASWAJA pada Mahasiswa Perguruan Tinggi Islam di Era 4.0

Authors

  • Muhammad Bahrul Ula Institut Agama Islam Al-falah Assunniyyah Kencong Jember

Keywords:

Pendidikan karakter, aktualisasi, internalisasi, Aswaja, era 4.0

Abstract

Paradigma pendidikan di Indonesia masih cenderung terlihat ditunjukkan oleh terjadinya multi-tafsir, salah satunya adalah Pendidikan Karakter. Pada era 4.0 media pembelajaran terus dikembangkan untuk mencari solusi dalam berbagai problem pendidikan karakter di Indonesia. Para pakar pendidikan saling bersinergi mencari ciri khas pendidikan di Indonesia. Berbagai macam metodologi dan strategi telah diterapkan untuk mencari formulasi pendidikan karakter yang sesuai dengan kultur bangsa Indonesia. Terdapat beberapa macam pendidikan karakter di Indonesia yang di adopsi dari berbagai nilai ajaran, kelompok, adat, dan budaya tertentu termasuk pendidikan karakter yang bernilai aswaja. Tujuannya untuk mendeskripsikan mengenai bagaimana aktualisasi dan internalisasi nilai pendidikan karakter aswaja pada mahasiswa di era 4.0. Sehingga internalisasi nilai pendidikan aswaja dapat menjadi salah satu bagian dari pembentukan kepribadian bangsa yang baik dan para mahasiswa di era 4.0 tetap menjaga nilai karakter Aswaja dalam kehidupan sehari-hari. Bebagai data yang disajikan dan bersumber dari literatur yang telah ditelaah dan berkaitan dengan topik tulisan.

References

Akhmad, J. F. (2020). INTERNALISASI NILAI-NILAI KARAKTER ASWAJA AN-NAHDLIYAH DALAM KEGIATAN MAULID SIMTHUDDUROR DI MAJELIS SYEKHERMANIA PURWOKERTO KABUPATEN BANYUMAS. IAIN Purwokerto.

Harahap, N. J. (2019). Mahasiswa dan Revolusi Industri 4.0. ECOBISMA (Jurnal Ekonomi, Bisnis Dan Manajemen), 6(1), 70–78.

Hasan, S. M. (2021). Aktualisasi Paham Ahlussunnah Wal Jama’ah (Aswaja) bagi Kehidupan Generasi Milenial. An Nahdhoh Jurnal Kajian Islam Aswaja, 1(2), 100–108.

Ma’sum, S., & Ulama, K. (1998). Kehidupan Ringkas 26 Tokoh NU. Mizan, Bandung.

Maimoen, M. N. (2011). Ahlussunnnah wal jama‟ah Aqidah, Syari‟at, Amaliyah. Toko Kitab Al-Anwar.

Rachman, R. F. (2016). Representasi Islam Di Film Amerika Serikat. Dakwatuna: Jurnal Dakwah Dan Komunikasi Islam, 2(2), 1–12.

Downloads

Published

2021-11-27

How to Cite

Bahrul Ula, M. (2021). Aktualisasi dan Internalisasi Nilai Pendidikan Karakter ASWAJA pada Mahasiswa Perguruan Tinggi Islam di Era 4.0. An Nahdhoh Jurnal Kajian Islam Aswaja, 1(2), 164–175. Retrieved from https://riset.unisma.ac.id/index.php/nahdloh/article/view/13964